Cara Mengetahui RAM Laptop yang Terpakai di Windows 10,8,7

0
114

Cara mengetahui RAM laptop yang terpakai di Windows

Salah satu spesifikasi yang sangat penting saat anda menggunakan sebuah perangkat Komputer atau Laptop adalah RAM yang dimilikinya. Sebuah Laptop akan bekerja dengan normal dan tidak not responding jika kapasitas RAM tidak digunakan semuanya. Oleh karena itu, saat anda membeli sebuah Laptop, maka pastikan untuk cek jumlah kapasitas RAM Laptop tersebut. Selain itu, sesekali lakukan pengecekan untuk mengetahui RAM Laptop yang terpakai seperti cara berikut.

Saat anda sedang menggunakan Laptop atau Komputer untuk bekerja maupun menyelesaikan tugas sekolah, maka tentu tidak nyaman jika tiba-tiba menjadi not responding. Salah satu faktor yang bisa membuat Laptop menjadi not responding adalah karena RAM yang terlalu sesak atau bahkan terpakai semua.

Jika anda sedang menggunakan Laptop, maka sebaiknya sesekali memeriksa jumlah RAM yang sudah terpakai. Hal ini hanya untuk memastikan bahwa Laptop anda memiliki kapasitas RAM yang cukup dan dapat menjalankan semua aplikasi yang digunakan. Terlebih lagi jika Laptop sudah sering not responding, maka anda wajib untuk memeriksa penggunaan RAM, jangan sampai sudah hampir terpakai semuanya.

Cara Mengetahui RAM Laptop yang Terpakai di Windows

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, entah itu Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10, maka sangat mudah untuk mengetahui pemakaian RAM Laptop. Anda dapat melakukannya tanpa harus menginstall software khusus, karena fitur untuk memeriksa penggunaan RAM sudah disediakan oleh Windows.

Anda dapat sesekali mengecek konsumsi RAM Laptop untuk memastikan bahwa ruang kosong pada RAM masih cukup agar masih dapat bekerja dengan normal. Untuk melakukan pengecekan tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Tool bawaan Windows yang akan digunakan untuk mengecek RAM Laptop yang sudah terpakai adalah Task Manager. Oleh karena itu, silahkan anda membuka Task Manager terlebih dahulu agar dapat melakukan tahap berikutnya. Ada beberapa cara untuk membuka Task Manager di Windows, yaitu sebagai berikut.

  • Klik pada Start Menu, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “task manager” dan klik Task Manager pada hasil yang muncul.
  • Klik kanan pada Start Menu, kemudian klik Task Manager pada opsi yang muncul.
  • Klik kanan pada Taskbar, kemudian klik Task Manager pada opsi yang muncul.
  • Gunakan shortcut Keyboard, silahkan tekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + Esc.
  • Jika Laptop atau Komputer Windows not responding, silahkan tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Delete di Keyboard, kemudian klik Task Manager.

Setelah Task Manager terbuka di Laptop Windows yang anda gunakan, silahkan ikuti petunjuk berikut untuk memantau penggunaan RAM.

  1. Silahkan klik More details pada jendela Task Manager untuk menampilkan lebih banyak informasi.
    Cara menampilkan informasi penggunakan resource di Task Manager
  2. Klik tab Performance untuk memantau penggunaan resource di Laptop anda.
  3. Klik Memory untuk melihat berapa GB RAM yang terpakai dari total RAM yang dimiliki Laptop anda.
    Cara mengecek penggunaan RAM di Laptop Windows

Setelah anda melihat penggunaan RAM Laptop anda, maka silahkan lakukan tindakan yang diperlukan. Jika ternyata penggunaan RAM Laptop anda sudah hampir penuh, maka silahkan tutup aplikasi yang menggunakan banyak RAM dan tidak terlalu dibutuhkan.

Melihat Aplikasi yang Banyak Menggunakan RAM di Laptop Windows

Melalui jendela Task Manager anda dapat dengan mudah melihat aplikasi yang banyak menggunakan RAM Laptop. Untuk melihat aplikasi atau software tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan klik tab Processes pada jendela Task Manager yang masih terbuka.
  2. Setelah itu akan ditampilkan daftar aplikasi yang sedang berjalan, silahkan klik Memory untuk mengurutkan berdasarkan penggunaan RAM.
  3. Setelah itu akan tampil daftar aplikasi yang sedang berjalan berdasarkan penggunaan RAM.
    Cara melihat konsumsi RAM Laptop Windows 10

Setelah anda mengetahui aplikasi atau software yang banyak mengkonsumsi RAM, maka silahkan tutup aplikasi tersebut jika tidak terlalu dibutuhkan. Jika software atau aplikasi tersebut tidak dapat tertutup karena not responding, maka silahkan menutup paksa aplikasi Windows tersebut. Caranya adalah klik pada aplikasi atau software yang hendak ditutup, kemudian klik End task.

Jika ternyata anda sudah menutup beberapa aplikasi dan RAM Laptop masih penuh, atau semua aplikasi yang terbuka penting, maka tidak ada jalan selain menambah kapasitas RAM Laptop. Kalau Laptop memiliki lebih dari satu slot RAM, maka silahkan tambah satu keping RAM untuk tambahan. Tapi, jika ternyata Laptop anda hanya memiliki satu slot RAM, maka anda harus melepas RAM lama dan menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar.

Itulah cara mudah mengetahui jumlah RAM Laptop yang terpakai di Windows tanpa software. Cara ini dapat anda lakukan pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, silahkan lakukan cara ini jika merasa Laptop lemot dan kadang not responding, atau hanya untuk sekedar tahu penggunaan RAM di Komputer.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda