Tingkatan Satuan Kapasitas Penyimpanan Data, Byte Hingga EB

0
5705

urutan tingkatan satuan kapasitas penyimpanan data, mulai dari Byte hingga PetaByte

Pada saat menggunakan perangkat elektronik yang menggunakan media penyimpanan, maka anda pasti pernah mendengar yang namanya Gigabyte. Kapasitas penyimpanan Gigabyte mampu menampung data yang setara dengan 1024 MB. Jadi, mungkin saja anda akan berfikir bahwa Gigabyte merupakan satuan terbesar dalam dunia penyimpanan data.

Tetapi, sebelum melangkah lebih jauh untuk mengetahui apakah ada penyimpanan yang lebih besar dari Gigabyte, maka sebaiknya anda mengetahui arti dari satuan-satuan penyimpanan tersebut. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penggunaannya dalam dunia nyata.

Kata-kata seperti Kilobyte, Megabyte, Gigabyte dan lain sebagainya, semuanya mengacu pada kapasitas penyimpanan digital. Namun, meskipun sudah sangat familiar, masih banyak pengguna Gadget yang belum memahami arti dari satuan penyimpanan data tersebut. Padahal sangat penting untuk memahaminya agar bisa mengetahui arti dari kapasitas penyimpanan yang tertulis pada Hardisk, SSD, Flashdisk, atau kartu memori anda.

Tingkatan pada Satuan Kapasitas Penyimpanan Data

Dalam penyimpanan data terdapat beberapa istilah yang harus anda ketahui, termasuk satuan penyimpanan data yang ada. Sama seperti pada satuan berat, jarak, dan pengukuran lainnya, satuan kapasitas penyimpanan data juga memiliki beberapa tingkatan. Tingkatan kapasitas penyimpanan data tersebut mulai dari yang memiliki daya tampung kecil hingga sangat besar.

1. Byte

Satuan penyimpanan data yang paling rendah adalah Byte yang memiliki nilai delapan bit dan bisa menyimpan satu karakter teks maupun angka. Misalnya, jika anda membuat teks bertuliskan “rata-rata” pada Notepad kemudian menyimpannya, maka ukuran file teks tersebut akan menjadi sekitar 9 Byte.

2. Kilobyte (KB)

Tingkatan kapasitas penyimpanan data yang selanjutnya adalah Kilobyte atau KB, yang setara dengan 1.024 Byte. Kapasitas penyimpanan sebesar 1 KB biasanya cukup untuk menyimpan data berupa teks pendek ataupun gambar-gambar kecil.

Baca Juga : Tips Sederhana Agar Laptop Lebih Awet

3. Megabyte (MB)

Tingkatan kapasitas penyimpanan di atas Kilobyte adalah Megabyte atau disingkat MB. 1 Megabyte (MB) setara dengan 1.024 Kilobyte (KB) atau 1.048.576 Byte. Satuan ini merupakan yang paling sering ditemui pada file-file Laptop maupun Smartphone.

Hampir sebagian besar file menggunakan satuan MB, karena tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Kapasitas penyimpanan sebesar 1 MB biasanya cukup untuk menyimpan file buku yang berisi 400 halaman. Sementara untuk file musik biasanya butuh penyimpanan sekitar 5 MB, atau video pendek beresolusi rendah yang butuh sekitar 10 MB.

4. Gigabyte (GB)

Selain Megabyte, satuan yang paling sering ditemui juga adalah Gigabyte atau GB. 1 Gigabyte (GB) setara dengan 1.024 MB atau 1.073.741.824 Byte. Kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB cukup untuk menyimpan 1 file film durasi 2 jam beresolusi FHD atau file aplikasi yang tidak terlalu berat.

Satuan Gigabyte juga paling sering digunakan untuk menuliskan kapasitas penyimpanan pada sebuah Hardisk, SSD, Flashdisk, atau kartu memori. Begitu juga dalam pengaturan partisi Hardisk atau SSD pada penyimpanan Laptop yang menggunakan satuan GB.

5. Terabyte (TB)

Seiring dengan kemajuan teknologi, ukuran data juga semakin meningkat sehingga dibutuhkan satuan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Tingkatan satuan penyimpanan data di atas Gigabyte adalah Terabyte atau disingkat TB, dimana 1 TB setara dengan 1.024 GB atau 1.099.511.627.776 Byte.

Satuan Terabyte juga sudah cukup populer karena tidak sedikit kapasitas penyimpanan berupa Hardisk dan SSD yang sudah menggunakan satuan ini. Penyimpanan berkapasitas 1 Terabyte biasanya cukup untuk menyimpan 500 file film resolusi FHD berdurasi 2 jam,  310.000 file gambar, atau 200.000 lagu berdurasi 5 menit.

6. Petabyte (PB)

Meskipun seringkali satuan Terabyte dianggap yang tertinggi, tetapi sebenarnya masih ada tingkatan di atasnya. Di atas satuan TB ada Petabyte atau disingkat PB yang setara dengan 1.024 TB atau 1.125.899.906.842.624 Byte.

Baca Juga : Cara Mengganti Fungsi Tombol Keyboard yang Tidak Berfungsi dengan Tombol Lain

Penyimpanan berkapasitas 1 Petabyte (PB) cukup untuk menyimpan 500 Miliar halaman teks, 500.000 file film resolusi FHD berdurasi 2 jam, atau 10 Miliar file foto.

7. Exabyte (EB)

Di atas Petabyte masih ada lagi tingkatan yang lebih besar, yaitu Exabyte atau disingkat EB yang setara dengan 1.024 PB atau 1.152.921.504.606.846.976 Byte. Namun, tentu saja kapasitas penyimpanan sebesar ini tidak akan ditemui pada tingkat konsumen.

Penyimpanan berkapasitas 1 Exabyte (EB) cukup untuk menyimpan 1 juta file film resolusi 4K berdurasi 2 jam atau file teks yang berisi semua kata yang pernah diucapkan semua manusia yang ada di benua Asia.

Penutup

Demikian penjelasan tentang tingkatan satuan kapasitas penyimpanan data, mulai dari Byte, Kilobyte, hingga Exabyte. Meskipun selama ini Terabyte dianggap sebagai satuan penyimpanan data yang terbesar, namun kenyataannya masih ada Petabyte dan Exabyte di atasnya. Dan tentu saja seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan penyimpanan data yang terus meningkat, maka akan ada lagi tingkatan di atasnya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda