9 Jenis Port Laptop yang Harus Diketahui dan Fungsinya

0
1257

jenis jenis port laptop dan fungsinya masing-masing

Ketika anda membeli Laptop, maka mungkin akan bertanya-tanya kenapa banyak sekali colokan atau port pada Laptop tersebut. Port-port yang ada pada Laptop juga berbeda-beda bentuknya. Hal ini wajar karena memang ada beberapa jenis port pada Laptop yang memiliki bentuk dan fungsi berbeda-beda.

Port pada Laptop merupakan salah satu fitur penting dari suatu Laptop. Ketika hendak membeli sebuah Laptop, maka kelengkapan port yang dimilikinya harus menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih Laptop tersebut.

Sebuah Laptop yang memiliki port yang lengkap akan memberikan kemampuan yang lebih pada Laptop tersebut. Pasalnya port atau konektifitas yang berbeda-beda dan lengkap pada Laptop akan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan Laptop ke berbagai perangkat eskternal. Namun, agar bisa menggunakan port-port tersebut dengan maksimal, tentu anda harus mengetahui apa saja jenis port pada Laptop dan apa fungsinya masing-masing.

Jenis Jenis Port Laptop dan Fungsinya

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ada beragam port yang terdapat pada Laptop. Banyaknya jenis dan jumlah port pada Laptop tentu berbeda-beda, tergantung spesifikasi Laptop tersebut.

Berikut beberapa jenis port yang biasanya ada pada Laptop beserta fungsinya masing-masing. Namun perlu diketahui bahwa port-port yang disebutkan berikut ini tidak semuanya selalu ada pada setiap jenis Laptop. Terkadang beberapa Laptop ada yang tidak memiliki port tertentu.

1. USB

USB atau Universal Serial Bus adalah jenis port Laptop yang paling umum dan pastinya ada pada semua jenis Laptop. Port USB digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis perangkat mulai dari Keyboard, Mouse, Printer, Flashdisk, Hardisk eksternal, dan lainnya.

jenis port laptop: usb

Pada setiap Laptop umumnya tidak hanya terdapat satu port USB, ada yang memiliki dua atau lebih port USB. Port USB yang banyak tentu saja memungkinkan pengguna menghubungkan lebih banyak perangkat berbeda pada saat yang sama. Selain itu, jika dianggap port USB yang ada masih kurang, anda juga bisa menggunakan USB Hub untuk mendapatkan lebih banyak port.

Port USB sendiri juga memiliki beberapa jenis yang tergantung dari versi yang digunakan. Untuk Laptop saat ini ada yang menggunakan jenis USB 2.0, 3.0, dan 3.1. Perbedaan versi dari USB tersebut akan memiliki kecepatan transfer yang berbeda-beda, dimana semakin tinggi versinya maka semakin cepat juga transfer datanya.

Baca Juga : Pengertian dan Penyebab Fragmentasi pada Harddisk Komputer

Jika ingin membedakan jenis USB yang ada pada Laptop, maka bisa dilihat dari warnanya. USB 2.0 memiliki port warna hitam, sedangkan USB 3.0 memiliki port warna biru. Terkadang juga USB 3.0 hanya menggunakan warna hitam, namun disamping port tersebut terdapat tulisan SS (SuperSpeed) yang membedakannya dengan USB 2.0.

Jadi, jika anda ingin menggunakan Keyboard atau mouse eksternal, ingin print dokumen menggunakan printer, atau ingin memindahkan data dari atau ke Flashdisk dan Hardisk eksternal, silahkan colokkan ke port USB yang ada di Laptop.

2. HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah salah satu jenis port display pada Laptop yang berfungsi untuk menghubungkan Laptop ke Monitor, TV, dan LCD Proyektor. HDMI memungkinkan pengguna untuk menampilkan layar Laptop ke Monitor atau TV dengan kualitas gambar yang tinggi, dan juga sudah termasuk audio.

jenis port laptop: hdmi

Untuk Laptop keluaran terbaru, port HDMI hampir selalu ada sebagai salah satu port display. Jadi, jika anda ingin menghubungkan Laptop ke Monitor, TV, atau LCD Proyektor bisa menggunakan kabel HDMI yang dicolokkan ke port HDMI di Laptop.

3. VGA

VGA atau Video Graphics Array adalah salah satu jenis port display yang berfungsi untuk menampilkan layar Laptop ke Monitor atau LCD Proyektor. VGA memiliki fungsi yang mirip dengan HDMI, hanya saja teknologinya lebih tua dan belum bisa menyalurkan sinyal audio.

jenis port laptop: vga

Port VGA ini hampir ada pada semua Laptop jadul, dan untuk Laptop keluaran terbaru banyak yang tidak memiliki port VGA karena sudah tergantikan oleh HDMI. Tapi, kalau Laptop anda masing memiliki port VGA, bisa menghubungkan Laptop ke Monitor atau LCD Proyektor menggunakan kabel VGA yang dicolokkan ke port VGA Laptop.

4. Ethernet

Ethernet atau sering juga disebut port LAN adalah jenis port pada Laptop yang digunakan untuk menghubungkan Laptop ke jaringan internet menggunakan kabel LAN. Internetan menggunakan kabel LAN memberikan kecepatan internet yang lebih cepat dibanding dengan internetan menggunakan WiFi.

jenis port laptop: ethernet

Selain untuk internetan, port Ethernet juga bisa digunakan untuk menghubungkan Laptop ke perangkat jaringan lainnya seperti Printer dan server. Atau, anda juga bisa menggunakan kabel LAN untuk transfer data antar Laptop atau Komputer tanpa Flashdisk.

Baca Juga : Membuat monitor/laptop biasa menjadi layar sentuh (touchscreen), begini caranya!

Oleh karena itu, meskipun Laptop biasanya digunakan secara portable, beberapa jenis Laptop masih memiliki port Ethernet. Jadi, jika pengguna berada di tempat yang memiliki kabel LAN, bisa internetan lebih cepat dengan mencolokkan kabel LAN ke port Ethernet.

5. SD Card Reader

SD Card Reader merupakan jenis port Laptop yang digunakan untuk menghubungkan kartu memori ke Laptop. Jadi, dengan adanya port ini anda bisa membaca dan menulis data pada kartu memori tanpa alat tambahan.

jenis port laptop: sd card reader

Meskipun sebenarnya jarang digunakan, jenis port ini ada pada semua jenis Laptop. Jadi, anda bisa menggunakannya untuk mengakses data kartu memori Kamera digital, Smartphone, atau perangkat lain yang memiliki kartu memori.

Ada beberapa jenis kartu memori yang bisa dibaca oleh SD Card Reader, seperti SD, microSD, dan miniSD. Untuk menggunakan port ini, anda hanya perlu mencolokkan kartu memori anda ke port SD Card Reader tersebut dan akan langsung terbaca di Laptop.

6. Audio Jack

Audio Jack adalah port Laptop yang bisa digunakan untuk menghubungkan Laptop ke Headset, Headphone, Speaker, dan Mikrofon eksternal. Port Audio jack ada dua jenis, yaitu jack 3,5 mm dan jack 2,5 mm. Namun yang umum tersedia pada Laptop adalah jack 3,5 mm.

jenis port laptop: audio jack

Jadi, jika anda ingin menghubungkan Laptop ke perangkat Headset, Speaker atau Microfon eksternal, anda cukup mencolokkan kabel Headset, Speaker atau Microfon ke port jack audio.

7. USB Type-C

USB Type-C merupakan jenis port USB model terbaru yang memiliki bentuk berbeda dari port USB yang biasa. Port USB biasanya ditemukan pada Laptop keluaran terbaru dan Smartphone Android.

jenis port laptop: usb type-c

Berbeda dengan USB biasa yang hanya bisa digunakan untuk transfer data, USB Type-C memiliki beberapa fungsi. Port USB Type-C bisa digunakan untuk pengisian daya, port display, dan transfer data. Namun, semua fungsi tersebut tidak bisa digunakan secara bersamaan.

Jadi, jika Laptop anda memiliki port USB Type-C, anda bisa mencolokkan kabel Type-C ke port USB Type-C untuk menggunakannya untuk menampilkan layar ke Monitor atau LCD Proyektor, mengisi daya Laptop, atau transfer data ke Flashdisk atau Hardisk eksternal.

Baca Juga : Akan hadir Processor Intel Core i9, inilah spesifikasinya

8. Thunderbolt

Thunderbolt adalah jenis port Laptop yang memiliki banyak fungsi, yaitu sebagai port display dan bisa juga untuk transfer data. Jadi, anda bisa menghubungkan Laptop ke Monitor, TV, atau LCD Proyektor menggunakan port Thunderbolt.

jenis port laptop: thunderbolt

Selain itu, anda juga bisa menghubungkan perangkat eksternal seperti Flashdisk atau Hardisk eksternal. Jika menggunakan Thunderbolt Hub maka anda bisa menyambungkan lebih banyak lagi perangkat, seperti Printer, Keyboard, dan lainnya hanya dengan satu port pada saat bersamaan.

Jika digunakan untuk transfer data, maka port Thunderbolt memiliki kecepatan transfer hingga 40 Gbps. Dengan kecepatan transfer tersebut, ini membuatnya menjadi port Laptop yang paling cepat saat ini.

Namun, karena memiliki teknologi canggih, maka harga Thunderbolt juga sangat mahal. Maka tidak heran jika hanya Laptop keluaran terbaru dan kelas atas saja yang memiliki port Thunderbolt.

Port Thunderbolt memiliki bentuk yang mirip dengan USB Type-C, untuk membedakannya maka pada port Thunderbolt terdapat icon tanda petir disampingnya. Jadi, jika Laptop anda memiliki port Thunderbolt, anda bisa mencolokkan kabel Thunderbolt ke port Thunderbolt untuk menjadikannya sebagai port display maupun untuk transfer data.

9. DisplayPort

DisplayPort adalah jenis port Laptop yang digunakan untuk menghubungkan Laptop ke Monitor, TV, atau LCD Proyektor. Jenis port ini mampu menampilkan gambar ke Monitor atau TV dengan kualitas tinggi, dan juga sudah support audio.

jenis port laptop: mini display port

Port DisplayPort juga mendukung resolusi yang lebih tinggi dibanding HDMI dan VGA. Namun, port yang biasanya ada pada Laptop adalah yang bentuknya lebih kecil, yaitu miniDisplayPort. Selain itu, tidak banyak juga jenis Laptop yang memiliki jenis port ini.

Jadi, jika Laptop anda memiliki port DisplayPort atau miniDisplayPort, maka silahkan colokkan kabel DisplayPort atau konverter miniDisplayPort ke port tersebut untuk menampilkan layar Laptop ke Monitor, TV, atau LCD Proyektor.

Penutup

Demikian penjelasan tentang beberapa jenis port Laptop beserta fungsinya masing-masing. Perlu diketahui bahwa tidak semua port yang sudah disebutkan di atas ada pada semua jenis Laptop. Misalnya saja port display dimana Laptop biasanya hanya memiliki dua jenis port display, sehingga jenis port display yang lainnya tidak ada.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda