Cara Nonton Film di YouTube dengan Subtitle Indonesia Otomatis

0
231

Cara nonton film di YouTube menggunakan subtitle Indonesia

YouTube merupakan salah satu platform yang menyediakan beragam video. Tidak hanya berisi video pendek, anda juga bisa menonton film yang panjang di YouTube. Sayangnya, seringkali menonton film menjadi kurang menarik karena tidak mengerti bahasa di film tersebut. Untuk itu, anda bisa nonton film atau video di YouTube menggunakan subtitle bahasa Indonesia agar memahami isi film tersebut.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa anda bisa menonton video YouTube dengan subtitle berbahasa Indonesia meskipun pemilik video tersebut tidak mengupload file subtitle bahasa Indonesia. Hal ini karena YouTube sudah memiliki fitur untuk membuat subtitle berbahasa Indonesia dan bahasa lainnya secara otomatis.

Artinya, meskipun filem yang ditonton tidak memiliki file subtitle Indonesia, anda bisa memunculkan terjemahan dari film tersebut. YouTube bisa membuatkan anda subtitle berbahasa Indonesia secara otomatis untuk ditampilkan pada video tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengubah tampilan subtitle tersebut agar lebih menarik untuk dilihat. Jadi, anda bisa menonton video / film di YouTube seperti saat menggunakan pemutar film di Laptop, bedanya tidak perlu lagi download subtitle.

Cara Nonton Film di YouTube dengan Subtitle Indonesia Otomatis

Seperti yang dikatakan di atas, bahwa anda bisa memunculkan terjemahan berbahasa Indonesia di video YouTube meskipun orang yang mengupload video tersebut tidak menyertakan file subtitle bahasa Indonesia.

Namun, anda hanya bisa melakukan cara ini jika video itu sudah diatur untuk menggunakan subtitle oleh pengupload video tersebut. Dengan kata lain, anda hanya bisa mengaktifkan subtitle otomatis jika pada video tersebut muncul icon CC di bagian bawah.

Jika pada video tersebut memiliki icon CC yang artinya bisa menggunakan subtitle, maka anda bisa dengan mudah menampilkan subtitle otomatis dalam bahasa apapun, termasuk bahasa Indonesia. Jika anda ingin menampilkan terjemahan otomatis bahasa Indonesia pada film yang ditonton, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
Cara Menambahkan Subtitle Terpisah saat Nonton Film di Laptop

Langkah pertama adalah silahkan buka software Google Chrome atau browser lainnya yang terinstall di Laptop / Komputer anda. Setelah browser tersebut terbuka, silahkan buka situs website YouTube.

Pada situs YouTube yang terbuka, silahkan anda cari judul video atau film pada kolom pencarian. Pada hasil pencarian yang muncul, silahkan buka film yang ingin ditonton. Kemudian, perhatikan apakah video tersebut memiliki icon CC atau tidak. Jika tidak ada, maka anda tidak akan bisa mengaktifkan subtitle otomatis.

Selanjutnya, silahkan anda klik icon CC pada video tersebut untuk mengaktifkan subtitle. Setelah itu, akan muncul terjemahan dari film tersebut, sekalipun berbahasa asing. Sekarang anda hanya perlu mengubah terjemahan tersebut agar berbahasa Indonesia.

cara menonton film subtitle indonesia di youtube

Untuk mengubah subtitle video tersebut menjadi berbahasa Indonesia secara otomatis, maka silahkan klik Setting (icon gir) yang terdapat disamping kanan icon CC. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Subtitles/CC untuk memilih terjemahan yang tersedia.

Jika sub bahasa Indonesia tidak tersedia, maka anda bisa membuatnya secara otomatis dengan cara klik Auto-translate atau Terjemahkan otomatis. Kemudian, pada opsi bahasa yang muncul silahkan klik Indonesian.

Membuat terjemahan otomatis di YouTube

Setelah itu, pada video atau film anda akan muncul terjemahan yang sudah berbahasa Indonesia. Dengan demikian, anda sudah bisa menonton video atau filem tersebut dengan nyaman karena sudah memiliki subtitle bahasa Indonesia.

Mengubah Tampilan Subtitle Video di YouTube

Setelah menampilkan subtitle video atau film di YouTube secara otomatis, anda juga bisa mengubah tampilan subtitel tersebut agar lebih menarik. Anda bisa mengubah jenis font, warna dan ukuran teks, warna background subtitle, transparansi background, dan lainnya.

Untuk mengubah tampilan subtitle tersebut, silahkan klik kembali icon gear atau pengaturan. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Subtitle/CC untuk melihat kembali pengaturan subtitle. Selanjutnya, pada bagian pengaturan subtitle yang muncul, silahkan klik Options atau Opsi.

Baca Juga :
3 Cara Translate Dokumen Word Bahasa Inggris ke Indonesia

Mengubah tampilan subtitle video di YouTube

Setelah itu, silahkan pilih tampilan apa yang ingin anda ubah, misalnya background color. Kemudian, pilih warna latar belakang yang anda ingin terapkan.

Mengubah background subtitle YouTube

Setelah melakukan perubahan tersebut, maka tampilan subtitle di video YouTube yang anda tonton akan berubah. Dengan demikian, anda bisa lebih nyaman menonton video tersebut karena tampilan subtitle sudah sesuai keinginan.

Penutup

Itulah cara menampilkan subtitle berbahasa Indonesia secara otomatis pada video atau film saat anda nonton di YouTube. Anda bisa melakukan cara di atas jika video tersebut tidak memiliki terjemahan bahasa Indonesia. Jadi, meskipun video tersebut berbahasa asing, anda tetap bisa memahami isinya berkat terjemahan otomatis dari YouTube.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda