Sejarah dan Penyebab HP Lemot yang Jarang Diketahui

99

Handphone atau smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang hampir dipakai setiap orang. Terkadang, masalah yang dihadapi para pengguna handphone adalah lemot. Penyebab handphone lemot biasanya karena berbagai macam hal. Berikut ini kami akan membahas mengenai penyebab hp lemot.

Sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu asal muasal handphone pertama kalinya.

Asal Mula Munculnya Handphone

sejarah hp

Hampir setiap orang di dunia memakai alat komunikasi handphone. Sistem handphone atau hp ditemukan pertama kali oleh Martin Cooper, yaitu salah satu orang yang bekerja di pabrik Motorola.

Ide dari Cooper mengenai alat komunikasi yang mudah dibawa kemana-mana ini akhirnya direalisasikan dengan mengeluarkan handphone pada tanggal 21 September 1983 dengan berat 2kg.

Handphone yang pertama kali dikeluarkan tersebut dibandrol dengan harga 39 juta atau USD 3,995 dollar dan dikeluarkan atas nama Motorola, bukan Cooper. Adapun penemu lain yaitu Amos Joel Jr. yang merupakan seorang pakar bidang switching yang berperan mengembangkan handphone.

Kini, handphone telah menjadi kebutuhan setiap orang dengan sistem yang lebih canggih seiring berkembangnya zaman. Alat komunikasi ini pun mengalami perkembangan yang pesat dan bentuk serta beratnya sudah tidak seperti dulu.

Baca Juga : Cara Menonton YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

Penyebab Handphone Lemot

penyebab hp lemot

Bagi para pengguna handphone, biasanya masalah yang dihadapi saat memakai alat komunikasi tersebut adala lemot. Biasanya jika seseorang sering memakai hp, sistem pada hp tersebut akan lemot atau melambat. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti :

a. Memori Internal yang Penuh

Biasanya penyebab handphone menjadi lemot karena banyaknya data yang tersimpan di memori internal, seperti foto, video, aplikasi bahkan file cache yang tidak bisa dideteksi. Hal ini tentu saja bisa diatasi dengan memindahkan data-data tersebut ke microSD atau alat penyimpanan lainnya.

b. Banyaknya Aplikasi yang Terinstal

Aplikasi sering menjadi masalah bagi setiap pengguna handphone. Biasanya hal ini disebabkan karena aplikasi tersebut memang sangat dibutuhkan atau memang ingin mengoleksi berbagai macam aplikasi. Jika tidak ingin handphone lemot, hapuslah beberapa aplikasi yang jarang dipakai atau yang memang tidak terlalu dibutuhkan agar sistem handphone bisa berjalan dengan lancar.

c. Menggunakan Banyak Aplikasi Antivirus

Ingin membuat data yang ada di handphone aman, seseorang akan menginstal berbagai macam aplikasi antivirus untuk melindungi data tersebut. Namun, jika aplikasi antivirus ini diinstal lebih dari satu, handphone akan menjadi berat dan lemot. Pilihlah salah satu antivirus yang memang bagus untuk digunakan.

d. Memori Eksternal

MicroSD atau memori eksternal bisa juga menjadi penyebab handphone lemot. Biasanya hal ini terjadi karena kecepatan membaca microSD tersebut yang lambat yang akhirnya menguras resources RAM dan prosesor.

e. Masih Menggunakan Software Lama

Handphone yang masih menggunakan software versi lama, biasanya akan menyebabkan handphone menjadi lemot. Hal ini bisa diatasi dengan selalu mengecek pembaruan pada software dan menginstal yang terbaru.

f. Pembaharuan Aplikasi dan OS

Aplikasi yang terinstal di handphone biasanya harus di update pada waktu tertentu. Hal ini tentu saja bisa menguras kapasitas memori yang ada di hp karena pembaharuan tersebut memakan memori yang cukup besar. Hal ini bisa diatasi dengan hanya melakukan pembaharuan pada aplikasi tertentu yang dianggap penting jika RAM dan memori handphone kecil.

Nah, itulah beberapa hal penyebab hp menjadi lemot yang sering menjadi masalah bagi pemilik alat komunikasi tersebut. Hal ini tentu saja bisa diatasi dengan melakukan hal bijak dalam merawat handphone, yaitu dengan menginstal aplikasi penting saja dan selalu mengupdate pembaharuan software yang tersedia pada handphone.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here