Cara Mengonversi File PDF ke Format Lain dengan Mudah

0
54

mengonversi pdf ke format lain itu mudah

Jika anda ingin mengonversi file PDF ke format lain, maka bisa anda lakukan dengan menggunakan beragam cara. Saat ini anda bisa mengkonversi file PDF ke format lain dengan sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Pada artikel ini, akan dibahas tentang berbagai cara untuk mengonversi file berformat PDF ke format lain. Anda juga harus memikirkan mengapa perlu mengonversi file format PDF tersebut ke format lain yang dapat diedit.

Pertama, ketahuilah bahwa PDF (format dokumen portabel) adalah salah satu format yang umum digunakan secara global, karena keamanannya. Format ini berfungsi seperti gambar dokumen, dan memastikan bahwa konten file tidak dapat diubah saat ditransfer. Ada banyak keuntungan jika file dokumen anda menggunakan format PDF. Namun, tetap saja kadang penting untuk melakukan konversi PDF ke Word atau format file lainnya untuk alasan yang beragam.

Alasan Mengapa Anda Harus Konversi PDF ke Format Lain

Berikut adalah beberapa alasan atau kondisi tertentu yang akan membuat anda harus melakukan konversi PDF ke format lain.

1. Anda Harus Mengedit Kesalahan dalam File PDF

Selalu ada kemungkinan anda dapat menemukan kesalahan dalam sebuah file PDF setelah menyimpannya. Dokumen yang tidak diperiksa melalui alat pihak ketiga atau korektor profesional memiliki kemungkinan 30% kesalahan ejaan, tanda baca, atau tata bahasa di dalamnya.

Untuk menghapus kesalahan semacam ini, anda harus mengonversi PDF ke Word atau format lain yang dapat diedit sehingga memungkinkan untuk melakukan perubahan. Anda dapat menggunakan beragam alat pengubah PDF modern untuk tujuan ini.

2. Anda Harus Menambah atau Menghapus Konten dalam File PDF

Anda juga harus mengonversi PDF ke Word atau format lain yang dapat diedit jika perlu menambahkan atau menghapus sesuatu dalam file PDF. Jika anda ingin menambah atau menghapus sesuatu dari file PDF, anda selalu dapat mengandalkan editor digital atau alat konverter untuk tujuan ini.

Baca Juga :
Review EaseUS PDF Editor, Software untuk Edit PDF di Laptop

3. Tidak Tersedianya Pembaca PDF di Laptop / Smartphone

Proses konversi PDF tidak hanya dilakukan karena tujuan pengeditan atau manipulasi file. Jika anda memiliki file PDF yang tidak dapat terbuka di perangkat karena tidak ada aplikasi pembaca PDF, maka anda juga harus mengonversi PDF ke Word atau format lain yang dapat terbaca.

Selain itu, anda harus memahami bahwa tidak semua orang akan memiliki software pembaca PDF di perangkat mereka. Jadi satu-satunya cara untuk membaca file PDF sebagai penerima adalah dengan mengonversinya ke format lain.

4. Anda Diminta untuk Berbagi File dalam Format Tertentu

Saat mengelola file, anda mungkin harus mengonversi file PDF ke format lain lebih sering dari yang diperkirakan. Sebagian besar orang memang cenderung menyimpan file dokumen dalam format PDF, dan ini karena alasan keamanan.

Namun, anda harus tahu bahwa ketika kolega atau klien memberitahu untuk membagikan format tertentu seperti Word, teks, dll, maka anda harus memastikan bahwa file PDF tersebut sudah dikonversi sebelum mengirimnya. Anda selalu dapat menggunakan bantuan dari alat konverter PDF yang tersedia secara online.

5. Anda Harus Mengirim File Besar Melalui Email

Ukuran file tidak bisa ditentukan dan anda pasti tidak akan tahu tentang batasannya sampai berencana untuk membagikannya melalui email. Anda harus tahu bahwa email hanya dapat memenuhi lampiran yang berukuran maksimal 25 MB.

Jika ternyata file PDF anda lebih besar dari batas ukuran ini, maka anda dapat dengan mudah mengonversinya ke Word dan memecahnya menjadi halaman yang lebih kecil. Konversi dan pemecahan ini akan membantu anda mengirim file yang banyak dan besar melalui email.

Baca Juga :
2 Cara Menggabungkan File PDF Secara Online dan Offline

Sekarang setelah anda mengetahui berbagai alasan di balik konversi PDF ke format lain, maka selanjutnya anda harus memastikan untuk menggunakan cara dan tool konversi yang tepat.

Cara Efektif untuk Mengonversi File PDF ke Format Lain

Metode yang paling umum untuk mengkonversi PDF ke Word atau format lain adalah dengan bantuan Microsoft Word itu sendiri. Anda dapat membuka file PDF dengan membuat salinannya menggunakan Microsoft Word. Salinan dokumen ini dapat dengan mudah disimpan lagi dalam berbagai format yang berbeda.

Meskipun metode ini sudah lama dan orang-orang sangat sering menggunakannya, namun akan lebih baik jika menggunakan cara yang lebih efektif dan tidak membuang-buang waktu dan produktivitas anda. Cara modern dan termudah untuk mengonversi file PDF ke format lain adalah dengan menggunakan tool online.

Alat Konverter PDF Online

Konverter PDF online adalah program online yang ditawarkan oleh beberapa situs web dan aplikasi yang dapat secara otomatis mengubah format file PDF anda ke format lain. Ada ratusan konverter pdf digital di web yang dapat membantu anda mengonversi PDF ke Word, Excel, PPT, JPG, PNG, HTML, TFF, TXT, dan format apa pun yang diinginkan.

Duplichecker adalah salah satu situs web paling populer, yang menawarkan banyak alat pengonversi PDF gratis. Konverter PDF ke Word oleh duplichecker adalah salah satu utilitas yang paling banyak digunakan saat ini.

Anda dapat melakukan proses konversi file berformat pdf ke docx dengan menggunakan situs duplichecker.com. Alasan dibalik popularitas tool konverter PDF ke word seperti ini adalah sebagai berikut.

  • Alat pengonversi PDF ke Word secara online yang bisa digunakan secara gratis.
  • Anda dapat menggunakannya di beberapa perangkat.
  • Tidak ada batasan dalam penggunaannya.
  • Situs konverter ini sangat mudah digunakan.
  • Anda dapat mengonversi file PDF dalam waktu kurang dari tiga detik dengan alat ini.
  • Anda tidak perlu khawatir tentang keutuhan struktur dan konten file PDF.
  • Alat-alat ini juga aman dan terjamin.
Baca Juga :
Cara Mengambil Gambar dari File PDF dan Simpan ke JPG / PNG

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, maka anda bisa dengan mudah mengkonversi file PDF ke Word, Excel, PPT atau format lainnya tanpa harus menginstall software di Komputer.

Penutup

Demikian beberapa penjelasan tentang betapa mudahnya mengkonversi file PDF ke format lain, terutama jika anda menggunakan konverter online. Jadi, jika anda memiliki file PDF yang harus diubah menjadi format file lain, tidak perlu lagi bingung karena banyak tool yang bisa melakukannya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda