2 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Menjadi Lemot

739

Penyebab dan cara mengatasi Laptop lemot

Jika anda menggunakan sebuah Laptop, maka tentu saja semua ingin berjalan dengan lancar tanpa mengalami kendala apapun. Sayangnya, seringkali ditemukan Laptop tiba-tiba menjadi lemot saat sedangn digunakan bekerja. Istilah lemot adalah sebuah kondisi dimana Laptop berjalan begitu lambat, susah melakukan operasi atau sebuah tindakan.

Tentu saja semua pengguna komputer tidak ingin mendapati masalah Laptop yang satu ini. Namun, yang perlu anda ketahui bahwa Laptop menjadi lemot bisa terjadi karena beberapa faktor dan bisa jadi itu karena ulah anda sendiri. Misalnya saja, anda tidak merawat laptop tersebut dan diabaikan begitu saja setelah digunakan.

Selain contoh diatas, tentu saja masih banyak faktor yang menjadi penyebab Laptop menjadi lemot. Oleh karena itu, jika anda ingin mengatasi dan memperbaiki masalah laptop yang sangat lambat, maka anda harus melakukan analisa untuk mengetahui penyebab Laptop tersebut menjadi lemot. Karena, seperti yang diutarakan diatas bahwa ada beragam faktor yang bisa membuat Laptop anda menjadi lemot, baik itu faktor internal maupun eksternal.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Untuk menghindari Laptop menjadi lemot anda harus mengetahui terlebih dahulu asal sebabnya, agar bisa dilakukan sebuah pencegahan. Anda harus mnegetahui penyebab laptop menjadi lemot agar kemudian dapat diatasi agar tidak terjadi lagi. Secara garis besar penyebab lemot bisa digolongkan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal Laptop Menjadi Lemot

Ada beberapa kondisi internal Laptop yang akan membuatnya menjadi lemot atau sangat lambat saat digunakan. Masalah-masalah tersebut adalah faktor yang memang terjadi karena bawaan pada Laptop.

1. Kapasitas RAM yang Kecil

Faktor internal pertama yang berpotensi membuat Laptop yang anda gunakan menjadi lemot adalah karena kapasitas RAM yang minim atau sedikit. Random Access Memory atau disingkat RAM ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. RAM juga berfungsi membantu menyiapkan data-data yang akan diproses oleh prosesor. Oleh karena itu, jika RAM penuh proses penyiapan data akan lama dan mengakibatkan laptop lemot.

Untuk mengatasi masalah internal ini, maka anda bisa meminimalisir penggunaan aplikasi secara bersamaan. Namun, jika anda sudah terlanjur menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, maka anda bisa menutup sebagian menggunakan Windows Task Manager. Dari situ akan terlihat aplikasi mana yang menggunakan RAM terlalu banyak. Jika itu bukan aplikasi dari sistem maka anda tinggal mematikannya dengan mengklik aplikasi tersebut kemudian tekan tombol End.

Penyebab Laptop menjadi lemot
Soalusi lainnya adalah dimana anda juga dapat melakukan pembersihan dengan menggunakan software RAM cleaner. Ada banyak jenis software RAM cleaner yang tersedia di internet dan dapat anda gunakan secara gratis. Software tersebut berfungsi menangkap aplikasi yang banyak menggunakan memory dan akan mematikan aksesnya.

Namun, jika langkah tersebut diatas masih belum berhasil mengatasi permasalahan anda, maka cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan upgrade RAM untuk menambah kapasitas RAM Laptop anda.

Untuk cara alternatif anda bisa menggunakan sistem operasi yang ringan atau software versi lama karena umumnya tidak terlalu banyak memakan RAM.

2. Kondisi Hardware yang sudah usang

Masalah kedua yang menjadi kemungkinan besar penyebab Laptop anda menjadi lemot adala karena umur Laptop tersebut sudah tua. Umur sebuah perangkat elektronik tentu saja sangat berpengaruh terhadap kemampuan dan kecepatan yang dimilikinya. Sebuah Laptop baru dengan spesifikasi yang mirip tentu saja akan lebih cepat jika dibandigkan dengan laptop yang sudah tua.

Salah satu hardware atau perangkat keras yang memiliki pengaruh terhadap performa kecepatan laptop adalah Hardisk. Kondisi hardisk yang sudah penuh dan sudah berumur akan mempengaruhi performa laptop. Hal ini terkait fungsi harddisk sebagai tempat penyimpanan data permanen.

Untuk mengatasi masalah ini, maka anda bisa melakukan defragment disk untuk menyusun ulang blok-blok pada hardisk. Selain itu, anda juga dapat melakukan install ulang untuk membersikan semua data lama yang sebenarnya tidak dibutuhkan lagu. Namun, tentu saja langkah-langkah tersebut tidak akan membawa perubahan yang besar. Satu-satunya solusi tebaik yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti penyimpanan Laptop menggunakan Hardisk yang baru.

Faktor Eksternal Laptop Menjadi Lemot

Selain faktor internal, penyebab Laptop menjadi lemot bisa juga diakibatkan oleh faktor eksternal. Faktor eksternal adalah masalah yang tidak diakibatkan oleh bawaan Laptop, melainkan faktor dimana kecepatan laptop dipengaruhi oleh pihak ketiga.

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Terbuka Secara Bersamaan

Hal ini sering dilakukan (multi-tasking) atau terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu. Padahal dalam menjalankan sebuah aplikasi memakan RAM dan perlu diingat setiap laptop memiliki keterbatasan RAM. Hal ini juga sama terlalu banyak membuka tab pada browser juga mempengaruhi performa laptop.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu jangan buka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan, terlebih lagi aplikasi yang tidak begitu penting. Yang jelas, anda harus memahami kapasitas RAM Laptop anda kemudian meneyesuaikan dengan pekerjaan yang diberikan. Hindari memaksakan Laptop untuk bekerja terlalu berat, karena hal tersebut akan mengurangi umur Laptop.

2. Laptop Terkana Virus

Virus bisa masuk ke laptop memalui berbagai cara, bisa melalui transfer data baik secara online maupun offline. Bahkan virus bisa masuk ketika anda mendownload aplikasi dari laman-laman website yang tidak aman atau mengklik link phising. Virus ini kemudian mengganggu performa laptop bahkan parahnya pada beberapa kasus bisa membuat laptop mati total.

Cara mengatasi Laptop lemot yang diakibatkan virus

Untuk mengatasi masalah ini, maka gunakan anti virus untuk melindungi laptop anda. Tapi perlu diingat anti virus yang terlalu aktif dan sensitif juga bisa mengganggu performa laptop karena aplikasi akan berjalan di background. Sehingga bisa mempengaruhi kecepatan laptop. Jadi anda cukup melakukan scaning di waktu-waktu tertentu saja.

 

Itulah beberapa sebab yang mengakibatkan leptop anda menjadi lemot, baik sebab secara internal maupun ekternal. Agar leptop anda tetap dalam performa yang baik, maka lakukanlah perawatan secara rutin, tujuannya untuk meremajakan usia laptop. Dan perhatikan juga jangan sampai melakukan kesalahan dalam merawat laptop tersebut.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here