5 Situs Pemendek URL Terbaik yang Bisa Menjadi Alternatif Goo.gl

1657

Baru-baru ini pihak Google telah mengumumkan bahwa layanan pemendek URL yang paling pupuler yaitu goo.gl telah dimatikan. Menurut Google, meskipun tautan atau link yang telah dibuat melalui layanan ini masih dapat digunakan, namun anda tidak akan bisa membuat tautan baru. Tentu saja ini akan menjadi kabar buruk bagi para netter yang sangat sering menggunakan layanan goo.gl untuk memperpendek link yang akan dibagikan.

Meskipun layanan goo.gl telah dimatikan, namun tentu saja anda tidak mungkin dapat berhenti seketika untuk memperpendek url. Anda tentu saja akan terus membagikan link atau tautan kepada teman-teman anda dengan menggunakan link yang sudah diperpendek agar teman anda mudah mengingatnya. Maka dari itu anda membutuhkan alternatif goo.gl yang bisa digunakan untuk memperpendek url.

5 Alternatif goo.gl yang Dapat Anda Gunakan

Jika berbicara soal alternatif goo.gl, sudah menjadi rahasia umum bahwa goo.gl bukanlah satu-satunya layanan yang bisa digunakan untuk memperpendek url. Artinya, banyak alternatif pengganti goo.gl yang bisa anda gunakan. Meskipun tersedia banyak pilihan yang bisa dijadikan sebagai alternatif goo.gl, namun tentu saja tidak semua yang ada sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Maka dari itu anda perlu memilih situs penyedia layanan pemendek url terbaik yang bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan anda. Maka dari itu pada artikel ini akan diberikan rujukan situs pemendek url terbaik yang bisa anda gunakan untuk memperpendek url sebagai alternatif goo.gl. Berikut situs-situs pemendek url yang bisa anda gunakan sebagai alternatif goo.gl.

1. bitly

Jika anda mencari alternatif Google Shortener URL yang tidak hanya sebagus goo.gl tetapi juga lebih kuat, maka pilihan pertama yang harus anda coba adalah layanan pemendek url bitly. Bitly adalah salah satu layanan penghubung tautan yang paling populer di luar sana. Meskipun, selama bertahun-tahun sedikit berkembang dan menjadi layanan yang tidak hanya memungkinkan anda mempersingkat url, tetapi bisa juga digunakan untuk mengukur metrik, melacak analytic tautan individual, mengoptimalkan kinerja tautan yang anda buat, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya. Namun, inti layanan masih sama dengan goo.gl yaitu untuk memperpendek url.

Untuk menggunakan layanan bit.ly, silahkan kunjungi situsnya lalu masukkan link atau tautan yang akan anda perpendek. Kemudian, anda bisa copy link atau tautan yang telah diperpendek lalu membagikannya kepada teman melalui email, sosial media, atau melalui personal chat. Tautan singkat yang telah anda buat tersebut bisa digunakan dimana saja. Bitly adalah salah satu layanan penghubung tautan yang paling disukai diluar sana, alasannya karena sangat mudah, cepat, dan selalu berhasil. Bagian terbaiknya karena anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu agar dapat menggunakan layanan pemendek url ini.

2. soo.gd

Soo.gd adalah layanan penyingkat URL lain yang mudah digunakan dan sederhana yang memungkinkan Anda dengan mudah memendekkan URL tanpa harus membuat akun. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web, tempelkan tautan yang ingin Anda persingkat, dan klik tombol Shorten. Selain memberi Anda URL yang dipersingkat, layanan ini juga membuat QR code yang sangat berguna jika Anda ingin membuka situs web di Smartphone Anda tanpa harus repot-repot menyalin dan menempel tautan di browser Anda. Layanan ini benar-benar bagus dan pengganti yang layak untuk layanan goo.gl.

3. bit.do

Situs penyedia layanan pemendek url selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk menggantikan peran pemendek url goo.gl adalah bit.do. Layanan shortener url ini bisa anda gunakan dengan mudah dan cepat. Hal ini disebabkan karena layanan ini menawarkan halaman yang sangat minimalis dan dapat dimuat dalam hitungan detik. Selain itu, anda juga akan mendapatkan opsi untuk menyesuaikan hasil tautan yang telah diperpendek.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan tersebut, maka situs layanan bit.do ini bisa menjadi layanan favorit yang bisa digunakan sebagai alternatif goo.gl. Silahkan anda mencobanya sendiri, maka anda tidak akan merasa kecewa dengan hasil yang diperoleh serta fitur yang ditawarkan.

4. Ow.ly

Ow.ly merupakan layanan penyingkat url yang sama dengan bitly, yang berarti jika anda juga bisa mendapatkan banyak fitur selain layanan pemendek url. Namun, kekurangannya adalah, anda harus membuat akun bahkan jika hanya ingin menggunakan layanan pemendek url saja. Meskipun demikian, karena banyak fitur yang menarik maka layanan pemendek url satu ini tetap bisa menjadi rekomendasi.

Selain fitur-fitur seperti kinerja tautan, analitik tautan, dan fitur lainnya, layanan ini akan menjadi hal yang paling disukai karena memiliki kemampuan untuk memposting tautan ke beberapa media sosial sekaligus. Yang perlu anda lakukan hanyalah menghubungkan semua akun media sosial anda dengan layanan tersebut. Kemudian, dengan sekali klik, maka tautan yang sudah anda buat akan dibagikan ke semua sosial media yang sudah anda hubungkan.

5. ouo.io

Situs penyedia layanan pemendek url yang terakhir dibahas pada artikel ini adalah ouo.io. Yang menarik dari layanan ini adalah bahwa anda bisa menghasilkan uang dari link yang anda buat. Layanan pemendek url yang satu ini akan membayar anda berdasarkan jumlah klik pada tautan yang anda buat. Jadi, semakin banyak orang yang klik tautan yang anda buat, maka semakin banyak pula pundi-pundi uang yang akan diperoleh.

Jika anda mencari tahu, sebenarnya banyak layanan pemendek url dengan fitur yang serupa. Namun, bagian terbaik dari layanan yang satu ini anda bisa memilih apakah ingin mendapatkan penghasilan atau tidak. Jika anda ingin mendapatkan penghasilan, maka anda harus membuat akun. Sebaliknya, anda bisa menggunakan layanan ini tanpa membuat akun dengan tidak berpartisipasi dalam program penghasilan.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk anda ketahui mengenai layanan ouo.io, jika anda berpartisipasi dalam program penghasilan, maka akan ada iklan yang tampil pada tautan yang telah anda buat selama beberapa detik sebelum dialihkan ke halaman tertaut anda.

Pemendek URL Mana yang Anda Pilih?

Setelah menjabarkan beberapa situs penyedia layanan pemendek url, yang bisa dijadikan sebagai alternatif goo.gl. Sekarang pilihan jatuh ke tangan anda untuk menentukan yang mana yang akan digunakan. Anda bisa mempertimbangkan berdasarkan fitur yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

ARTIKEL TERKAIT

2 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah, akhirnya nemu juga pemendek url alternatif goo.gl kudu benah-benah ini soalnya jadi banyak link yang mati setelah ditutupnya layanan goo.gl

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here