Cara Setting 2 Monitor Beda Tampilan Menggunakan 1 Laptop di Windows

|Diupdate 16 November 2020
0
64

cara menggunakan 2 monitor 1 laptop

Umumnya Monitor tambahan digunakan jika layar Laptop sudah rusak sehingga tidak dapat lagi menampilkan apapun. Dengan kata lain, monitor tersebut hanya digunakan sebagai pengganti layar Laptop. Selain itu, penggunaan LCD Proyektor juga hanya digunakan untuk memperlihatkan tampilan layar Laptop ke banyak orang. Artinya, tampilan LCD Proyektor tersebut sama saja dengan yang muncul di layar Laptop.

Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui bahwa ada cara yang lebih menarik untuk memanfaatkan sebuah monitor tambahan. Anda dapat membuat dual monitor dan membuat tampilan yang terdapat pada layar Laptop berbeda dengan yang muncul di layar monitor. Hal ini tentu saja membuat area layar akan menjadi lebih luas ketimbang hanya menggunakan layar pada Laptop. Dengan kata lain, anda dapat membuka dan melihat tampilan beberapa aplikasi sekaligus tanpa melakukan minimize.

Metode ini dikenal dengan sebutan mode “Extend” yang sudah tersedia pada sistem operasi Komputer seperti Windows, Linux, dan MacOS. Dengan menggunakan mode tampilan ini maka tampilan pada monitor tambahan tidak akan sama dengan yang ditampilkan di layar Laptop. Dengan demikian anda dapat lebih leluasa membuka banyak aplikasi sekaligus karena area pandang menjadi lebih luas. Cara ini dapat anda gunakan untuk membuka beberapa dokumen sekaligus, membuka sosmed sambil membuka file kerjaan, menonton video sambil mengetik, dan lain sebagainya. (Baca juga: Cara Mengendalikan Banyak Komputer dengan 1 Mouse dan Keyboard)

Apa yang Dibutuhkan Untuk Membuat Dual Monitor?

Untuk membuat dual monitor pada Laptop dengan tampilan berbeda, maka ada beberapa hal yang dibutuhkan. Hal-hal tersebut yang perlu anda pastikan dan siapkan adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan anda memiliki 1 monitor tambahan yang masih berfungsi dengan normal.
  2. Pastikan Laptop anda memiliki port untuk menyambungkan monitor berupa Port VGA, Port HDMI, maupun Display Port.
  3. Pastikan anda sudah memiliki kabel untuk menghubungkan Laptop ke Monitor dan jenis kedua port sama. Jika port Laptop dan monitor berbeda, maka silahkan membeli converter. Misalnya, monitor anda masih menggunakan port VGA, tetapi Laptop anda tidak memiliki port VGA dan hanya memiliki port HDMI, maka silahkan beli konverter HDMI to VGA.

Jika ketiga hal yang dibutuhkan tersebut sudah tersedia, maka anda sudah dapat langsung setting dual monitor agar tampilannya berbeda.

Cara Setting 2 Monitor Beda Tampilan Menggunakan 1 Laptop

Untuk melakukan setup dual monitor pada Komputer Windows, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Yang pasti cara berikut dapat anda terapkan pada semua edisi Windows. Jadi, tidak peduli menggunakan Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10, anda tetap dapat melakukan cara ini. Sebelum memasuki cara-caranya, berikut jenis-jenis tampilan proyeksi ke monitor maupun LCD proyektor yang dapat anda gunakan.

  • PC screen only, yaitu hanya memberikan tampilan pada layar Laptop meskipun tersambung ke monitor tambahan. Pada mode ini monitor eksternal tidak akan menampilkan apapun.
  • Duplicate, yaitu menampilkan gambar yang sama pada layar Laptop dan monitor tambahan. Pada mode ini tampilan pada layar Laptop dan monitor eksternal akan sama persis. Mode ini biasanya digunakan saat hendak melakukan presentasi menggunakan LCD Proyektor.
  • Extend, yaitu menampilkan gambar yang berbeda pada layar Laptop dan layar Monitor. Pada mode ini tampilan monitor eskternal akan berbeda dan terpisah dengan tampilan layar Laptop. Jadi, seolah-olah monitor eksternal yang digunakan memiliki CPU tersendiri, padahal masih menggunakan CPU atau Laptop yang sama.
  • Second screen only, yaitu hanya memberikan tampilan pada layar monitor eksternal. Pada mode ini layar Laptop tidak akan menampilkan apapun.

Setelah mengetahui jenis-jenis proyeksi ke monitor yang dapat dilakukan pada Windows, maka tentu sudah tahu bahwa mode yang akan digunakan adalah Extend. Untuk membuat monitor Extended, maka silahkan pilih salah satu cara berikut.

1. Cara Settings 2 Monitor 1 PC Beda Tampilan Menggunakan Shortcut

Cara pertama dan yang paling mudah untuk membuat tampilan berbeda pada monitor dan layar Laptop adalah dengan menggunakan shortcut Keyboard. Anda hanya perlu menekan tombol kombinasi di Keyboard untuk melakukan cara ini, seperti pada langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan hubungkan Laptop dan Monitor menggunakan kabel HDMI, VGA, maupun DP.
  2. Silahkan anda tekan tombol kombinasi Win + P pada Keyboard untuk menampilkan opsi proyeksi ke monitor.
    shortcut keyboard membuat tampilan monitor berbeda
  3. Pada daftar opsi yang muncul, silahkan klik Extend untuk membuat tampilan berbeda di monitor.
    cara setting 2 monitor 1 pc
  4. Setelah itu, maka tampilan monitor akan berbeda dengan yang muncul di layar Laptop.
  5. Untuk mengakses layar monitor eksternal, secara default anda hanya perlu menggeser kursor terus ke arah kanan layar Laptop hingga kursor tersebut menyebrang ke layar monitor.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, maka kini anda sudah berhasil membuat dual monitor dengan sangat mudah dan cepat.

2. Cara Settings 2 Monitor 1 PC Beda Tampilan via Windows 10 Settings

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menggunakan 2 monitor 1 dengan laptop adalah dengan mengaturnya di Settings Windows 10. Perlu diketahui bahwa cara kedua ini hanya dapat anda lakukan jika menggunakan Windows 10. Caranya juga sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan hubungkan monitor eksternal ke Laptop menggunakan kabel penghubung berupa kabel HDMI, VGA, maupun DP.
  2. Silahkan buka Settings di Laptop Windows 10 yang anda gunakan.
  3. Pada menu utama Settings, silahkan ketuk menu System.
    pengaturan tampilan Windows 10
  4. Selanjutnya akan terbuka tab Display secara default, silahkan scroll ke bawah dan cari bagian Multiple displays.
  5. Silahkan ubah bagian tersebut menjadi Extend these displays agar tampilan monitor dan Laptop berbeda.
    cara setup dual monitor pada Laptop
  6. Setelah itu, maka tampilan yang muncul pada monitor eksternal dan layar Laptop akan berbeda.
  7. Sama seperti cara sebelumnya, secara default anda hanya perlu menggeser kursor terus ke kanan untuk mengakses layar monitor eksternal.

Cara ini juga tentu sangat mudah dilakukan dan dapat anda terapkan untuk membuat multi monitor. Dengan demikian anda sudah dapat menggunakan dual monitor agar lebih mudah dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

Mengubah Posisi Monitor

Anda tentu sudah tahu bahwa secara default hanya perlu menggeser kursor terus ke kanan untuk mengakses layar monitor eksternal. Lalu, bagaimana jika ternyata posisi monitor eksternal tersebut ternyata tidak terletak di sebelah kanan Laptop, tentu ini akan terasa aneh. Misalnya saja jika monitor eksternal tersebut berada di sebelah kiri atau di atas Laptop, maka akan terasa aneh jika anda menggeser kursor terus ke kanan.

Akan terasa nyaman jika anda menggeser kursor ke kiri jika area untuk menjangkau monitor yang terdapat di sebelah kiri. Atau, jika monitor ternyata berada di atas Laptop, maka ubah agar kursor digeser ke atas.

Untuk melakukan perubahan ini juga sangat mudah dilakukan, yaitu mengubah posisi monitor di sistem Windows dan menyesuaikannya dengan posisi fisiknya. Untuk mengubah posisi monitor tersebut, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda buka kembali pengaturan System di Windows 10 seperti pada cara kedua di atas.
  2. Pada halaman Settings tersebut anda akan melihat bagian Rearrange your displays untuk mengatur posisi monitor.
  3. Silahkan anda klik dan geser monitor eksternal yang ditandai dengan nomor 2 sesuai dengan letak monitor eksternal secara fisik. Jika monitor eksternal anda berada di sebelah kiri Laptop, maka silahkan geser nomor 2 ke sebelah kiri nomor 1. Begitu juga jika monitor eksternal berada di atas Laptop, silahkan geser nomor 2 ke atas nomor 1.
  4. Jika anda sudah menyesuaikan posisinya, silahkan klik Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.
    menggeser posisi monitor
  5. Setelah itu, silahkan anda coba mengakses layar monitor tersebut dengan cara menggeser kursor ke arah monitor hingga kursor tersebut menyeberang.

Dengan demikian anda sudah berhasil mengubah posisi monitor di sistem sehingga tidak akan terasa aneh lagi untuk beralih antar monitor.

Itulah cara mudah setting 2 monitor agar beda tampilan menggunakan 1 Laptop di Windows. Cara ini dapat anda terapkan pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda merasa membutuhkan area layar yang lebih luas agar dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus, maka silahkan gunakan cara ini.

Windows 10 Murah Original

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda