3 Cara Menyimak Percakapan Grup WA Tanpa Ketahuan

728

Bagaimana cara menyimak percakapan Grup WA tanpa ketahuan anggota lain

Penggunaan aplikasi berkirim pesan WhatsApp saat ini memang meningkat pesat. Berbagai kalangan ikut tertarik menggunakan layanan aplikasi ini karena ringan dan cepat. Selain itu, fitur yang ditawarkan juga beragam sehingga bisa memanjakan pengguna.

Sudah diketahui bersama, bahwa aplikasi WhatsApp tidak hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan secara personal. Aplikasi WhatsApp atau WA juga dapat digunakan untuk membuat grup diskusi dengan banyak anggota di dalamnya. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa pada sebuah grup WA tidak semua anggota ingin aktif berkomentar secara terus menerus. Ada juga beberapa anggota grup yang lebih memilih menyimak secara diam-diam pembahasan pada grup WA tersebut atau silent reader.

Sebenarnya tidak masalah jika anda memilih untuk menjadi silent reader di sebuah grup WA. Tapi, bagaimana jika hal yang dibicarakan membutuhkan komentar anda. Sementara itu, anda tentu sudah tahu bahwa pada aplikasi WhatsApp terdapat fitur yang memungkinkan anggota grup mengetahui siapa saja yang sudah membaca kirimannya. Jika anda ketahuan telah membaca percakapan di grup WA tersebut tanpa berkomentar, maka akan menimbulkan kesan bahwa anda memang sengaja menghindar. Namun, anda jangan khawatir karena sebenarnya ada cara yang memungkinkan anda untuk menyimak percakapan di grup WA secara diam-diam dan tanpa ketahuan anggota grup lain.

Cara Menyimak Percakapan Grup WA Tanpa Ketahuan

Jika anda sedang tidak ingin terlibat dalam percakapan grup, tetapi juga merasa penasaran terkait pembahasan di grup tersebut sebenarnya tidak masalah. Tapi, tentu tidak enak rasanya jika semua anggota grup tahu bahwa anda menyimak dan kesannya seolah menghindar. Oleh karena itu, anda harus membaca atau menyimak percakapan di grup WA tersebut secara diam-diam agar tidak ketahuan.

Untuk membaca atau menyimak percakapan grup WA tanpa ketahuan, sebenarnya ada beberapa cara. Pada dasarnya yang perlu anda lakukan adalah jangan membuka pesan grup WA tersebut langsung di aplikasi WA, tetapi menggunakan metode lain agar tetap mengetahui isi pesan yang dikirim anggota grup. Pada artikel ini akan dibahas 3 cara yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, silahkan saja simak penjelasan berikut dan pilih cara yang akan digunakan.

1. Membuat Widget WhatsApp di Homescreen Android

Cara pertama yang dapat anda lakukan jika ingin menyimak percakapan grup WA secara diam-diam dan tanpa ketahuan anggota lain adalah melalui widget WA. Anda tentu sudah tahu bahwa pada Android memungkinkan untuk menambahkan atau membuat widget berbagai aplikasi di homescreen, termasuk widget WhatsApp.

Widget aplikasi WhatsApp merupakan sebuah perwakilan aplikasi dari WhatsApp di homescreen Android. Keberadaan widget ini memiliki tujuan agar membantu anda membaca chat WA tanpa harus repot membuka aplikasi WhatsApp.

Melalui widget aplikasi WhatsApp tersebut, anda dapat melihat semua pesan WA yang belum dibaca, termasuk isi percakapan grup WA. Jadi, anda dapat mengintip percakapan grup tanpa membukanya langsung di aplikasi WhatsApp. Dengan kata lain, anggota grup yang mengirim pesan tidak akan tahu bahwa anda sudah membaca kirimannya di grup WA tersebut.

Untuk membuat widget aplikasi WhatsApp sebenarnya sangat mudah, dan dapat dilakukan pada semua jenis Android. Silahkan anda ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut ini agar lebih jelas.

Langkah pertama adalah, silahkan sentuh dan tahan pada layar homescreen hingga muncul beberapa menu di bagian bawah, salah satu menunya adalah menu Widgets. Setelah itu, silahkan ketuk menu Widgets untuk melihat daftar widget apa saja yang dapat anda tambahkan ke homescreen Android. Selanjutnya, silahkan geser ke kanan atau ke kiri (geser ke bawah atau ke atas pada beberapa jenis HP) untuk mencari widget aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk widget WhatsApp(3) jika sudah ditemukan.

Cara menambahkan widget WhatsApp di Android

Selanjutnya, akan muncul tiga jenis widget WhatsApp yang dapat anda pilih dan tampilkan di homescreen. Pilihan widget WA tersebut adalah sebagai berikut.

  • WhatsApp4x2 adalah widget aplikasi WA yang akan menampilkan semua daftar chat WA yang belum dibaca di halaman depan, termasuk percakapan grup.
  • WhatsApp Chat1x1 adalah widget aplikasi WA yang akan membuat tombol pintasan chat WA dari satu kontak di halaman depan.
  • WhatsApp Camera1x1 adalah widget aplikasi WA yang akan membuat tombol pintasan untuk membuka kamera WhatsApp.

Untuk menambahkan widget WhatsApp yang memungkinkan anda membaca chat grup WA tanpa ketahuan, maka silahkan pilih dan ketuk widget WhatsApp4x2. Widget ini memungkinkan anda untuk melihat dan membaca semua chat WhatsApp di homescreen, termasuk percakapan grup WA.

Melihat chat grup WA tanpa diketahui melalui widget

Setelah anda menambahkan widget WhatsApp tersebut di homescreen Android yang digunakan, maka tinggal dimanfaatkan sesuka hati. Tapi, jika ternyata tampilan widget tersebut terlalu sempit, anda tidak usah khawatir karena ukuran widget tersebut dapat diubah. Anda cukup sentuh dan tahan pada area widget WA hingga muncul semacam bingkai, silahkan geser area bingkai untuk mengatur tinggi atau lebarnya.

Tapi, kelemahan dari cara pertama ini karena anda hanya dapat melihat isi pesan grup WA berupa teks. Jika ada anggota grup yang mengirim gambar atau vidio ke grup WA, maka anda tidak akan dapat melihat gambar atau vidio tersebut.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa widget WhatsApp ini akan menampilkan semua pesan WhatsApp di homescreen. Dengan kata lain, cara ini juga dapat anda gunakan untuk membaca pesan personal WA tanpa diketahui pengirimnya.

2. Menggunakan Aplikasi Unseen

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menyimak percakapan grup WA tanpa diketahui anggota grup lain adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah aplikasi Unseen.

Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk melihat semua pesan dari sosial media, termasuk WhatsApp. Dengan kata lain, aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk melihat percakapan grup WA secara diam-diam. Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan ikuti langkah -langkah berikut.

Langkah pertama tentu saja anda harus menginstall aplikasi Unseen terlebih dahulu di Smartphone Android yang digunakan. Setelah anda install, silahkan buka dan jalankan aplikasi tersebut.

Install aplikasi Unseen

Pada jendela pertama, yaitu jendela Welcome, silahkan ketuk Next untuk melanjutkan. Pada jendela Choose your favorit Chat Apps yang muncul, silahkan anda centang WhatsApp, kemudian ketuk Next.

Mengatur aplikasi Unseen

Pada jendela selanjutnya, silahkan ketuk Give Authorization untuk memberikan akses perizinan. Selanjutnya, pada jendela Notification access, silahkan ketuk pada bagian Unseen. Setelah itu, akan muncul kotak dialog Allow notification access for Unseen?, silahkan izinkan dengan mengetuk Allow.

Memberikan akes notifikasi aplikasi Unseen

Selanjutnya, aplikasi Unseen sudah dapat digunakan untuk melihat percakapan di grup WA tanpa ketahuan. Jika terdapat pesan baru di grup WA anda, jangan buka langsung di aplikasi WhatsApp, tetapi buka melalui aplikasi Unseen. Dengan demikian, meskipun anda sudah melihat percakapan grup WA tersebut di aplikasi Unseen, anggota grup yang mengirim pesan tidak akan tahu bahwa anda sudah membacanya.

Menyimak percakapan grup wa tanpa ketahuan menggunakan aplikasi Unseen

Kelemahan dari cara ini adalah karena anda juga tidak akan dapat melihat pesan grup berupa vidio atau gambar. Jadi, anda hanya dapat melihat kiriman teman di grup WA berupa teks saja.

2. Menggunakan Aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk membaca percakapan grup WA secara diam-diam dan tanpa ketahuan adalah dengan menggunakan aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp. Fungsi aplikasi ini pada dasarnya mirip dengan aplikasi Unseen pada cara kedua diatas. Jadi, jika anda tertarik menggunakan cara ketiga ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan install aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp melalui Google Play Store.

Install aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp

Setelah anda install, silahkan buka dan jalankan aplikasi tersebut, kemudian pada jendela yang muncul silahkan geser ke kiri. Pada jendela kedua, silahkan ketuk Grant Permission. Selanjutnya, silahkan ketuk Allow pada permintaan izin yang muncul.

Membaca percakapan grup WA tanpa diketahui menggunakan aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp

Setelah itu, silahkan ketuk lagi Grant Permission pada jendela selanjutnya yang muncul. Lalu, pada jendela Notification access, silahkan ketuk pada bagian GB Chat Off. Pada kotak dialog yang muncul, silahkan ketuk Allow untuk memberikan izin akses ke notifikasi yang masuk.

Memberikan akses permission notifikasi aplikasi GB Chat Off

Jika sudah selesai, maka anda sudah dapat menggunakan aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp ini untuk membaca percakapan grup WA tanpa ketahuan. Jika terdapat pesan masuk di grup WA anda, maka cukup buka aplikasi ini untuk melihat isi pesan tersebut. Ingat, jangan membuka pesan grup WA tersebut langsung di aplikasi WhatsApp, karena teman anda akan tahu bahwa anda sudah membacanya.

Membaca chat grup WA tanpa ketahuan menggunakan aplikasi GB Chat Offline for WhatsApp

Kelebihan dari cara ketiga ini adalah karena anda juga dapat melihat isi pesan grup WA berupa gambar atau vidio. Tidak seperti pada cara yang pertama dan kedua yang hanya akan menampilkan pesan grup WA berupa teks saja.

Selain kedua aplikasi diatas, sebenarnya masih terdapat aplikasi lain yang sejenis dan memiliki fungsi yang sama. Tapi, kedua aplikasi diatas adalah yang paling umum dan sering digunakan. Namun, jika ternyata anda tidak ingin repot menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka cukup gunakan cara yang pertama.

Itulah 3 cara yang dapat anda gunakan jika ingin membaca percakapan grup WA secara diam-diam dan tanpa ketahuan anggota grup yang lain. Cara ini sangat tepat bagi anda yang tidak ingin ikut berkomentar, tetapi juga tidak ingin ketahuan bahwa anda sedang menyimak.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here