3+ Cara Membuat Halaman Kosong Baru di Microsoft Word

0
170

cara membuat halaman kosong baru di Microsoft Word

Saat anda mengetik sebuah dokumen di Microsoft Word, maka halaman baru akan terbentuk secara otomatis jika sudah mencapai batas akhir dari halaman sebelumnya. Namun, terkadang pada kondisi tertentu perlu mengetik pada halaman baru meskipun pada halaman sebelumnya masih banyak ruang kosong. Untuk itulah anda perlu membuat halaman kosong baru pada dokumen Word tersebut.

Ada banyak kondisi yang mengharuskan anda untuk berpindah ke halaman kosong yang baru meskipun pada halaman sebelumnya masih banyak ruang kosong untuk mengetik. Misalnya saja, jika anda ingin membuat sebuah bab baru pada dokumen tersebut. Atau, mungkin anda ingin membuat tabel pada halaman yang terpisah agar lebih rapih.

Jadi, kebutuhan akan halaman kosong yang baru pada dokumen Microsoft Word bisa saja karena berbagai faktor. Untuk menambahkan halaman kosong saat pengetikan belum mencapai batas akhir halaman, biasanya pengguna akan menekan Enter terus menerus. Cara ini tentu saja kurang efektif karena anda harus menekan Enter berkali-kali. Selain itu, jika anda melanjutkan pengetikan pada halaman sebelumnya, maka ketikan di halaman baru juga akan bergeser.

Bagaimana Cara Membuat Halaman Kosong Baru di Microsoft Word?

Cara untuk membuat halaman kosong baru di Microsoft Word sebenarnya sangat mudah. Anda tidak perlu memaksakan untuk mengetik sampai halaman sebelumnya mencapai batas akhir agar halaman baru terbentuk secara otomatis. Anda juga tidak perlu menekan tombol Enter berkali-kali hingga muncul halaman baru. Anda cukup melakukan salah satu cara praktis berikut ini.

1. Menggunakan Pintasan Keyboard

Cara membuat halaman kosong baru di Microsoft Word yang pertama dan paling mudah adalah dengan menggunakan pintasan Keyboard. Cara ini bisa dikatakan paling praktis dan sangat cepat karena bisa selesai dengan satu langkah saja.

Baca Juga : Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape di Satu Dokumen Word

Untuk menyisipkan halaman kosong yang baru di Microsoft Word meskipun masih banyak ruang kosong pada halaman sebelumnya, maka anda cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Enter di Keyboard.

Jadi, alih-alih menekan tombol Enter berkali-kali, anda cukup menekan tombol kombinasi ini sekali saja. Setelah itu akan terbentuk sebuah halaman kosong yang baru di Microsoft Word dan anda bisa melanjutkan ketikan di halaman baru tersebut.

2. Menggunakan Tombol Page Blank

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk membuat halaman kosong yang baru di Microsoft Word adalah dengan menggunakan salah satu tombol di menu ribbon, yaitu page blank. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan kursor sudah berada pada akhir ketikan anda.
  2. Setelah itu, pada Microsoft Word, silahkan klik menu Insert.
  3. Selanjutnya, klik Page Blank untuk membuat halaman kosong yang baru.

menyisipkan halaman kosong di Microsoft Word

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka akan terbentuk sebuah halaman kosong yang baru. Setiap kali anda klik tombol page blank, maka akan terbentuk satu halaman kosong yang baru.

3. Menggunakan Tombol Page Break

Cara ketiga yang bisa anda lakukan masih menggunakan tombol yang ada di menu insert, yaitu page break. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan bahwa kursor sudah berada pada bagian akhir ketikan anda.
  2. Setelah itu, klik menu Insert pada halaman Microsoft Word anda.
  3. Kemudian, klik tombol Page Break untuk membuat halaman baru.

menambah halaman kosong baru di Word

Setelah itu, maka sebuah halaman kosong yang baru akan terbentuk pada dokumen Word yang sedang anda kerjakan.

4. Melalui Kotak Dialog Break

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menambahkan halaman baru di Microsoft Word adalah melalui kotak dialog break. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan kursor sudah berada di akhir ketikan anda.
  2. Setelah itu, pada Microsoft Word silahkan tekan kombinasi tombol Alt + I lalu tekan tombol B di Keyboard.
  3. Pada kotak dialog Break yang muncul, pilih opsi Page break kemudian klik Ok.
Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Office Ori atau Tidak yang 100% Akurat

menyisipkan halaman baru di Word

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka pada dokumen Word yang sedang anda kerjakan akan muncul sebuah halaman kosong yang baru. Dengan demikian anda sudah bisa melanjutkan ketikan pada halaman baru tersebut.

Penutup

Demikian beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menyisipkan atau membuat halaman kosong baru di Microsoft Word. Silahkan lakukan salah satu cara di atas jika anda ingin berpindah ke halaman baru tetapi pada halaman sebelumnya masih banyak ruang kosong. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi menekan tombol Enter berkali-kali hanya untuk membuat halaman kosong yang baru.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda