Cara Mematikan Windows Update pada Windows 11 Permanen

0
834

cara mematikan Windows Update pada Windows 11 secara permanen

Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna Windows 11 adalah update otomatis yang sering terjadi tiba-tiba. Bahkan tidak jarang proses update tiba-tiba saja terjadi saat Laptop dihidupkan yang membuat booting Windows menjadi sangat lama.

Bagian menjengkelkannya bukan hanya itu saja, dalam proses update tentu saja Laptop mendownload file-file update Windows. Karena prosesnya berlangsung otomatis, maka pengguna tidak menyadari hal tersebut. Padahal, proses download yang terjadi pada latar belakang akan menggunakan internet dan sumber daya Laptop, akibatnya Laptop menjadi lebih lemot saat sedang proses download.

Tidak hanya itu saja, jika proses download update terjadi saat anda sedang menggunakan jaringan hotspot dari Smartphone, maka itu akan menghabiskan kuota seluler anda. Jadi, tidak heran jika banyak pengguna Windows 11 yang ingin mematikan Windows Update. Ada beragam cara yang bisa dicoba, namun anda harus melakukan cara yang membuat Windows Update mati secara permanen, dan ujung-ujungya Update otomatis terjadi lagi.

Cara Mematikan Windows Update pada Windows 11 Secara Permanen

Untuk mematikan Windows Update secara permanen sebenarnya sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Perlu diketahui bahwa sebenarnya yang perlu anda matikan adalah Update otomatis pada Windows 11.

Jika fitur update otomatis sudah anda nonaktifkan, maka Laptop Windows 11 anda tidak akan lagi melakukan update jika tidak anda perbaharui secara manual. Dengan kata lain jika anda sedang memiliki waktu luang, maka anda tetap bisa mengupdate Windows 11 secara manual. Karena bagaimanapun juga Windows 11 harus tetap diupdate agar mendapat perbaikan bug, penambahan fitur, dan memperbaharui antivirus Windows Security.

Untuk mematikan fitur update otomatis pada Laptop Windows 11, silahkan anda ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, buka program Run dengan menekan Windows + R di Keyboard Laptop.
  2. Pada jendela Run yang terbuka, ketikkan gpedit.msc, lalu klik Ok.
    Membuka GPEdit untuk mematikan Windows Update
  3. Setelah terbuka Local Group Policy Editor, buka Administrative Templates yang ada di dalam Computer Configuration.
  4. Setelah itu silahkan anda buka Windows Components.
    Membuka Windows Components pada GPEdit
  5. Setelah Windows Components terbuka, silahkan buka Windows Update.
    Membuka Windows Update pada GPEdit
  6. Selanjutnya, silahkan buka Manage end user experience.
    Membuka pengaturan Update
  7. Setelah itu, klik kanan pada Configure Automatic Updates, lalu klik Edit.
    Mengatur Update otomatis melalui GPEdit
  8. Setelah terbuka jendela Configure Automatic Updates, klik opsi Enabled.
  9. Kemudian pada bagian Options yang ada di bawah, ubah menjadi Notify for download and auto install.
  10. Setelah mengubahnya, klik Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.
    Mematikan Update otomatis pada Windows 11 melalui GPEdit
  11. Selanjutnya, anda sudah bisa menutup jendela Local Group Policy Editor.
  12. Sekarang Laptop Windows 11 anda tidak akan lagi mendownload Update secara otomatis.
  13. Jika nantinya ada update yang tersedia, akan muncul notifikasi popup Updates are available, abaikan dan tutup saja popup tersebut.
    Mengabaikan jika ada notifikasi untuk Update
Baca Juga : Cara Install Software Lenovo Vantage di Laptop Windows 10

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang update otomatis di Laptop Windows 11 anda sudah berhasil dimatikan.

Solusi Jika Muncul Error “Windows Cannot find gpedit.msc”

Jika anda menggunakan Windows 11 Home dan mencoba cara di atas, maka akan muncul error “Windows cannot find gpedit.msc”. Hal ini terjadi karena pada Windows 11 Home memang tidak ada fitur GPEdit.

Solusinya, anda harus mengaktifkan fitur GPedit terlebih dahulu pada Windows 11 Home yang digunakan. Jika anda sudah mengaktifkannya, maka silahkan coba kembali lakukan cara di atas.

Bagaimana Cara Update Windows 11 Secara Manual

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Windows 11 yang terinstall di Laptop sangat penting untuk diupdate agar bisa medapatkan fitur baru, memperbaiki bug, dan memperbaharui antivirus Windows Security.

Karena fitur update otomatis sudah dimatikan, maka Laptop anda tidak akan melakukan update jika tidak anda lakukan secara manual.

Untuk mengaupdate secara manual, silahkan Buka Settings pada Laptop Windows 11 anda, kemudian klik Windows Update. Selanjutnya, anda cukup klik Check for Update atau Download Now.

Setelah itu, Laptop anda akan mendownload semua update Windows 11 yang tersedia kemudian menginstallnya.

Penutup

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara mematikan Windows Update pada Windows 11 secara permanen. Jadi, jika anda tidak ingin Laptop Windows 11 anda melakukan update secara otomatis, maka silahkan lakukan cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda