Alasan Kenapa Harus Memilih Cloud Server saat Membuat Website

0
7

kenapa memilih cloud server dibanding VPS biasa dan Shared Hosting

Saat anda ingin membuat sebuah website yang bisa diakses secara online, maka tentu anda memerlukan hosting dan domain. Namun, sebenarnya ada teknologi yang lebih powerfull untuk membangun website, yaitu VPS. Teknologi ini memiliki kemampuan untuk membuat website anda menjadi lebih cepat, dan bisa melayani user online yang lebih banyak dibanding shared hosting biasa.

Tidak sampai disitu saja, jika VPS sudah mampu membuat performa website anda menjadi lebih baik, maka ada teknologi yang lebih canggih lagi. Teknologi terbaru tersebut adalah Cloud Server atau sering juga disebut Cloud VPS.

Sebenarnya cara kerja VPS dan Cloud Server hampir sama saja, namun ada beberapa perbedaan yang membuat Cloud Server menjadi lebih baik. Artinya, jika anda menggunakan Cloud Server, maka performa website yang anda buat akan lebih baik dibanding ketika menggunakan VPS biasa ataupun shared hosting. Agar anda lebih memahaminya, maka akan dibahas fitur Cloud Server beserta alasan kenapa harus memilih jenis server ini.

Alasan Kenapa Memilih Cloud Server dibanding VPS Biasa

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda ingin membangung website, maka anda bisa menggunakan Shared Hosting. Atau, jika website anda sudah besar dan harus menampung lebih banyak pengunjung, maka silahkan menggunakan VPS agar performa website bisa lebih cepat.

Namun, jika anda ingin performa website yang dibuat menjadi lebih baik lagi, maka silahkan menggunakan Cloud Server atau Cloud VPS. Teknologi ini akan membuat performa website anda menjadi lebih baik dibanding jika menggunakan VPS tradisional ataupun shared hosting.

Apa Itu Cloud Server?

Teknologi Cloud Server atau Cloud VPS berbeda dengan teknologi VPS yang biasa maupun shared hosting. Teknologi Cloud Server memungkinkan beberapa server dijadikan satu sebagai storage serta CPU virtual. Dengan kata lain, teknologi Cloud Server ini tidak memiliki batasan spesifikasi dan anda dapat dengan mudah meningkatkan storage (Disk), memory (RAM), dan processor (CPU) saat dibutuhkan.

Baca Juga :
12 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Domain Website

Hal ini tentu saja berbeda dengan VPS biasa yang memiliki batasan storage, memory, dan processor. Pada paket VPS tradisional yang disediakan juga sudah ditentukan kapasitas penyimpanan, RAM, dan CPU yang bisa dipilih. Bahkan, setelah anda membeli paket VPS tradisional tersebut, anda tidak akan bisa meningkatkan storage, RAM, dan CPU melainkan harus membeli paket yang lebih tinggi.

Saat anda membeli paket yang lebih tinggi, maka CPU, RAM, dan Storage akan ditambah semua, sekalipun sebenarnya anda cuma ingin menambah RAM atau CPU saja. Hal ini tentu saja membuat harganya lebih mahal karena harus membayar resource lain yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan.

Sementara untuk Cloud VPS, anda bisa bebas menentukan berapa kapasitas penyimpanan, RAM, dan CPU yang diinginkan secara terpisah. Bahkan, setelah anda sudah membangun website dengan Cloud Server dan tiba tiba ingin menambah RAM, CPU, atau penyimpanan, maka ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan terpisah.

Jika anda ingin meningkatkan performa CPU, maka anda bisa menambah CPU saja. Atau jika ingin menambah RAM, maka cukup tambah RAM saja. Begitu juga jika anda merasa bahwa penyimpanan kurang, maka cukup tambah kapasitas storage saja. Dengan begitu, maka harganya akan lebih hemat karena tidak perlu menambah resource lain yang belum dibutuhkan.

Keunggulan Cloud Server dibanding VPS Tradisional

Selain fleksibilitas dalam menentukan resource tersebut, masih ada beberapa keunggulan lain yang dimiliki oleh Cloud Server. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Cloud Server yang bisa anda jadikan alasan kenapa harus memilih layanan server ini.

  • Fleksibilitas hampir tanpa batas untuk menentukan ukuran sumber daya seperti storage, RAM, dan CPU yang ingin digunakan.
  • Memungkinkan untuk upgrade sumber daya dalam sekejap, kadang-kadang bahkan tanpa memerlukan proses reboot.
  • Secara signifikan memiliki redundansi yang lebih baik.
  • Penyimpanan yang menggunakan SSD berkecepatan tinggi.
  • Kendali penuh atas server anda.
Baca Juga :
Cara Menyimpan Halaman Web di Chrome Untuk Dibaca Offline

Dengan adanya beberapa keunggulan tersebut, maka seharusnya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih menggunakan Cloud Server dibanding VPS tradisional ataupun shared hosting. Soal harga, meskipun Cloud Server lebih unggul dibanding VPS tradisional, namun harganya tidak berbeda jauh.

Anda bisa mendapatkan layanan Cloud VPS murah seperti yang disediakan oleh Domainesia jika anda sudah memutuskan untuk menggunakan Cloud Server.

Namun, perlu dipahami bahwa sama seperti VPS biasa, anda juga harus memiliki kemampuan untuk mengelolah server linux saat ingin menggunakan Cloud Server. Hal ini karena penggunaan Cloud Server berbeda dengan shared hosting.

Pada Cloud Server, anda harus mengatur dan mengelolah sendiri server yang digunakan, mulai dari memilih sistem operasi, menginstall webserver, dan menginstall aplikasi lainnya yang dibutuhkan. Hingga anda harus mengatur sendiri keamanan website anda agar tidak mudah untuk dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, saat anda memutuskan untuk menggunakan Cloud Server, maka pekerjaan anda tidak hanya mengupload file dan database ke hosting, namun juga harus mengelolah server dari awal hingga siap digunakan dengan aman.

Penutup

Itulah penjelasan singkat tentang Cloud Server atau Cloud VPS serta keunggulannya yang menjadi alasan kenapa anda harus menggunakan layanan server ini. Jadi, jika anda ingin membangun website dengan performa terbaik, maka silahkan gunakan Cloud Server. Namun, tentu saja anda juga harus memahami pengelolaan server linux agar bisa membangun server sendiri dari awal.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda