Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat

2958

Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat – Apakah anda pengguna Smartphone Infinix Note 4?. Jika ya, maka anda pasti sudah menerima pemberitahuan untuk melakukan Upgrade ke versi Android 8.1 (Oreo). Bahkan ada juga yang sudah melakukan Upgrade ke versi baru Android tersebut. Namun tentu saja setiap Upgrade OS pasti terdapat perubahan besar yang terjadi.

Pembaharuan OS Android yang dilakukan pada Infinix Note 4 dari Android Nougat menjadi Android Oreo tentu saja memiliki sejumlah perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut sebenarnya bertujuan untuk memberikan pengalaman atau kepuasan baru kepada pengguna. Namun, tidak jarang perubahan yang terjadi setelah upgrade ke Android Oreo tersebut justru membuat pengguna tidak suka, tidak puas, dan tidak nyaman.

Jika anda mengalami masalah tersebut, dimana anda merasa tidak puas setelah melakukan Upgrade karena mungkin ada bebera fitur atau aplikasi yang ada pada versi Android sebelumnya (Nougat) dan tidak terdapat pada versi Android Oreo, atau mungkin terdapat beberapa bug pada versi Android Oreo yang mengganggu. Pada kasus ini anda bisa kembali ke versi Android Nougat dengan melakukan Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat atau menunggu pembaharuan selanjutnya dengan harapan terdapat perbaikan bug dan kembalinya fitur unggulan anda.

Cara Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat

Jika anda hendak kembali menggunakan versi Android Nougat pada Smartphone Infinix Note 4, maka anda bisa melakukan Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat. Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat dilakukan dengan cara melakukan flashing Stock Rom versi Android Nougat Infinix Note 4. Bagaimana cara melakukannya? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Pastikan ada sebuah PC/Laptop yang bisa digunakan untuk flashing Android dan sebuah kabel USB untuk menyambungkan Smartphone ke PC/Laptop. Selain itu anda juga perlu menyiapkan file Infinix Flashtool dan Stockrom Android Nougat IN4. Jika anda belum memilikinya, silahkan download Infinix Flashtool disini, dan download Stockrom Android Nougat IN4 disini (X572-H5312A-N-170618V90) atau disini (X572-H5312CE-N-170719V61). Sebagai catatan, download Stockrom yang sesuai dengan type HP IN4 anda, untuk mengetahui typenya, silahkan lihat di about phone.

Langkah 2

Jika anda sudah memiliki kedua file tersebut, silahkan Ekstrak keduanya.

Langkah 3

Buka folder Infinix Flashtool dan jalankan file flash_tool.exe.

Langkah 4

Pada jendela Infinix Flashtool, silahkan klik Brower.

Langkah 5

Pada jendela yang muncul, silahkan cari file scatter (Map File). Anda bisa mencarinya pada folder Stockrom yang anda download tadi. Silahkan klik file scatter tersebut kemudian klik Open.

Langkah 6

Infinix Flashtool akan meload semua file flashing Android Nougat Infinix Note 4 anda.

Langkah 7

Setelah selesai, silahkan klik Start pada jendela Infinix Flashtool. Setelah itu matikan Smartphone IN4 anda kemudian hubungkan ke Laptop menggunakan kabel USB.

Langkah 8

Proses flashing akan berlangsung. Tunggu sampai proses tersebut selesai.

Langkah 9

Setelah selesai dan muncul tanda ceklis pada jendela Infinix Flashtool, silahkan tutup aplikasi tersebut dan cabut sambungan USB Smartphone IN4 ke Laptop. Sampai disini anda sudah selesai melakukan flashing atau anda sudah selesai melakukan Downgrade dari Android Oreo ke Android Nougat pada Infinix Note 4.

Masalah yang Mungkin Terjadi!

Pada saat anda melakukan proses flashing untuk Downgrade dari Android Oreo ke Android Nougat mungkin saja timbul beberapa masalah. Berikut masalah-masalah yang sering muncul dan cara mengatasinya.

  • Pada saat menghubungkan Smartphone ke PC/Laptop, proses flashing tidak berjalan tetapi Smartphone malah mengisi baterai. Masalah ini terjadi karena pada PC/Laptop yang anda gunakan belum terinstall Driver Mediatek. Oleh karena itu, silahkan install Driver Mediatek terlebih dahulu. Jika anda telah menginstall driver Mediatek tetapi proses flashing belum juga berlangsung, silahkan tekan terus tombol Vol Down saat menghubungkan Smartphone ke PC/Laptop dan lepaskan saat proses flashing sudah berjalan.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah, pada saat proses flashing berlangsung, jangan pernah menghentikannya ditengah jalan. Misalnya anda memutuskan sambungan USB dari Smartphone ke PC/Laptop, atau PC/Laptop anda tiba-tiba mati. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan berupa Bootloop bahkan sampai Hardbrick.

Itulah cara Downgrade Infinix Note 4 ke Android Nougat. Hal ini bisa dilakukan jika anda tidak suka dengan versi Android Oreo dan ingin kembali menggunakan Android Nougat. Cara ini juga bisa digunakan pada seri Infinix lainnya, atau pada jenis Smartphone Android lainnya selama masih menggunakan chipset Mediatek. Namun, yang perlu diperhatikan jika anda menggunakan cara ini pada jenis Smartphone selain Infinix Note 4 adalah, jangan gunakan Stockrom yang disediakan pada artikel ini. Silahkan cari Stockrom yang sesuai dengan Smartphone Android anda. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada Smartphone kesayangan anda.

ARTIKEL TERKAIT

42 KOMENTAR

  1. Min permisi kan build number ane yg versi orea nya x572-H5312E-0-ID-SKD-180531V76,nah ane harus download versi nought nya yg mana?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here