Cara Menambahkan Nomor Halaman pada Dokumen Word

0
2545

Cara menambahkan nomor halaman pada dokumen Microsoft Word

Saat sedang mengetik dokumen di Microsoft Word, maka biasanya harus menambahkan nomor halaman. Nomor halaman merupakan salah satu bagian penting dari sebuah dokumen, baik itu pada makalah, buku, skripsi, dan lainnya.

Keberadaan nomor halaman atau page number pada dokumen akan memudahkan jika ingin langsung menuju pada lembar tertentu dalam dokumen. Dengan adanya nomor halaman, maka pembaca akan dengan mudah menemukan tulisan yang sedang dicari dalam sebuah naskah dokumen.

Menambahkan nomor halaman atau page number pada dokumen yang sedang diketik bukanlah hal yang sulit. Terutama jika anda menggunakan Microsoft Word yang memiliki segudang fitur, salah satunya page number. Anda bisa dengan mudah menambahkan nomor halaman, bahkan anda juga bisa membuat penomoran halaman yang berbeda di Word. Jadi, sangat mudah untuk mengatur penomoran halaman hingga mengatur jenis dan letak nomor halaman pada dokumen.

Cara Menambahkan Nomor Halaman pada Microsoft Word

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa dengan mudah menambahkan nomor halaman atau page number pada dokumen Microsoft Word. Anda bisa menambahkan nomor halaman berupa angka romawi ataupun angka biasa. Anda juga bisa mengatur letak nomor halaman tersebut pada dokumen, entah itu di bagian atas kanan, bawah tengah, bawah kanan, dan lainnya.

Jadi, jika anda sudah mengetik dokumen dan tinggal menambahkan nomor halaman, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur page number di Word.

Langkah pertama adalah silahkan buka file Word yang ingin diberi nomor halaman. Selanjutnya, silahkan klik menu Insert  kemudian klik Page Number untuk menambahkan nomor halaman.

Setelah itu, anda cukup memilih dimana ingin meletakkan nomor halaman tersebut pada dokumen. Jika anda ingin nomor halaman terletak pada bagian atas dokumen, maka silahkan klik Top of Page. Tapi, jika anda ingin nomor halaman terletak di bagian bawah dokumen, maka silahkan klik Bottom of Page.

Baca Juga :
Cara Install Microsoft Visio 2019 di Komputer Windows

Setelah memilih nomor halaman berada di atas atau bawah, anda juga harus memilih apakah nomor halaman ingin terletak di bagian kiri, tengah, atau kanan dokumen. Jika anda sudah memilih salah satu posisi tersebut, maka nomor halaman akan muncul pada dokumen Word anda.

Memberi nomor halaman pada file Word

Dengan demikian, anda sudah berhasil menambahkan nomor halaman atau page number pada dokumen Microsoft Word.

Mengubah Format Nomor Halaman di Word

Setelah menambahkan page number pada dokumen Word, bisa saja format nomor halaman tidak sesuai dengan yang anda inginkan. Misalnya saja, anda menginginkan nomor halaman berupa angka romawi, tetapi yang muncul adalah angka biasa.

Jika anda mengalami masalah ini, maka tidak usah khawatir karena format nomor halaman tersebut bisa diubah. Anda juga bisa mengatur agar nomor halaman tersebut mulai dari angka berapa.

Untuk mengubah format penomoran pada dokumen Word, silahkan klik kembali menu Insert > Page Number > Format Page Numbers. Setelah jendela Page Number Format terbuka, silahkan atur format nomor halaman sesuai keinginan anda.

Mengatur format halaman di Word

Jika anda ingin mengubah jenis nomor halaman, maka silahkan ubah pada bagian Number format. Anda bisa menggantinya dan menggunakan format angka romawi atau yang lainnya.

Jika ingin menyertakan nomor bab pada nomor halaman, maka silahkan centang pada bagian Include chapter number. Kemudian, pada bagian Page numbering anda bisa memilih Continues from previous section jika ingin melanjutkan halaman sebelumnya, atau Start at lalu isi kolom yang tersedia jika ingin memulai nomor halaman dari angka tertentu.

Jika semua sudah anda atur sesuai keinginan, maka silahkan klik Ok untuk menyimpan perubahan tersebut.

Mengatur jenis halaman dan mulai dari nomor berapa

Setelah itu, maka nomor halaman dokumen Word anda akan berubah menjadi seperti yang sudah diatur.

Baca Juga :
Cara Download Visio 2016 Gratis dari Server Microsoft

Menghilangkan Nomor Halaman di Word

Jika anda ingin menghilangkan nomor halaman, maka hal ini juga bisa dilakukan di Microsoft Word. Untuk Menghapus nomor halaman atau page namber, silahkan klik menu Insert > Page Number > Remove Page Numbers.

Menghilangkan nomor halaman

Setelah itu, nomor halaman pada dokumen Microsoft Word anda akan terhapus semua. Kecuali jika anda menggunakan beberapa section, maka anda harus melakukan langkah yang sama pada setiap section.

Penutup

Demikian cara mudah untuk membuat nomor halaman atau page number pada dokumen Microsoft Word. Selain nomor halaman, anda juga perlu menambahkan daftar isi yang menampilkan poin-poin pentin dari dokumen tersebut beserta nomor halamannya.

Dengan demikian, atribut dokumen yang sedang anda ketik akan menjadi lebih lengkap sehingga lebih mudah saat pembaca ingin mencari pembahasan tertentu, atau ketika anda ingin mengedit halaman tertentu. Sebagai informasi tambahan, anda bisa melakukan cara ini pada Microsoft Word 2019, Word 2016, dan Word 2013. Bisa juga pada Word 2007 dan 2010, tapi tampilannya akan berbeda.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda