Cara Menghapus Riwayat Tontonan Video di Watch Facebook

|Diupdate 16 Juni 2020
0
908

cara menghapus riwayat video di facebook

Melihat dan menonton Video di jejaring sosial Facebook memang sudah lazim saat ini. Anda dapat menonton video yang berisi informasi maupun hanya sekedar hiburan. Tapi, layaknya seperti sebuah mesin pencari, Facebook kini juga sudah menyimpan semua riwayat video yang sudah anda tonton. Jika anda tidak nyaman dengan hal ini, maka cara ini dapat digunakan untuk menghapus riwayat video yang sudah ditonton di watch Facebook.

Riwayat video facebook memang memiliki manfaat, salah satunya adalah memungkinkan anda untuk melihat kembali video yang sudah pernah ditonton. Tapi, beberapa pengguna FB juga tidak nyaman dengan keberadaan informasi tersebut.

Ada beberapa alasan yang membuat pengguna tidak nyaman dengan keberadaan riwayat video di FB. Misalnya saja karena video tersebut memalukan sehingga tidak ingin jika riwayat video tersebut tersimpan pada akun FB anda. Atau, riwayat video FB tersebut membuat aplikasi Facebook di Gadget menjadi semakin berat. Atau alasan apapun yang membuat anda ingin menghapus riwayat video di Watch Facebook yang dapat anda lakukan menggunakan cara berikut. (Baca juga: Cara mematikan Autoplay Video pada Aplikasi Facebook)

Cara Menghapus Riwayat Video di Facebook

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda dapat menghapus riwayat video yang sudah ditonton di Watch Facebook jika merasa tidak nyaman. Anda dapat menghapus riwayat video tersebut melalui Facebook Web maupun aplikasi Facebook Android.

1. Membersihkan Riwayat Video Watch FB Melalui Facebook Web

Jika anda mengakses akun FB menggunakan Facebook Web, maka silahkan gunakan cara yang pertama ini untuk menghapus riwayat tontonan video. Untuk melakukanya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka akun Facebook anda di browser, kemudian pada bagian navigasi silahkan klik more (icon baris tiga). Lalu, pada opsi yang muncul silahkan klik Log Aktivitas untuk menampilkan semua riwayat aktivitas akun FB anda.

Cara membuka log aktivitas di fb Web

Selanjutnya, pada halaman Log Aktivitas yang muncul silahkan klik Lainnya pada bagian Filter. Maka akan muncul lebih banyak opsi yang dapat dipilih sebagai filter, silahkan cari dan klik opsi Video yang Anda Tonton.

Setelah itu akan ditampilkan daftar video yang sudah anda tonton di Facebook. Untuk menghapus video dari daftar riwayat tersebut, silahkan klik edit (icon block) disebelah kanan masing-masing video, kemudian klik Hapus. Atau, jika anda ingin membersihkan semua riwayat video tersebut, silahkan klik Bersihkan Riwayat Tontonan Video.
Cara membersihkan riwayat video di Watch Facebook

Jika sudah selesai, maka video yang anda hapus akan hilang dari riwayat tontonan Watch FB anda.

2. Membersihkan Riwayat Video Watch FB Melalui Aplikasi Facebook Android

Jika anda menggunakan aplikasi Facebook di Android untuk mengakses akun FB, maka silahkan gunakan cara kedua ini. Cara kedua ini juga sangat mudah dilakukan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka aplikasi Facebook di Smartphone Android yang anda gunakan. Kemudian, pada halaman aplikasi tersebut silahkan ketuk menu. Pada daftar menu yang muncul silahkan ketuk Pengaturan & Privasi, lalu ketuk menu Pengaturan. Pada halaman Pengaturan, silahkan scroll ke bawah dan cari dan ketuk bagian pengaturan Log Aktivitas.

Melihat log Aktivitas aplikasi Facebook Android

Pada halaman Log Aktivitas, silahkan ketuk Filter dan pilih Kategori untuk memilih apa saja yang ditampilkan pada halaman tersebut. Selanjutnya, silahkan ketuk Tindakan dan Aktivitas Lain yang DIcatat. Kemudian, silahkan ketuk opsi Video yang Anda Tonton untuk menampilkan daftar video yang sudah pernah ditonton.

Cara menampilkan log video Facebook

Jika daftar video sudah muncul, silahkan ketuk more (icon titik tiga) yang terdapat di sebelah kanan masing-masing vidio. Kemudian ketuk Hapus untuk menghapus video tersebut dari riwayat.

Cara menghapus riwayat video Facebook yang sudah ditonton

Setelah itu, maka video yang sudah anda hapus tidak akan muncul lagi pada daftar video yang sudah ditonton.

Itulah cara mudah untuk menghapus dan membersihkan riwayat video yang sudah ditonton di Watch Facebook. Silahkan gunakan cara ini jika merasa tidak nyaman dengan keberadaat riwayat tontonan video tersebut. Jika anda ingin membersihkan semua riwayat video sekaligus, maka silahkan gunakan Facebook Web seperti pada cara yang pertama.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda