Cara Membuat Cover Buku Secara Online dan Gratis

0
50

Cara membuat cover buku secara online dan gratis

Cover atau sampul buku merupakan bagian yang sangat penting karena yang pertama terlihat dari buku tersebut. Oleh karena itu, anda perlu membuat sampul buku yang menarik agar pembaca tertarik untuk melihat isinya. Untuk membuat cover buku ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya saja menggunakan tool online.

Biasanya untuk membuat sampul buku, maka diperlukan sebuah software seperti Adobe Photoshop, Inkscape, Corel Draw, atau minimal Microsoft Word. Namun bagaimana jika anda tidak memiliki semua software tersebut karena belum menginstallnya.

Sebenarnya anda tetap bisa membuat cover atau sampul buku yang menarik tanpa harus menggunakan software desain di Laptop atau Komputer. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan tool design yang bisa diakses secara online sehingga sangat memudahkan anda untuk membuat desain dimanapun. Namun, karena dilakukan secara online, maka tentu saja anda harus memiliki koneksi internet yang stabil agar bisa digunakan untuk membuat cover buku.

Membuat Sampul Buku yang Menarik Secara Online

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa dengan mudah membuat cover buku yang menarik tanpa software di Laptop. Anda hanya perlu menggunkan situs website yang menyediakan tool-tool desain yang lengkap. Keberadaan tool-tool online tersebut tentu saja akan sangat memudahkan anda untuk membuat desain di Komputer manapun.

Ada banyak situs yang bisa digunakan untuk membuat desain, salah satunya adalah Fotor. Situs tersebut bisa digunakan untuk membuat beraneka ragam jenis desain seperti thumbnail YouTube, postingan instagram, logo, dan lainnya termasuk cover buku.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara membuat cover buku sendiri dari awal menggunakan Fotor. Untuk membuat cover buku menggunakan Fotor, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
Cara Mengubah PNG ke JPG dan JPG ke PNG di Windows

Pertama-tama, silahkan anda membuka situs website Fotor pada browser Laptop atau Komputer yang digunakan. Kemudian, silahkan anda membuat akun terlebih dahulu agar bisa menggunakannya dan menyimpan desain yang sudah dibuat nantinya.

Setelah membuat akun, silahkan buka halaman utama website tersebut, kemudian klik tombol Create a design untuk membuat desain baru.

buat sampul buku di Fotor

Kemudian, pada halaman selanjutnya anda akan diberikan beberapa rekomendasi desain yang sudah jadi. Untuk membuat desain baru, silahkan klik Create New Design yang ada pada panel sebelah kiri. Kemudian, silahkan anda scroll ke bawah dan klik pilihan Cover Book untuk membuat desain sampul buku.

cara membuat cover buku yang menarik secara online di Fotor

Setelah itu akan terbuka area desain yang siap untuk anda isikan apa saja. Anda bisa memasukkan elemen apa saja pada desain cover buku yang dibuat, mulai dari background, gambar, teks, dan elemen seperti shape, line, dan lainnya.

Jika anda tidak memiliki ide bagaimana membuat sampul buku dari awal, tidak perlu khawatir, cukup pilih template sampul buku yang sudah tersedia. Template tersebut sepenuhnya dapat diatur sedemikian rupa dan sesuai dengan hampir setiap genre buku.

Beberapa template dengan ikon berlian memerlukan akun Pro, tetapi template yang tidak memiliki ikon berlian sepenuhnya gratis. Anda bisa melihat daftar template yang tersedia dengan mengklik menu Templates.

Di bawah ini adalah beberapa contoh template cover buku dari Fotor yang bisa anda gunakan agar bisa lebih cepat dan instan dalam membuat desain sampul buku yang diinginkan.

Namun, jika anda merasa tidak ada template yang sesuai keinginan, maka anda bisa dengan mudah membuat sendiri desain yang menarik.

Untuk memulai membuat desain anda sendiri, silahkan tambahkan background terlebih dahulu. Untuk menambahkan background, silahkan anda klik menu Background yang ada di sebelah kiri. Setelah itu, silahkan pilih background yang ingin ditambahkan ke desain sampul buku anda. Perlu diketahui bahwa beberapa background hanya bisa digunakan pada akun versi Pro.

Baca Juga :
Cara Download dan Install Software Inkscape di Windows

cara membuat cover buku yang menarik secara online di Fotor

Setelah menambahkan background, selanjutnya anda bisa menambahkan gambar ke desain cover buku yang dibuat. Anda bisa klik menu Image untuk memilih gambar yang diinginkan.

Jika anda memiliki gambar sendiri di penyimpanan Laptop atau Komputer, anda juga bisa menguploadnya agar bisa digunakan. Silahkan anda klik menu Upload yang ada di sebelah kiri. Setelah itu, klik tombol Upload kemudian pilih gambar yang ingin diupload. Anda bisa mengupload gambar hingga 50MB pada akun gratisan.

Setelah gambar diupload, maka silahkan klik gambar tersebut untuk menambahkannya ke desain cover buku. Setelah itu, anda bisa mengubah ukuran, tata letak, transparansi, rotasi dan lainnya.

buat sampul buku di Fotor

Selanjutnya, silahkan anda tambahkan tulisan berupa judul buku dan nama pengarang buku tersebut. Untuk menambahkan tulisan, silahkan klik menu Text yang ada di sebelah kiri. Kemudian, anda bisa menggunakan format tulisan yang sudah ada ataupun menambahkan tulisan standar dengan mengklik Add heading atau yang lainnya.

cara membuat cover buku yang menarik secara online di Fotor

Setelah tulisan ditambahkan, silahkan ubah isi tulisan tersebut sesuai keinginan. Serta, tambahkan tulisan lain atau anda juga bisa duplikat tulisan yang sudah ada.

Agar judul lebih jelas, silahkan anda ubah ukuran tulisannya sesuai dengan ukuran font yang diinginkan.

buat sampul buku di Fotor

Selanjutnya, anda juga bisa menambahkan elemen tambahan agar lebih menarik, seperti shape, line, image shape, dan lainnya. Silahkan klik menu Elements untuk melihat jenis elemen apa saja yang tersedia. Setelah itu, silahkan klik jenis elemen apa yang ingin ditambahkan, misalnya Lines.

cara membuat cover buku yang menarik secara online di Fotor

Kemudian, klik jenis elemen yang ingin anda tambahkan ke desain cover buku yang dibuat. Kalau sudah ditambahkan, anda cukup mengatur tata letak dan ukuran elemen tambahan tersebut.

buat sampul buku di Fotor

Sebagai sentuhan akhir, silahkan anda mengubah warna tulisan, mengganti jenis font ataupun menambahkan elemen dan gambar lain agar lebih menarik.

Baca Juga :
Cara Menambahkan Subtitle Terpisah saat Nonton Film di Laptop

cara membuat cover buku yang menarik secara online di Fotor

Kalau desain cover book yang anda buat sudah jadi, maka silahkan klik tombol Export untuk menyimpan hasil desain tersebut ke Komputer anda. Anda dapat mengekspor gambar hasil desain dalam format JPG, PNG, dan PDF.

buat sampul buku di Fotor

Setelah di export, maka anda sudah bisa mencetak sampul buku tersebut ataupun membagikannya dengan teman-teman yang lain.

Dengan demikian, anda sudah berhasil membuat sampul buku yang menarik secara online dan gratis. Tool online dari Fotor ini sangat lengkap karena memiliki banyak template. Termasuk template cover Wattpad yang juga tersedia jika anda ingin membuat sampul Wattpad.

Penutup

Itulah cara mudah membuat sampul atau cover buku yang menarik secara online dan gratis. Jadi, sekarang anda sudah bisa membuat sampul buku sendiri meskipun tidak memiliki software editor foto di Laptop atau Komputer yang digunakan. Anda hanya perlu membuka browser kemudian mengakses situs website yang menyediakan tool desain online.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda