2 Cara Melihat (Mengetahui) Password WiFi di Laptop Windows 10

|Diupdate 4 Juli 2020
0
10349

Cara melihat password WiFi menggunakan Windows 10

Jika Laptop atau Komputer Windows 10 yang anda gunakan sedang terkoneksi ke WiFi umum atau tetangga, maka anda juga bisa menggunakan WiFi tersebut di perangkat lain. Anda dapat menggunakan jaringan WiFi tersebut meskipun memiliki password. Cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui password WiFi tersebut adalah dengan melihat melalui Laptop Windows 10 yang sudah terkoneksi.

Anda dapat melihat atau mengetahui password sebuah jaringan WiFi di Windows 10. Tapi, cara ini hanya dapat dilakukan jika sebelumnya sudah pernah atau sedang terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut.

Misalnya, jika anda online di Laptop menggunakan WiFi tetangga atau milik teman dan passwordnya dimasukkan oleh teman tersebut tanpa memberitahu anda, maka anda bisa melihat password yang sudah dimasukkan. Dengan demikian, setelah anda mengetahui password WiFi tersebut, maka kini dapat digunakan pada perangkat lain. Atau, jika anda lupa password WiFi rumah, maka dapat melihat password tersebut pada Laptop yang sebelumnya sudah pernah disambungkan.

Cara Melihat atau Mengetahui Password WiFi di Windows 10

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda dapat dengan mudah melihat dan mengetahui password WiFi menggunakan Windows 10. Jadi, jika anda ingin terkoneksi dari Smartphone atau perangkat lain ke jaringan WiFi tapi tidak tahu passwordnya, maka silahkan gunakan cara ini. Dengan catatan, Laptop Windows yang anda gunakan untuk melakukan cara ini sudah pernah tersambung ke jaringan WiFi tersebut.

Untuk melakukannya juga tidak memerlukan tool atau software khusus. Silahkan anda pilih salah satu cara berikut yang ingin digunakan.

1. Melihat Password WiFi Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melihat password WiFi pada Laptop Windows 10 adalah dengan menggunakan CMD. Sudah diketahui bersama bahwa CMD atau Command Prompt merupakan tool serba bisa bawaan Windows. Jadi, anda tidak perlu menginstallnya karena memang sudah tersedia secara default.

Untuk melihat password WiFi menggunakan Command Prompt (CMD), cara yang dapat dilakukan sangat mudah. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka CMD di Laptop Windows 10 yang anda gunakan. Caranya adalah dengan membuka Start Menu kemudian ketikkan “cmd”, lalu pada hasil pencarian yang mucul silahkan klik Command Prompt.
    Membuka Cmd
  2. Pastikan WiFi mana yang hendak anda lihat passwordnya, untuk melihat daftar WiFi maka silahkan ketikkan perintah netsh wlan show profiles kemudian tekan Enter.
    Menampilkan daftar WiFi
  3. Jika anda sudah mengetahui nama WiFi yang ingin dilihat passwordnya, silahkan ketikkan perintah netsh wlan show profiles name="Nama WiFi" key=clear kemudian tekan Enter. Pastikan untuk menuliskan Nama WiFi dalam tanda petik jika terdiri dari dua kata atau lebih.
  4. Setelah hasilnya muncul, silahkan perhatikan pada bagian Key Content yang merupakan password WiFi tersebut.
    Melihat password WiFi di Windows 10, 8.1, dan 7

Dengan demikian kini anda sudah mengetahui password WiFi tersebut menggunakan CMD. Kini anda sudah dapat terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut dari perangkat lain.

2. Melihat Password WiFi Melalui Properties

Cara kedua yang dapat anda gunakan jika hendak mengetahui password WiFi di Komputer Windows 10 adalah dengan melihatnya di Properties. Tapi, agar dapat menggunakan cara ini, maka Laptop yang digunakan harus sedang terkoneksi ke jaringan WiFi tersebut.

Cara ini juga sangat mudah dilakukan, bahkan lebih mudah dari cara yang pertama karena tidak perlu mengetikkan kode perintah. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Silahkan koneksikan Laptop atau PC Desktop ke jaringan WiFi yang hendak anda lihat passwordnya.
  2. Jika sudah tersambung, klik kanan pada icon WiFi yang terdapat pada taskbar Windows 10.
  3. Pada opsi yang muncul, silahkan klik Open Network & Internet settings untuk membuka pengaturan jaringan.
    Membuka pengaturan jaringan
  4. Pada jendela Settings, silahkan scroll ke bawah kemudian cari dan klik Network and Sharing Centre.
    Windows Settings jaringan
  5. Pada jendela Network and Sharing Centre, silahkan klik nama WiFi yang sedang tersambung, yaitu pada bagian Connections.
    Jendela Network and sharing centre
  6. Pada jendela WiFi Status, silahkan klik Wireless Properties untuk melihat detail jaringan WiFi tersebut.
    Melihat detail WiFi
  7. Pada jendela Wireless Network Properties, silahkan klik tab Security.
  8. Untuk menampilkan password WiFi tersebut, silahkan centang pada checkbox Show characters.
    Mengetahui password WiFi di WIndows

Setelah password WiFi tersebut terlihat, maka anda juga sudah dapat menggunakan jaringan WiFi tersebut dari perangkat lain.

Kelemahan Kedua Cara Diatas

Dengan menggunakna metode diatas anda bisa mengetahui password WiFi yang tersedia pada area sekitar. Tetapi terdapat sebuah kelemahan, dimana cara ini hanya akan bekerja jika WiFi tersebut sebelumnya sudah terkoneksikan pada PC Desktop atau Laptop yang digunakan.

Jadi jika anda menarget WiFi teman, silahkan gunakan cara ini pada PC Desktop atau Laptop teman. Hal ini karena dia pasti sudah mengkoneksikan WiFi tersebut ke Laptop miliknya.

Itulah cara mudah untuk melihat atau mengetahui password WiFi menggunakan Windows 10. Jadi, jika anda ingin mengetahui password WiFi yang sebelumnya sudah pernah digunakan atau lupa password WiFi di rumah, maka silahkan gunakan cara ini. Selain pada Windows 10, kedua cara diatas juga dapat dilakukan pada Windows 8.1 maupun Windows 7.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda