Ada Fitur “Freezer” di Smartphone Infinix, Apa fungsinya?

2731

Infinix merupakan salah satu Vendor Smartphone yang dibuat oleh sebuah perusahaan yaitu Infinix Mobility. Merk yang satu ini mungkin tidak terlalu dikenal ditengah masyarakat Indonesia, hal ini bisa saja disebabkan karena masih tergolong baru. Produk Infinix sendiri mulai masuk ke Indonesia sejak Juni 2015 dengan membawa seri Hot Note.

Alasan lain kenapa Vendor Smartphone satu ini belum terlalu dikenal publik adalah karena tidak dipasarkan secara offline. Di Indonesia sendiri, anda hanya bisa mendapatkan Smartphone Infinix melalui Online Store. Meskipun demikian, jangan meremehkan produk satu ini, karena dari segi kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan jauh diatas rata-rata jika dibandingkan dengan produk dengan harga yang sama.

Yang tidak kalah menariknya adalah, para pengguna Smartphone ini akan merasa dimanjakan dengan aneka fitur menarik yang tentunya hanya terdapat pada Smartphone Infinix, dan tentu saja tidak terdapat pada Merk lainnya. Fitur-fitur tersebut seperti Xcloud, Xshare, Xclub, Xhide, Freezer, dan masih banyak lagi. Namun, pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai fitur Freezer pada Smartphone infinix.

Fitur Freezer Infinix, Apa fungsinya?

Salah satu fitur keren dari Infinix dan sangat bermanfaat adalah fitur Freezer. Fitur Freezer adalah sebuah fitur yang akan membekukan aplikasi pada Smartphone Infinix tersebut. Anda mungkin sudah biasa mendengar atau sering melakukan Disable Aplication. Disable Aplication berfungsi untuk mematikan fungsi aplikasi tersebut saat tidak digunakan. Kira-kira seperti itulah cara kerja dari fitur freezer ini, namun tidak hanya itu saja karena terdapat kelebihan yang membuatnya berbeda dari fitur Disable Aplication.

Fitur Freezer ini layaknya sebuah folder yang terdapat pada homescreen, ketika anda drag suatu aplikasi kedalam folder Freezer tersebut, maka sama saja bahwa aplikasi tersebut sudah dalam keadaan disable. Jika biasanya anda hendak menggunakan aplikasi yang statusnya disable, maka anda harus mengubahnya menjadi enable terlebih dahulu. Hal ini tidak demikian pada fitur Freezer Infinix, anda dapat membukanya langsung melalui folder Freezer tanpa mengubahnya menjadi enable terlebih dahulu.

Fitur Freezer hanya tersedia untuk XOS

Jika anda pengguna Smartphone Infinix, dan ingin menggunakan fitur freezer ini maka pastikan bahwa sistem operasi yang digunakan Smartphone anda adalah XOS. Jika ternyata Smartphone anda masih menggunakan XUI, maka sangat disayangkan karena anda tidak akan bisa menggunakan fitur tersebut. Salah satu cara yang bisa anda tempuh adalah dengan melakukan Upgrade ke XOS yang pada dasarnya minimal menggunakan Android Marshmallow (6.0).

Cara menggunakan fitur Freezer

Untuk menggunakan fitur Freezer, maka silahkan pilih aplikasi mana yang akan di Freeze, kemudian drag aplikasi tersebut kedalam folder Freezer. Maka aplikasi tersebut akan dibekukan atau stausnya menjadi disable.

Jika hendak menggunakan aplikasi yang terdapat pada Freezer, cukup buka folder Freezer kemudian ketuk aplikasinya. Maka aplikasi tersebut akan langsung terbuka. Jika anda hendak mengubahnya menjadi unFreeze atau enable, maka sentuh dan tahan pada aplikasi tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa ketika anda melakukan Freeze pada aplikasi yang digunakan secara realtime, maka fungsi dari aplikasi tersebut akan terhenti. Misalkan anda melakukan Freeze pada aplikasi Sosial Media, maka anda tidak akan mendapatkan notifikasi meskipun ada pemberitahuan yang masuk dari aplikasi tersebut jika tidak membukanya.

Kelebihan fitur Freezer Infinix

Tentu saja terdapat beberapa kelebihan yang sangat membantu pengguna. Selain itu kelebihan tersebut mungkin tidak akan bisa didapatkan pada Smartphonee lain.

Disable Aplikasi lebih mudah

Jika pada Smartphone lain, ketika anda hendak mendisable suatu aplikasi Android yang terdapat pada Smartphone, maka anda harus masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan fitur Freezer, karena bentuknya seperti folder sehingga ketika ingin mendisable suatu aplikasi, anda cukup drag aplikasi tersebut ke dalam folder Freezer tersebut.

Dapat menghemat baterai Smartphone

Karena penggunaanya sangat mudah, maka tentu saja anda dapat melakukan Freezer pada aplikasi mana saja setiap saat. Agar baterai Smartphone anda menjadi lebih awet, maka silahkan Freezer aplikasi yang tidak digunakan secara real time. Misalnya anda hanya menggunaan aplikasi Word sesekali, maka silahkan Freeze aplikasi tersebut agar tidak berjalan di latar belakang dan menguras baterai dan buka ketika anda hendak menggunakannya.

Dapat menghemat Kuota internet

Jika anda melakukan Freezer pada aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, maka tentu saja penggunaan kuota internet di latar belakang tidak akan terjadi. Proses seperti update aplikasi secara otomatis, noitifikasi, dan lain sebagainya tidak akan brlangsung. Dengan demikian pemakaian kuota Internet akan lebih sedikit.

Mengurangi beban CPU, GPU, dan RAM

Ketika suatu aplikasi dalam keadaan Freezer, maka tentu saja proses latar belakang tidak akan terjadi. Hal ini karena sama saja dengan aplikasi tersebut dalam keadaan disable. Dengan demikian semakin sedikit aplikasi yang terproses maka akan mengurangi beban mesin seperi CPU, GPU, dan RAM. Sehingga kinerja Smartphone akan menjadi lebih cepat.

Itulah sekilas tentang fitur Freezer di Infinix berserta fungsinya berserta fungsinya, jika masih ada tambahan silahkan sampaikan di kolom komentar.

ARTIKEL TERKAIT

3 KOMENTAR

  1. I think that is among the so much vital info for me. And i’m
    satisfied studying your article. However should statement on some general things,
    The website style is perfect, the articles is in reality nice :
    D. Just right process, cheers

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here