Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 / 8.1

22
37075

Cara Mematikan Windows Defender untuk Sementara Waktu di Windows 10 dan 8.1

Cara Mematikan Windows Defender untuk Sementara Waktu. Windows Defender merupakan antivirus bawaan yang tersedia pada Windows 10 dan Windows 8.1. Keberadaan Windows Defender atau Windows Security ini tentu saja untuk melindungi Komputer anda dari virus maupun malware. Dengan adanya Windows Defender maka sebenarnya anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi antivirus lain. Hal ini karena Windows Defender merupakan salah satu antivirus terbaik untuk Windows yang bisa melindungi Komputer atau Laptop anda.

Untuk melindungi perangkat Komputer atau Laptop dari serangan virus maupun malware, maka Windows Defender akan memberikan perlindungan setiap saat. Hal ini karena antivirus bawaan tersebut memiliki kemampuan real-time protection yang akan melakukan pemeriksaan dan pengambilan tindakan terhadap ancaman setiap saat. Namun, ada kalanya anda perlu mematikan atau menonaktifkan Windows Defender. Misalnya saja, ketika anda hendak menginstall aplikasi atau menjalankan program yang dianggap virus oleh Windows Defender.

Ada beberapa aplikasi atau program yang akan dianggap sebagai virus atau ancaman oleh Windows Defender. Aplikasi atau software ini biasanya yang memiliki fungsi untuk melakukan crack terhadap aplikasi lain. Misalnya, produk KMS Auto yang sering digunakan untuk melakukan aktivasi Windows atau aktivasi Office. Oleh karena itu, sebelum menjalankan program tersebut di Windows 10 / 8.1, maka anda perlu mematikan atau menonaktifkan Windows Defender untuk sementara waktu. (Baca juga: Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine)

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 dan 8.1

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa Windows Defender akan menganggap program atau software tertentu sebagai ancaman yang tidak boleh anda jalankan di Windows. Misalnya saja saat anda menjalankan aplikasi atau program yang bersifat crack, biasanya Windows Defender akan menganggapnya sebagai virus atau ancaman.

Setiap kali anda menjalankan software atau program tersebut, maka akan muncul peringatan pada Windows 8.1 atau Windows 10. Seringkali juga file program atau aplikasi tersebut akan langsung terhapus secara otomatis. Artinya, anda tidak akan bisa menjalankan ataupun menginstall program atau software tersebut di Windows.

Jika anda tetap ingin menjalankan atau menginstall software tersebut, maka silahkan menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 atau Windows 8 untuk sementara waktu. Sebenarnya anda hanya perlu menonaktifkan fitur real time protection yang ada pada Windows Defender agar berhenti melakukan scan untuk sementara waktu. Jika Windows Defender sudah tidak melakukan scan lagi, maka program atau software yang hendak anda gunakan sudah bisa anda jalankan.

Baca Juga :
Apa Saja Kekurangan Windows yang Tidak Diaktivasi?

Untuk mematikan Windows Defender atau Windows Security dapat anda lakukan dengan sangat mudah. Jika anda belum tahu bagaimana cara menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 atau Windows 8.1, maka pada artikel ini tersedia beberapa cara yang bisa anda lakukan.

1. Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 8.1

Cara pertama ini bisa anda gunakan jika hendak menonaktifkan Windows Defender di Windows 8.1. Untuk mematikan fungsi scan untuk sementara waktu di Windows 8.1, maka anda harus menonaktifkan fitur real-time protection yang terdapat pada Windows Defender.

Dengan mematikan fitur perlindungan setiap saat tersebut, Komputer atau Laptop anda tidak akan melakukan scan ancaman secara terus menerus setiap saat. Bagaimana cara mematikan Windows Defender pada Windows 8.1? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, silahkan buka atau jalankan Windows Defender pada Windows 8.1. Caranya adalah silahkan klik Start kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “windows defender”. Setelah muncul hasil pencarian dari aplikasi Windows 8.1, silahkan klik Windows Defender untuk membukanya.

Membuka Windows Defender pada Windows 8.1

Selanjutnya, pada jendela utama Windows Defender yang sudah terbuka, silahkan klik tab Settings. Kemudian, untuk mematikan fungsi scan Windows Defender sementara waktu, silahkan hilangkan centang (uncheck) pada checkbox Turn on real-time protection (recommended). Setelah itu, klik Save changes untuk menyimpan perubahan tersebut.

Menonaktifkan Windows Defender pada Windows 8.1

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka anda sudah berhasil menonaktifkan fitur real-time protection atau mematikan Windows Defender pada Windows 8.1. Sekarang sudah bisa menjalankan program atau aplikasi yang ingin anda gunakan. Untuk mengaktifkannya lagi, silahkan centang kembali pada checkbox Turn on real-time protection (recomended).

2. Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Cara kedua ini bisa anda gunakan untuk mematikan Windows Defender pada Windows 10 versi 1803 ke bawah. Jika anda menggunakan Windows 10 terbaru (Windows 10 versi 1809 ke atas), maka silahkan gunakan cara ketiga di bawah. Kalau tidak tahu menggunakan Windows 10 versi berapa, maka silahkan mengecek versi Windows 10 yang terisntall di Laptop atau PC Desktop anda.

Baca Juga :
Cara Memperbaharui Windows 10 ke Versi Feature Update Terbaru

Pada Windows 10 anda juga dapat menghentikan fungsi Windows Defender dengan menonaktifkan fitur real-time protection. Bagaimana cara menonaktifkan Windows Defender pada Windows 10 versi 1803 ke bawah? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka atau menjalankan aplikasi Windows Defender Security Center. Caranya adalah klik Start kemudian lakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci “windows defender”. Kemudian pada hasil pencarian yang muncul silahkan klik Windows Defender Security Center untuk membukanya

Menjalankan Windows Defender Security Center

Selanjutnya, pada jendela Windows Defender Security Center, silahkan klik Virus & threat protection atau gambar perisai yang terdapat pada panel sebelah kiri. Setelah itu, silahkan klik Virus & threat protection settings pada panel sebelah kanan.

Mengubah Pengaturan Windows Security pada Windows 10

Untuk mematikan Windows Defender sementara waktu pada Windows 10, silahkan anda ubah toggle Real-time protection dari On menjadi Off.

Cara Menonaktifkan real time protection pada Windows 10

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Windows Defender pada Windows 10 akan menjadi nonaktif. Untuk mengaktifkan kembali, anda hanya perlu mengubah Real-time protection dari Off menjadi On.

3. Cara Menonaktifkan Windows Security di Windows 10 Terbaru

Cara ketiga ini bisa anda gunakan jika ingin mematikan Windows Defender pada Windows 10 versi 1809 atau yang lebih baru. Pada perilisan Windows 10 October 2018 Update, sangat banyak fitur baru yang tersedia. Salah satu fitur baru Windows 10 October 2018 Update adalah perubahan dari Windows Defender menjadi Windows Security.

Cara mematikan Windows Security pada Windows 10 versi 1809 atau yang lebih baru berbeda dari versi sebelumnya. Jika merasa bingung versi berapa yang anda gunakan, maka silahkan cek versi Windows 10 yang terinstall di Laptop atau PC Desktop anda. Bagaimana cara mematikan Windows Security di Windows 10 terbaru (versi 1809 ke atas)? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
Upgrade ke Windows 10 dari Windows 7 / 8.1 Gratis, Begini Caranya!

Langkah pertama adalah silahkan buka Settings Windows 10 pada Laptop atau Komputer yang anda gunakan. Selanjutnya, pada jendela Windows Settings, silahkan klik Update & Security untuk membuka pengaturan keamanan Windows 10.

Pengaturan update dan keamanan

Setelah terbuka jendela selanjutnya, silahkan klik Windows Security pada panel sebelah kiri. Kemudian pada panel sebelah kanan, silahkan klik Virus & threat protection untuk membuka Windows Security.

Mengubah virus and threat protection menjadi off

Pada jendela Windows Security, silahkan klik Manage Settings di bagian Virus & threat protection settings.

Mematikan Windows Security

Langkah terakhir untuk mematikan Windows Security adalah silahkan ubah toggle Real-time protection dari On menjadi Off.

Mematikan real time protection pada Windows 10 terbaru

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka anda sudah berhasil mematikan Windows Defender Security Center di Windows 10 terbaru. Sekarang anda sudah bisa menjalankan program atau aplikasi apapun di Windows 10 yang sebelumnya Windows Defender anggap sebagai ancaman. Jika anda hendak mengaktifkan lagi Windows Security, maka cukup mengubah kembali Real-time protection dari Off menjadi On.

Aktifkan Kembali Windows Defender!

Setelah anda mematikan Windows Defender atau Windows Security menggunakan salah satu cara di atas, maka kini Windows 10 atau Windows 8.1 sudah bisa menjalankan software atau program yang sebelumnya terblokir. Tapi, pastikan selalu mengaktifkan kembali Windows Defender atau Windows Security jika sudah selesai menjalankan program yang hendak anda gunakan.

Sangat penting untuk mengaktifkan kembali Windows Defender atau Windows Security agar Komputer atau Laptop anda memiliki perlindungan dari virus atau malware. Jika anda tidak mengaktifkannya kembali, maka kemungkinan Komputer atau Laptop Windows yang anda gunakan untuk terserang virus atau malware akan sangat besar. Cara mengaktifkan kembali Windows Defender / Windows Security sudah tersedia pada bagian akhir masing-masing cara di atas.

Itulah cara mudah mematikan atau menonaktifkan Windows Defender / Windows Security untuk sementara waktu pada Windows 8.1 dan Windows 10. Silahkan lakukan cara ini jika tidak bisa menjalankan sebuah program atau aplikasi karena Windows Defender menganggapnya sebagai ancaman. Setelah anda mematikannya, silahkan jalankan program atau aplikasi yang hendak anda gunakan.

22 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda