Cara Burning CD / DVD di Laptop Windows Tanpa Software

0
212

Cara burning CD di Laptop Windows 10 / 8 / 7 tanpa software khusus

Burning CD merupakan sebuah aktifitas untuk memasukkan file gambar, video, dokumen, dan jenis file lainnya ke dalam sebuah CD / DVD. Meskipun sekarang penggunaan CD / DVD sudah jarang, tapi beberapa keperluan masih membutuhkan CD / DVD. Jadi, jika anda ingin memasukkan file ke CD / DVD, lakukan burning di Windows menggunakan cara pada artikel ini.

Penggunaan CD / DVD untuk jaman sekarang memang tidak sebanyak jaman dahulu. Dulu, hampir semua file disimpan dalam CD / DVD untuk bisa disebarkan atau diedarkan. Misalnya, master installer software yang disimpan dalam CD / DVD. Atau, file musik atau film yang juga disimpan dalam CD / DVD agar bisa diedarkan. Namun, sekarang semuanya sudah bisa diedarkan dalam bentuk file lewat internet.

Kalaupun perlu untuk menyimpan file di penyimpanan eksternal, maka pengguna Komputer akan lebih memilih menyimpannya di Flashdisk. Namun, meskipun sudah jarang digunakan, beberapa keperluan masih membutuhkan CD / DVD. Misalnya, seorang mahasiswa yang harus mengumpulkan tugas kuliah atau skripsi kepada dosen. Jadi, jika anda butuh untuk memasukkan file ke dalam CD / DVD, maka bisa melakukan burning sendiri di Windows karena caranya sangat mudah, tidak butuh software khusus.

Cara Burning CD / DVD di Laptop Windows Tanpa Software

Seorang mahasiswa yang hendak mengumpulkan file skripsi kepada dosen dan kampus biasanya lebih memilih untuk menggunakan CD dibanding Flashdisk. Hal ini karena ukuran file tersebut tidak terlalu besar sehingga muat jika diburning ke dalam CD / DVD. Selain itu, harga CD / DVD juga jauh lebih murah dibanding Flashdisk. Dan juga, beberapa kampus memang meminta agar file skripsi dikumpul dalam bentuk CD agar mudah disimpan.

Jika anda butuh untuk mengumpulkan file dalam sebuah CD / DVD, maka tentu anda harus melakukan burning CD. Anda tidak usah khawatir jika merasa bingung bagaimana cara burning CD, karena bisa dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, anda juga tidak perlu menginstall software khusus hanya untuk memburning CD di Windows.

Baca Juga :
2 Cara Format Flashdisk dan Hardisk Tanpa Software di Windows 10,8,7

Biasanya untuk melakukan proses burning CD, maka akan direkomendasikan software khusus burning, seperti Nero Burning dan sejenisnya. Tapi, sebenarnya anda tidak butuh software khusus untuk melakukan burning file ke CD / DVD di Windows. Hal ini karena Windows sudah menyediakan fitur untuk memasukkan file ke dalam CD / DVD, baik pada Windows 7, Windows 8.1, atau Windows 10.

Jika anda ingin melakukan burning CD / DVD di Windows tanpa software, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Sebelum memasuki proses burning CD / DVD, pastikan Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan memiliki pembaca CD / DVD yang juga memiliki kemampuan untuk menulis data (DVD RW Drive). Jika Laptop atau PC Desktop anda tidak memiliki DVD-RW, maka anda bisa menggunakan DVD-RW Eksternal. Siapkan sebuah CD / DVD yang akan digunakan sebagai tempat untuk memasukkan file anda.

Silahkan masukkan CD atau DVD anda ke dalam DVD-RW yang terdapat pada Laptop / Komputer Windows yang digunakan. Setelah itu, buka File Explorer dan lihat apakah CD / DVD anda sudah terbaca atau belum.

Jika sudah terbaca di File Explorer, silahkan klik kanan pada DVD RW Drive kemudian klik Open. Atau, anda juga bisa membukanya dengan double click pada DVD RW Drive.

Membuka CD / DVD yang akan diburning

Setelah itu, pada jendela Burn a Disc silahkan anda ubah nama CD / DVD tersebut pada bagian Disc title. Anda bisa memasukkan nama apapun, misalnya Skripsi_NIM, atau yang lainnya. Nama ini nantinya akan muncul pada daftar partisi di File Explorer.

Setelah memasukkan nama disk yang diinginkan, silahkan anda pilih penggunaan CD / DVD tersebut. Agar anda bisa menghapus file yang sudah dimasukkan ke dalam CD / DVD tersebut nantinya, maka silahkan pilih opsi Like a USB flasdh drive. Jadi, jika ternyata anda salah burning file, atau ada file baru sehingga yang lama harus diganti, maka anda bisa menghapus isi CD / DVD yang lama.

Baca Juga :
Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk Tanpa Kehilangan Data

Tapi, perlu diketahui bahwa meskipun anda bisa menghapus isi CD / DVD, ukuran yang terpakai akan tetap seperti itu. Misalnya, jika ukuran CD anda 700MB dan sudah memasukkan file berukuran 200MB, artinya sisa ruang kosong adalah 500MB. Meskipun anda menghapus file 200MB tersebut, ruang kosongnya tidak akan kembali ke 700MB, melainkan tetap 500MB.

Jika anda sudah memilih opsi penggunaan disk tersebut, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Pilihan opsi burning CD / DVD di Windows pake File Explorer

Setelah itu, proses format CD / DVD anda akan berlangsung selama beberapa saat. Jadi, silahkan anda tunggu hingga proses format tersebut selesai.

Memformat CD / DVD sebelum burning

Setelah itu, silahkan anda cari dan pilih semua file yang akan diburning ke dalam CD / DVD. Kemudian, silahkan Copy semua file tersebut dan Paste di dalam CD / DVD. Atau, klik kanan pada file-file tersebut, kemudian arahkan kursor ke opsi Send to lalu pilih DVD RW Drive. Setelah itu, file-file anda akan disalin ke dalam CD / DVD.

Copy file untuk memasukkan ke dalam CD / DVD

Jika semua file sudah selesai disalin ke dalam CD / DVD, maka artinya semua file tersebut sudah berhasil dimasukkan ke CD / DVD. Dengan demikian, anda sudah berhasil melakukan burning CD di Laptop Windows tanpa menggunakan software khusus.

File sudah berhasil diburning ke dalam CD / DVD tanpa software

Jika anda ingin menguji apakah file-file tersebut sudah benar-benar masuk ke dalam CD / DVD, silahkan anda masukkan dan cek isi CD / DVD tersebut di Laptop atau Komputer lain.

Penutup

Itula cara mudah burning atau memasukkan file ke CD / DVD di Laptop Windows tanpa software khusus. Anda tidak memerlukan software tambahan karena File Explorer Windows sudah bisa digunakan untuk memasukkan file ke dalam disk. Anda bisa melakukan cara ini pada Windows 7, Windows 8.1, atau Windows 10.

Baca Juga :
Cara Mengaktifkan Dark Mode (Tema Gelap) di Windows 10

Jadi, jika anda butuh untuk memasukkan file ke dalam CD / DVD, maka tidak perlu menggunakan jasa burning yang berbayar. Anda hanya perlu membeli CD / DVD kemudian melakukan burning file sendiri. Dengan demikian tidak perlu mengeluarkan uang lebih hanya untuk memasukkan file ke CD / DVD.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda