3 Cara Mengubah File dan Folder ke RAR / ZIP di Windows

0
524

Cara mengubah folder ke RAR atau ZIP di Windows

Proses kompresi file dan folder dalam dunia gadget tentu sudah tidak asing lagi. Terutama jika anda sudah lama menggunakan Komputer, maka tentu sering mengkompres folder maupun file. Biasanya sebuah folder dan file dikompresi jika hendak dikirim ke Komputer lain atau diupload ke Internet. Jika anda ingin mengirim atau mengupload folder, tentu tidak mungkin karena file didalamnya terpisah-pisah. Sehingga anda perlu membuat agar folder menjadi satu file dengan cara mengubah folder tersebut ke format RAR atau ZIP.

Sebenarnya tujuan mengkompres file dan folder tidak hanya agar dapat diubah menjadi satu file untuk kemudian dikirim. Biasanya sebuah folder dan file juga dilakukan proses kompresi untuk mengecilkan ukurannya. Selain itu, dengan mengkompres file dan folder, maka ini akan meminimalisir data korup saat dipindahkan ke perangkat lain.

Sementara itu, sampai sejauh ini format file terkompres yang paling banyak digunakan adalah RAR dan ZIP. Kedua ekstensi tersebut mampu menjaga kualitas file tanpa adanya file yang sudah dikompres hilang atau rusak. Selain itu, kebanyakan software yang sering digunakan untuk mengkompres file sudah mendukung jenis file RAR dan ZIP. Artinya, anda dapat kompres dan ekstrak file ke format RAR maupun ZIP dimana saja, baik itu di Laptop maupun pada Smartphone Android. (Baca juga: Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 10/8/7)

Cara Mengubah File dan Folder ke RAR atau ZIP di Windows

Jika anda menggunakan OS Windows pada Laptop atau PC Desktop, maka ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat folder atau file menjadi RAR dan ZIP. Bahkan, jika anda hanya ingin membuat file ZIP, prosesnya dapat dilakukan di Windows tanpa install software apapun. Hal ini karena Windows sudah menyertakan secara default program untuk membuka dan membuat file ZIP.

Sementara jika anda ingin mengubah folder ke file RAR, maka tidak ada cara lain selain menggunakan software tambahan. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan ini, salah satu yang paling populer dan gratis adalah WinRAR.

Baca Juga :
2 Cara Menampilkan File dan Folder Tersembunyi di Laptop

1. Cara Mengubah Folder dan File Menjadi ZIP Tanpa Software

Seperti yang dikatakan sebelumya bahwa anda dapat mengubah folder menjadi file ZIP tanpa harus install software di Windows. Hal ini karena Windows sudah mendukung format ZIP secara default, tanpa memerlukan software tambahan. Cara ini dapat anda lakukan pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10.

Dengan demikian, jika anda hanya ingin membuat file ZIP, maka tidak perlu repot menginstall aplikasi lagi. Cara membuat file ZIP di Windows juga sangat mudah dilakukan, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama adalah silahkan klik kanan pada folder atau file yang ingin anda ubah menjadi ZIP.
  2. Selanjutnya, pada context menu yang muncul silahkan arahkan kursor ke Send to. Pada daftar menu lainnya yang muncul, silahkan klik Compressed (zipped) folder.
    Cara mengubah folder menjadi ZIP di Windows
  3. Setelah itu, file dan folder anda akan diubah menjadi format ZIP, silahkan tunggu hingga selesai.
  4. Jika sudah selesai, maka pada direktori yang sama akan muncul file ZIP yang merupakan hasil kompresi dari folder atau file tadi. Nama file ZIP tersebut akan secara otomatis sama dengan nama folder yang dikompres, tapi anda juga dapat mengubahnya.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, maka anda dapat dengan mudah membuat file terkompresi dalam bentuk ZIP. Karena ini tidak memerlukan software tambahan, jadi anda dapat melakukannya meskipun belum menginstall WinRAR. Dengan demikian, jika suatu saat hendak mengupload sebuah folder yang tentu harus dikompres dulu, tetapi belum install WinRAR, maka silahkan gunakan cara ini.

Sayangnya, jika anda menggunakan cara ini maka hanya bisa membuat file ZIP, tidak akan bisa membuat file RAR. Agar dapat membuat file RAR, maka silahkan lakukan cara kedua berikut.

Baca Juga :
Cara Membersihkan Quick Access dan History File Explorer Windows

2. Cara Mengubah Folder dan File Menjadi RAR Menggunakan WinRAR

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengompres file dan folder menjadi format RAR adalah menggunakan software tambahan. Ada banyak software kompresi yang dapat digunakan secara gratis, salah satunya adalah WinRAR.

Cara penggunaan software WinRAR ini untuk membuat file RAR juga sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan anda sudah menginstall software WinRAR di Laptop atau Komputer Windows yang digunakan.
  2. Silahkan klik kanan pada file atau folder yang ingin diubah menjadi RAR.
  3. Setelah itu, pada context menu yang muncul silahkan klik Add to “Nama Folder.rar”.
    Cara membuat file RAR di Windows 10 8 7
  4. Setelah itu, folder atau file anda akan diubah menjadi file RAR, silahkan tunggu hingga selesai.
  5. Jika sudah selesai, maka akan muncul file RAR pada direktori yang sama dengan folder yang dikompres. Namanya akan sama dengan folder atau file yang dikompress, tapi anda juga dapat mengubahnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka anda sudah berhasil membuat file RAR. Anda dapat menggunakan cara ini jika perlu mengubah file menjadi RAR untuk berbagai keperluan.

3. Memberi Password pada File ZIP/RAR Menggunakan WinRAR

File RAR atau ZIP sebenarnya juga dapat diproteksi dengan memberinya password. Hal ini perlu dilakukan jika anda ingin file RAR atau ZIP tersebut tidak dapat dibuka oleh sembarang orang.

Dengan memberinya password, maka file RAR/ZIP tersebut tidak akan dapat dibuka sebelum memasukkan password yang benar. Setiap kali file RAR/ZIP ingin dibuka isinya atau diekstrak, maka akan muncul jendela yang meminta untuk memasukkan password.

Untuk memberi password pada file RAR atau ZIP, anda hanya memerlukan software WinRAR yang tentu sudah terinstall. Jika anda ingin memproteksi file terkompresi dengan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda klik kanan pada file atau folder yang ingin dikompres dan diberi password.
  2. Pada context menu yang muncul silahkan klik opsi Add to archive….
    Cara kompress file di Windows
  3. Selanjutnya, pada jendela yang muncul anda dapat mengubah nama file tersebut pada bagian Archive name. Jangan lupa menyertakan ekstensi file saat mengedit namanya, .rar atau .zip.
  4. Pada bagian Archive format, silahkan anda memilih hendak membuat file RAR atau ZIP.
  5. Setelah itu, untuk mengunci file RAR/ZIP tersebut nantinya, silahkan centang Lock archive.
  6. Untuk membuat dan mengatur password, silahkan klik Set password….
  7. Pada jendela Enter password, silahkan masukkan password yang ingin anda gunakan untuk mengunci file tersebut.
  8. Setelah memasukkan password yang diinginkan, maka silahkan klik Ok.
  9. Terakhir, klik lagi Ok untuk memulai proses kompress file atau folder tersebut.
    Cara memberi password pada file RAR dan ZIP di Windows
  10. Silahkan tunggu hingga proses kompresi selesai, lamanya tergantung besar file/folder tersebut.
  11. Jika sudah selesai, maka silahkan anda coba ekstrak atau buka isi file RAR/ZIP tersebut, maka akan diminta untuk memasukkan password.
    File RAR dan ZIP sudah diberi password

Dengan menggunakan cara ini, maka file RAR atau ZIP yang sudah dibuat dapat diproteksi sehingga tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Cara ini dapat digunakan untuk melindungi file dan folder yang bersifat rahasia.

Baca Juga :
Cara Download dan Install Software WinRAR di Windows

Sebagai informasi tambahan, anda juga dapat memecah file besar menggunakan WinRAR di Windows. Jadi, jika perlu untuk upload file besar tetapi ukuran per file dibatasi, maka silahkan memecah file-file tersebut menjadi beberapa part.

Itulah cara mudah mengubah file dan folder ke RAR atau ZIP di Komputer Windows. Cara ini dapat dilakukan pada semua edisi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda ingin membuat file RAR maupun ZIP, maka silahkan gunakan salah satu cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda