Apakah Windows Defender Antivirus Terbaik untuk Windows 10?

|Diupdate 18 Januari 2021
12
8025

antivirus terbaik untuk windows 10

Apakah Windows Defender Antivirus Terbaik untuk Windows 10?. Bagi pengguna Windows tidak terkecuali pada Windows 10, salah satu yang menjadi perhatian adalah masalah keamanan perangkat Komputer dari serangan virus. Masalah keamanan ini tentu saja merupakan hal yang serius. Laptop atau PC Desktop akan menjadi bermasalah bahkan tidak dapat anda gunakan jika terserang virus atau malware. Oleh karena itu, anda perlu memasang Antivirus terbaik pada Laptop atau Komputer Windows 10.

Untuk masalah keamanan tersebut maka tentu saja anda membutuhkan sebuah Antivirus terbaik sebagai pelindung. Antivirus inilah yang akan melindungi perangkat PC Desktop atau Laptop anda dari serangan virus dan malware. Namun yang sering menjadi pertanyaan adalah, apa Antivirus terbaik untuk Windows 10, apakah Windows Defender saja sudah cukup?.

Sebenarnya, bagi pengguna Windows 10 anda tidak perlu repot untuk menginstall Antivirus seperti pada Windows 7. Sejak peluncuran Windows 8.1, sistem operasi Windows sudah menanamkan built-in Antivirus yaitu Windows Defender (pada Windows 10 versi 1809 ke atas namanya berubah menjadi Windows Security). Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Windows Defender merupakan antivirus terbaik untuk Windows 10. Apakah Windows Defender sudah cukup untuk melindungi perangkat PC Desktop  atau Laptop Windows 10 dari serangan virus?.

Antivirus Terbaik untuk Windows 10, Cukup Windows Defender?

Saat menginstall Windows 10, secara default Laptop anda sudah memiliki sebuah antivirus bawaan yang sedang berjalan. Antivirus bawaan tersebut adalah Windows Defender yang akan memindai secara otomatis saat anda membuka program, melakukan upgrade Windows, mencolokkan flashdisk atau hardisk eksternal, dan lainnya.

Windows Defender atau Windows Security juga menyediakan antarmuka yang dapat anda gunakan untuk pemindaian lebih lanjut pada PC Desktop atau Laptop Windows 10. Bagian terbaiknya adalah, Windows Defender ini tidak akan membuat kinerja PC Windows 10 anda menjadi lambat.

Windows defender yang terbaik
Selama ini antivirus Microsoft memang sedikit tertinggal dari program Antivirus lainnya. Namun, sejak kehadirannya pada Windows 8 dan terus mendapatkan pembaharuan, hal tersebut tidak berlaku lagi.  Kini Windows Defender / Windows Security sudah cukup bagus untuk melindungi perangkat Windows 10 dari serangan virus. Jadi apakah sudah cukup jika Windows 10 menggunakan Windows Defender saja?.

Sebenarnya Windows Defender / Windows Security pada Windows 10 saja sudah cukup untuk melindungi perangkat PC Desktop atau Laptop dari serangan virus dan malware. Terutama jika anda tidak ingin repot menginstall Antivirus lain, maka Windows Defender saja sudah cukup untuk melindungi perangkat PC Windows 10 yang anda gunakan. Terlebih lagi Windows Defender sudah terinstall otomatis pada Windows 10 yang berarti antivirus tersebut gratis.

Namun, agar bekerja optimal maka anda harus rutin melakukan update Windows 10 agar Windows Defender juga mendapatkan update definisi virus-virus baru. Tentu anda sudah tahu bahwa virus Komputer juga selalu berkembang dan muncul virus-virus baru.

Sebuah Antivirus seperti Windows Defender hanya akan bisa melindungi Laptop atau PC Desktop anda dari serangan virus jika virus tersebut sudah dikenali. Itulah kenapa penting sekali untuk rutin mengupdate Windows 10 agar Windows Defender juga selalu terupdate data virus-virus baru.

Apakah Windows Defender Antivirus Terbaik? Bagaimana dengan Antivirus Lain?

Jika anda hendak membandingkan Windows Defender dengan program Antivirus lainnya, maka anda bisa saja kecewa. Anda mungkin akan menemukan bahwa Windows Defender bukanlah Antivirus terbaik untuk Windows 10. Masih ada program Antivirus lain yang bisa menjadi Antivirus terbaik untuk Windows 10 ini.

Beberapa pengujian menunjukkan bahwa program antivirus gratis lain mungkin kadang-kadang melakukan sedikit pekerjaan yang lebih baik. Tapi antivirus-antivirus tersebut juga pasti memiliki banyak kelemahan, sekalipun anda menggunakan versi Pro / Premium.

Kelemahan tersebut seperti ekstensi browser yang benar-benar membuat anda kurang aman, pembersih registri yang mengerikan dan tidak perlu. Selain itu, antivirus gratis juga memiliki banyak junkware yang tidak aman dan mengganggu. Bahkan, beberapa antivirus memiliki kemampuan untuk melacak kebiasaan browsing anda sehingga mereka bisa menghasilkan uang.

Selanjutnya, cara mereka terhubung ke browser dan sistem operasi sering kali menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang dipecahkannya. Tentu anda tidak ingin menggunakan sesuatu yang seharusnya melindungi Anda dari virus tapi berpotensi menimbulkan serangan lainnya.

antivirus avast

Windows Defender tidak memiliki kelemahan tersebut, antivirus bawaan Windows 10 ini mengamankan Laptop dengan baik, gratis, dan tanpa menghalangi atau mengganggu anda. Selain itu, Windows 10 sudah mencakup berbagai perlindungan lain yang tersedia pada Windows 8. Misalnya, filter SmartScreen yang seharusnya mencegah Anda mendownload dan menjalankan malware, antivirus apa pun yang Anda gunakan. Chrome dan Firefox juga menyertakan penjelajahan Aman Google, yang memblokir banyak unduhan malware.

Tapi, Jika Anda membenci Windows Defender karena alasan tertentu dan ingin menggunakan antivirus lain, sebaiknya install Avira atau Avast . Antivirus tersebut memiliki versi gratis yang bekerja dengan baik.  Versi pro tentu lebih baik lagi dengan beberapa fitur tambahan, dan memberikan nilai perlindungan yang bagus dan hanya memiliki iklan popup sesekali.

Kesimpulan

Windows Defender mungkin bukanlah Antivirus terbaik untuk Komputer Windows 10 anda. Jika anda menggunakan Antivirus lain versi Pro / Premium maka akan lebih baik lagi. Namun, Windows Defender / Security saja sudah cukup untuk melindungi Laptop atau PC Desktop Windows 10 anda dari serangan virus dan malware. Jadi, sebenarnya anda tidak perlu repot menginstall software antivirus lagi dan cukup mengandalkan Windows Defender.

Dengan catatan bahwa anda harus selalu rutin mengupdate Windows 10 agar Windows Defender atau Windows Security juga ikut terupdate. Dengan demikian, setiap virus-virus baru akan bisa diblokir agar tidak menyerang Laptop atau Komputer karena sudah Windows Defender /Security kenali melalui proses update.

Tetapi, jika anda tidak suka atau tidak puas menggunakan Windows Defender, maka anda bisa menggunakan program antivirus lain seperti Avira atau Avast. Alangkah lebih baik lagi jika anda menggunakan versi Pro atau Premium.

12 KOMENTAR

  1. Trims atas infonya. Udh lama cari artikel ttg windows defender tp gak dijelasin serinci ini(apalgi br beli laptop jd bingung bgt, apa ini udh bgs atau gak). Untuk smpe saat ini msh pake windows defender sih.

  2. saya pake antivirus bawaan windwos… my computer jarang diserang virus 😀 ahaha
    my computer aman dari serangan virus karena saya menggunkana dua antivirus, satu komputer. hehehe

    1. Windows Defender
    2. SMADΔV Pro

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda