Cara Membatasi Persentase Pengisian Baterai Laptop Lenovo

2
523

Cara membatasi persentase pengisian baterai Laptop Lenovo

Sering kali saat sedang asyik menggunakan Laptop, lupa mecabut charger meskipun sudah penuh. Padahal, salah satu hal yang tidak disarankan dalam hal merawat baterai Laptop adalah mencolokkan cas Laptop terus menerus meskipun sudah terisi 100%. Untuk mengakali hal ini, maka anda bisa membatasi persentase pengisian baterai Laptop seperti pada cara berikut.

Setiap kali anda membiarkan baterai Laptop ter-cas meskipun sudah penuh, maka itu bisa mengurangi kemampuan penyimpanan daya baterai tersebut. Terlebih lagi jika sampai baterai Laptop mengalami suhu yang terlalu panas karena terus mengisi dan anda membiarkannya meskipun sudah mencapai 100%. Hal ini bisa menyebabkan kapasitas baterai Laptop tersebut menurung hingga 20%.

Untungnya, produsen Laptop sudah menyediakan teknologi dan software yang dapat mengatasi kelalaian anda yang sering lupa mencabut charger Laptop. Khususnya pada Laptop Lenovo, kini sudah ada software utilitas yang dapat membatasi persentase pengisian baterai Laptop. Dengan demikian, baterai Laptop anda tidak akan pernah mencapai 100%, meskipun di-cas dalam waktu yang lama. Jadi, tidak masalah jika ternyata anda lupa mencabut charger Laptop saat sedang menggunakannya.

Cara Membatasi Persentase Pengisian Baterai Laptop Lenovo

Saat anda membatasi persentase pengisian baterai Laptop menggunakan cara ini, maka baterai bisa menjadi lebih awet. Jika pengisian baterai sudah mencapai persentase yang anda tentukan (misalnya 80%), maka baterai tersebut akan berhenti mengisi daya. Dengan demikian ini akan mengurangi suhu panas baterai Laptop yang meningkat saat mengisi daya.

Untuk melakukan pembatasan persentase pengisian baterai Laptop ini sudah tersedia software khusus oleh pihak Lenovo, yaitu Lenovo Vantage. Software ini dapat didownload pada Microsoft Store jika menggunakan OS Windows 10. Untuk melakukan pembatasan tersebut, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga :
Cara Menampilkan Persentase Baterai HP Samsung Terbaru

Silahkan terlebih dahulu anda install Lenovo Vantage pada Laptop Windows 10 yang anda gunakan. Setelah menginstallnya, silahkan buka software utilitas tersebut.

Setelah terbuka jendela software Lenovo Vantage, silahkan klik menu My Device Settings.

Pengaturan device Lenovo Vantage

Selanjutnya, silahkan scrool ke bahaw dan cari bagian Battery Charge treshold. Setelah ketemu, silahkan ubah bagian tersebut menjadi On untuk mengaktifkan pembatasan persentase pengisian baterai. Pada pop-up yang muncul, silahkan klik Enable untuk mengaktifkannya.

Mengaktifkan baterai charge treshold

Setelah itu, anda dapat mengatur kapan baterai harus berhenti mengisi pada bagian Stop charging at, direkomendasikan 80% atau 90%. Selain itu, anda juga dapat mengatur kapan baterai harus mengisi lagi jika persentase sudah turun pada bagian Starting charging when below.

Cara membatasi persentase pengisian baterai Laptop Lenovo

Pengaturan sudah selesai anda dapat dapat menutup software Lenovo Vantage tersebut. Sekarang silahkan perhatikan bahwa Laptop Lenovo akan berhenti mengecas jika sudah mencapai batas persentase yang anda tentukan.

Dengan demikian tidak akan menjadi masalah lagi jika anda menggunakan Laptop dalam waktu yang lama dan lupa mencabut chargernya.

Itulah cara mudah membatasi persentase pengisian baterai Laptop Lenovo. Silahkan gunakan cara ini jika anda selalu menggunakan Laptop dalam waktu yang lama. Tentu bisa merepotkan jika harus mencabut charger setiap kali mencapai 100%. Solusinya adalah membuat persentase baterai tersebut agar tidak pernah mencapai 100%.

2 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda