Cara Mengganti Bahasa Tampilan Google Chrome Laptop

0
460

Cara mengganti bahasa tampilan browser Google Chrome di Laptop

Tampilan merupakan hal yang paling penting dari sebuah software atau aplikasi Komputer. Salah satu komponen tampilan adalah berupa tulisan yang akan dijadikan sebagai petunjuk dalam menggunakan software tersebut. Tulisan tersebut akan memberikan informasi terkait tombol dan fitur dari software tersebut.

Namun, apa jadinya jika tampilan bahasa yang terdapat pada software yang digunakan kurang dipahami, termasuk pada browser Google Chrome. Bahasa yang kurang dipahami pada browser Google Chrome tentu akan membuat kesulitan dalam penggunaannya. Selain itu, jika bahasa yang ditampilkan kurang dipahami, maka browser Google Chrome tidak akan dapat digunakan secara maksimal.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa browser Google Chrome kini menjadi salah satu browser terbaik. Google Chrome sangat banyak digunakan baik pada Laptop maupun Smartphone. Kepopuleran tersebut tentu saja karena adanya beragam fitur menarik yang dimilikinya. Namun, keberadaan beragam fitur tersebut tentu akan menjadi sia-sia jika anda tidak dapat memanfaatkannya secara maksimal karena tidak mengerti bahasa informasi yang ditampilkan. Oleh karena itu, anda perlu mengganti bahasa tampilan Google Chrome dan menggunakan bahasa yang lebih mudah anda mengerti. (Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur Tab Groups di Chrome Laptop)

Cara Mengganti Bahasa Tampilan Browser Google Chrome di Laptop

Google Chrome saat ini sudah dilengkapi dengan dukungan berbagai bahasa yang dapat digunakan pada user interface atau tampilannya, termasuk Bahasa Indonesia. Jadi, jika anda kurang mengerti dengan bahasa tampilan Google Chrome yang menggunakan Bahasa Inggris, maka silahkan mengganti bahasa tampilan Google Chrome menjadi Bahasa Indonesia.

Jika anda menggunakan browser Google Chrome di Laptop atau PC Desktop, maka kemungkinan bahasa tampilan yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Jadi, jika anda kurang memahami informasi yang terdapat pada tampilan browser tersebut, silahkan mengganti bahasanya. Cara menggantinya sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka browser Google Chrome di Laptop atau PC DesktopĀ  yang anda gunakan. Kemudian, pada jendela utama Google Chrome, silahkan klik menu (ikon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas. Lalu, pada daftar menu yang muncul silahkan klik Settings untuk membuka halaman pengaturan.

Desktop Chrome Settings

Selanjutnya, pada halaman Settings silahkan klik Advanced pada panel sebelah kiri. Kemudian klik Languages untuk membuka pengaturan bahasa Google Chrome. Kemudian, pada panel sebelah kanan silahkan klik Language untuk menampilkan daftar bahasa yang dapat digunakan sebagai bahasa tampilan.

Mengatur bahasa Google Chrome

Jika pada daftar tersebut belum tersedia Bahasa Indonesia, silahkan klik Add languages. Kemudian pada daftar yang muncul silahkan cari dan centang Indonesian lalu klik Add.

Selanjutnya, silahkan klik More actions (ikon titik tiga) yang terdapat di sebelah kanan Indonesian. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan centang Display Google Chrome in this language untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa tampilan Chrome.

Mengubah bahasa tampilan Google Chrome

Jika sudah selesai, silahkan klik Relaunch untuk menjalankan ulang Google Chrome dan menerapkan bahasa tampilan yang baru saja anda ubah.

Melakukan restart Chrome untuk menerapkan perubahan

Setelah itu, bahasa tampilan Google Chrome Laptop anda akan berubah menjadi bahasa yang sebelumnya dipilih. Untuk mengembalikannya seperti semula, cukup lakukan langkah yang sama, tetapi pilih bahasa yang sebelumnya digunakan, misalnya English.

Itulah cara mudah mengganti bahasa tampilan browser Google Chrome di Laptop ataupun PC Desktop. Jadi, jika anda bingung dengan bahasa tampilan Chrome saat ini, maka silahkan ganti dan gunakan bahasa yang lebih dipahami. Dengan demikian anda akan lebih memahami setiap fungsi dan fitur dari browser Google Chrome.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda