3 Cara Translate Dokumen Word Bahasa Inggris ke Indonesia

0
116

cara translate dokumen word inggris ke indonesia

Menerjemahkan beberapa kata atau kalimat menggunakan Google Translate mungkin sudah sering dilakukan. Namun, bagaimana dengan menerjemahkan seluruh isi dokumen Microsoft Word?. Anda juga bisa translate satu file dokumen Microsoft Word secara utuh dari bahasa Inggris atau bahasa lainnya ke Indonesia.

Menerjemahkan file dari bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ke bahasa Indonesia menggunakan software memang sangat sering dilakukan. Tidak hanya karena kurang mahir berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, tetapi cara ini juga bisa lebih cepat dalam men-translate dokumen.

Seorang pelajar pasti sering mendapatkan tugas yang menuntut untuk menerjemahkan dokumen berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Terutama bagi yang mengerjakan karya ilmiah / skripsi dan mengambil referensi dari jurnal berbahasa Inggris. Anda bisa menerjemahkan file dokumen yang berbahasa asing ke bahasa Indonesia menggunakan beberapa software. Jadi, tidak perlu menerjemahkan secara manual atau menggunakan jasa penerjemah yang harganya pasti mahal.

Cara Translate Dokumen Word Inggris ke Bahasa Indonesia

Jika anda memiliki file referensi berbentuk dokumen Word berbahasa Inggris, Arab, Jepang, atau bahasa asing lainnya dan ingin menerjemahkannya, maka bisa menggunakan salah satu cara berikut. Anda bisa menerjemahkan seluruh isi dokumen ke bahasa Indonesia, bukan hanya beberapa kalimat atau paragraf saja.

Tapi, perlu diketahui bahwa semua cara yang dibahas pada artikel ini memerlukan koneksi internet. Jadi, pastikan Laptop atau Komputer yang anda gunakan harus terkoneksi ke jaringan internet.

1. Terjemahkan File Word Menggunakan Fitur Translate Microsoft Word

Cara pertama yang bisa anda lakukan jika ingin mengubah dokumen Word berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan fitur bawaan Microsoft Word. Tapi, perlu diketahui bahwa tidak semua versi Microsoft Word memiliki fitur ini, jadi pastikan anda menginstall Microsoft Office terbaru.

Cara untuk translate dokumen menggunakan fitur bawaan Microsoft Word juga mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka file Word anda yang berbahasa Inggris dan hendak diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Setelah dokumen tersebut terbuka di Microsoft Word, silahkan klik menu Review. Kemudian, pada daftar pintasan perintah yang muncul, silahkan klik Translate, lalu klik Translate Document.

Baca Juga :
Cara Mengubah Product Key Microsoft Office 2013 / 2016 / 2019

cara menerjemahkan word bahasa inggris ke indonesia

Selanjutnya, pada jendela Translation Language Options yang muncul, silahkan pilih English atau bahasa apapun yang digunakan dokumen Word anda pada bagian Translate from. Kemudian, pilih Indonesian pada bagian Translate to untuk menerjemahkan ke bahasa Indonesia. Jika sudah anda atur, silahkan klik OK untuk melanjutkan.

cara menerjemahkan word bahasa inggris ke indonesia

Pada jendela Translate Whole Document yang muncul diberitahukan bahwa proses translate membutuhkan internet. Jadi, jika Laptop / Komputer anda sudah tersambung ke internet silahkan klik Yes.

Setelah itu akan terbuka browser di Laptop / Komputer anda yang menampilkan hasil terjemahan dari file dokumen Word tadi.

Sekarang anda cukup menyalin semua teks hasil terjemahan dokumen tersebut ke Microsoft Word. Jadi, silahkan block semua teks hasil terjemahan tersebut, kemudian klik kanan lalu klik Copy.

Hasil terjemahan Word dari Inggris ke Indonesia

Setelah itu, buat dokumen Word baru, kemudian pada dokumen kosong tersebut klik kanan lalu klik Paste.

Paste hasil terjemahan di Word

Terakhir, silahkan samakan ukuran dan format huruf dari dokumen Word berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia, jika memang tidak sama.

Dengan demikian, anda sudah berhasil menerjemahkan dokumen Word berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia menggunakan fitur bawaan Microsoft Word.

2. Terjemahkan File Word Menggunakan Google Translate

Cara kedua yang bisa anda lakukan jika ingin mengubah dokumen Word yang berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah dengan memanfaatkan Google Translate. Google Translate pasti sudah sering anda gunakan untuk menerjemahkan bahasa asing. Tapi, mungkin selama ini anda hanya men-translate beberapa kata atau kalimat, bukan satu file dokumen Word.

Sebenarnya anda juga bisa menggunakan Google Translate jika ingin menerjemahkan sebuah file dokumen Word. Hal ini karena Google Translate sendiri sudah menyediakan fitur agar bisa terjemahkan dokumen.

Untuk melakukan cara ini juga cukup mudah, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser di Laptop / Komputer anda dan buka situs Google Translate.

Setelah halaman web Google Translate terbuka, silahkan klik Documents agar anda bisa men-translate dokumen Word. Kemudian, klik Browse your computer untuk mengupload file Word yang ingin diterjemahkan.

Baca Juga :
Cara Install Microsoft Office 2013 Gratis di Windows

Pilih file Word yang ingin diterjemahkan di Google Translate

Pada jendela Open yang terbuka silahkan cari dan pilih dokumen Microsoft Word anda yang ingin diterjemahkan, kemudian klik Open.

Selanjutnya, pada pilihan bahasa yang ada di bagian kiri, silahkan pilih English atau bahasa lainnya yang digunakan dokumen Word anda. Kemudian, pada pilihan bahasa bagian kanan, silahkan pilih Indonesian. Jika pilihan bahasa Indonesia tidak muncul, silahkan klik icon arah bawah untuk menampilkan semua pilihan bahasa.

Jika semua sudah anda atur, silahkan klik Translate untuk menerjemahkan file dokumen Word anda dari bahasa Inggris ke Indonesia.

Terjemahkan file Word dari Inggris ke Indonesia menggunakan Google Translate

Setelah itu akan terbuka halaman web baru yang menampilkan hasil terjemahan dokumen Word anda.

Hasil terjemahan dokumen Word menggunakan Google Translate

Silahkan menyalin semua teks hasil terjemahan dokumen tersebut ke Microsoft Word. Jadi, block semua teks hasil terjemahan tersebut, kemudian klik kanan lalu klik Copy untuk menyalinnya. Kemudian, buat dokumen Word baru dan pada dokumen kosong tersebut klik kanan lalu Paste.

Dengan demikian anda sudah berhasil menerjemahkan dokumen Word berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia menggunakan Google Translate. Sebenarnya cara ini tidak hanya bisa untuk dokumen Word, anda juga bisa menggunakannya jika ingin menerjemahkan file PDF.

3. Terjemahkan File Word Menggunakan Google Docs

Cara lainnya yang bisa anda lakukan jika ingin mengubah file dokumen Word yang berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan Google Docs. Google Docs sendiri merupakan program pengelolah dokumen yang fungsinya sama seperti Microsoft Word. Namun, karena harus digunakan secara online sehingga jarang ada yang menggunakannya.

Google Docs memiliki banyak fitur menarik, misalnya saja anda bisa mengetik menggunakan perintah suara, jadi tidak perlu mengetik pake Keyboard. Fitur lainnya adalah yang dibahas pada artikel ini, yaitu menerjemahkan file dokumen Word ke bahasa lain.

Untuk menggunakan Google Docs juga cukup mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser di Laptop atau PC Desktop anda dan buka situs Google Docs.

Setelah halaman Google Docs terbuka, silahkan klik Blank untuk membuat dokumen baru.

Membuat dokumen baru di Google Docs

Setelah terbentuk Untitled document atau dokumen baru, silahkan buka file dokumen Word anda. Caranya adalah klik menu File, kemudian klik Open pada opsi yang muncul. Atau, anda juga bisa melakukannya menggunakan shortcut, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + O di Keyboard.

Baca Juga :
Cara Aktivasi Microsoft Office 2010 Permanen Secara Offline

Membuka file Word yang ingin diterjemahkan di Google Docs

Pada pop-up Open a file yang muncul, silahkan klik tab Upload. Kemudian, klik Select a file from your device untuk memilih file dari penyimpanan Komputer anda.

Mengupload file Word ke Google Docs

Kemudian, pada jendela Open yang terbuka, silahkan cari dan pilih file Word anda, kemudian klik Open.

Setelah file Word anda terupload ke Google Docs, maka file tersebut akan terbuka di halaman kosong yang dibuat tadi. Untuk menerjemahkan dokumen tersebut, silahkan klik menu Tools kemudian klik Translate document.

Translate Word bahasa Inggris ke Indonesia menggunakan Google Docs

Pada pop-up yang muncul anda bisa mengubah nama file hasil translate nantinya. Kemudian, pada bagian Choose a language silahkan pilih Indonesian untuk menerjemahkan file tersebut ke bahasa Indonesia. Kalau sudah, silahkan klik Translate untuk melakukan proses penerjemahan dokumen tersebut.

Translate dokumen ke bahasa Indonesia di Google Docs

Setelah itu, halaman Google Docs akan terbuka di tab baru dan menampilkan dokumen hasil terjemahan.

Sekarang anda cukup mengkonversi dokumen Google Docs tersebut ke Microsoft Word. Silahkan klik menu File pada dokumen hasil terjemahan tersebut, kemudian arahkan kursor ke Download, lalu klik Microsoft Word (.docx).

Konversi dokumen Google Docs ke Microsoft Word

Setelah itu, file dokumen Word hasil terjemahan akan terdownload, jadi silahkan tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai, maka silahkan buka file tersebut menggunakan Microsoft Word.

Hasil terjemahan dokumen Word dari bahasa Inggris ke Indonesia

Dengan demikian anda sudah berhasil menerjemahkan file dokumen Word berbahasa asing ke bahasa Indonesia. Meskipun cara ini lumayan ribet dibanding cara-cara sebelumnya, tapi inilah yang paling cocok jika file Word anda sangat panjang.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin menerjemahkan file dokumen Microsoft Word berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ke bahasa Indonesia. Jadi, anda tidak perlu menerjemahkan secara manual, apalagi harus menyewa jasa penerjemah.

Tapi, setelah menerjemahkan dokumen Word menggunakan cara di atas, anda juga tidak boleh menerima hasilnya begitu saja. Anda juga perlu memeriksa kembali hasil terjemahan dan mengoreksi jika ada kalimat yang kurang pas dan kurang enak dibaca.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda