Cara Mengganti MAC Address Laptop Windows 10/8/7

196

Cara mengganti MAC Address Laptop Windows 7/8/10

MAC Address merupakan alamat atau identitas unik yang dimiliki oleh semua prangkat jaringan. Semua perangkat yang terhubung ke jaringan sudah pasti memiliki MAC Address, seperti pada Router, Smartphone, Laptop, dll. Pada Laptop sendiri, jika anda mencoba melihat MAC Address di dalamnya, maka anda akan menemukan lebih dari satu jenis. MAC Address ini tidak terpengaruh pada OS yang digunakan, baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, atau Windows 10 akan tetap menggunakan MAC Address yang sama saja.

MAC Address pada Laptop maupun PC Desktop bisa lebih dari satu karena MAC Address pada dasarnya melekat pada kartu jaringan. Sedangkan diketahui bahwa pada Laptop minimal terdapat dua jenis kartu jaringan, yaitu Wireless (Wi-Fi) dan LAN (Ethernet). Oleh karena itu, setiap Laptop akan memiliki dua jenis MAC Address, yaitu yang melekat pada kartu Wi-Fi dan pada kartu LAN.

Namun, perlu anda ketahui bahwa kedua jenis MAC Address tersebut tidaklah digunakan secara bersamaan. Jika anda terkoneksi menggunakan Wi-Fi, maka identitas perangkat Laptop adalah MAC Address kartu Wi-Fi, begitu juga ketika menggunakan LAN. Jadi, bisa dipastikan bahwa saat terkoneksi ke jaringan semua Laptop hanya menggunakan satu identitas yang unik. Meskipun unik, tapi tidak jarang beberapa pengguna ingin mengubah atau mengganti MAC Address Laptop Windows yang dimilikinya hingga melakukan berbagai cara. Hal ini tentu saja sangat mungkin dilakukan pada semua jenis komputer.

Cara Mengganti MAC Address Laptop Windows 10/8/7

Meskipun setiap Laptop Windows sudah memiliki MAC Address masing-masing, namun tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang pengguna ingin mengganti MAC Address tersebut. Ada beragam alasan yang bisa dijadikan acuan untuk mengubah MAC Address Laptop Windows yang digunakan, baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

Salah satu alasan yang paling populer adalah karena MAC Address Laptop yang bersangkutan sudah diblokir oleh router sebuah jaringan internet. Jika seperti ini, maka tentu saja Laptop ini tidak akan bisa lagi terhubung ke jaringan tersebut. Solusi satu-satunya adalah dengan menggunakan identitas baru, yaitu dengan mengganti MAC Address Laptop Windows yang digunakan.

Alasan lain yang biasa menjadi acuan untuk mengganti MAC Address adalah karena MAC Address tersebut sudah terdaftar pada sebuah jaringan. Dengan menggunakan MAC Address tersebut, maka Laptop yang digunakan akan langsung auto login, jadi tidak perlu lagi login atau memasukkan password. Metode ini biasa digunakan untuk auto login @wifi.id maupun seamless wifi.id.

Cara Untuk mengubah MAC Address sebenarnya sangat mudah karena tidak perlu mengutak-atik registery. Anda cukup menggunakan aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan dengan aman. Aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengganti MAC Address Laptop Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10 adalah Technitium MAC Address Changer (TMAC). Untuk mengganti MAC Address Laptop menggunakan TMAC, maka ada tiga tahap yang harus dilakukan. Anda harus download TMAC, Install TMAC, dan menggunakan TMAC untuk mengubah MAC Address.

1. Download Technitium MAC Address Changer (TMAC)

Sebelum anda memasuki proses mengubah MAC Address Laptop Windows, maka terlebih dahulu anda harus memiliki alat bantu yang digunakan. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa alat bantu yang akan adalah software Technitium MAC Address Changer atau disingkat TMAC. Oleh karena itu, jika anda belum memiliki software ini, silahkan download TMAC di halaman resminya.

Cara download Technitium MAC Address (TMAC)

2. Install TMAC di Laptop Windows

Setelah anda downlaod, maka tahap selanjutnya adalah menginstall software TMAC di Laptop Windows yang digunakan, baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Silahkan anda ikuti petunjuk berikut untuk menginstall TMAC di Laptop yang saat ini digunakan.

Silahkan ekstrak file TMAC yang sebelumnya anda download. Setelah itu, buka folder hasil ekstrak dan jalannkan TMAC_Setup.exe untuk menjalankan Setup TMAC.

Pada jendela pertama Setup TMAC, silahkan klikĀ Next untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Pada jendela License Agreement, silahkan anda centang pada checkbox I agree to above terms of agreement. Setelah itu klik Next untuk maju ke tahap berikutnya.

Pada jendela Select installation directory anda dapat memilih lokasi tempat file instalasi software TMAC akan disimpan. Namun, jika anda tidak ingin mengubahnya maka langsung saja klik Next.

Pada jendela Options silahkan pilih jika anda ingin membuat shortcuts Desktop Icon, Start Menu Icon, dan Program Menu Group Icon. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Setelah itu, proses install software TMAC di Laptop anda akan berlangsung. Silahkan tunggu hingga proses tersebut selesai, lalu klik Finish.

Cara Install TMAC di Windows

3. Mengganti MAC Address Laptop Windows Menggunakan TMAC

Setelah anda install software TMAC, maka anda sudah bisa mengubah MAC Address LAN maupun Wi-Fi Laptop anda. Anda dapat mengikuti petunjuk berikut untuk mengganti MAC Address Laptop menggunakan software TMAC.

Silahkan buka software TMAC yang sudah anda install pada tahap kedua diatas. Anda dapat mencarinya pada Start Menu maupun melalui shortcut Desktop.

Pada jendela utama software TMAC, anda akan disuguhkan banyak informasi. Pertama-tama anda harus menentukan kartu jaringan mana yang hendak diubah MAC Address-nya, Wi-Fi atau LAN. Setelah itu pada tabel Network Connections, silahkan anda klik Wi-Fi jika ingin mengubah MAC Address kartu Wi-Fi Laptop anda. Jika ingin menggunakan LAN, maka silahkan klik Ethernet pada tabel tersebut.

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menentukan MAC Address yang dikehendaki. Terdapat tiga jenis opsi perubahan MAC Address yang ditawarkan oleh software TMAC. Ketiga opsi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Input manual, yaitu anda dapat memasukkan secara manual MAC Address yang anda inginkan pada kolom yang telah disediakan.
  2. Random, yaitu anda dapat melakukan generate MAC Address secara acak dengan cara klik pada tombol Random MAC Address.
  3. Memilih dari daftar, yaitu anda dapat memilih salah satu dari daftar yang telah disediakan oleh TMAC pada combo box dibawah inputan.

Silahkan anda pilih salah satu dari ketiga opsi diatas, namun jika tidak ingin repot maka silahkan gunakan opsi B atau C.

Jika anda sudah menentukan MAC Address yang akan digunakan, silahkan klik Change Now! untuk mengubah MAC Address Laptop anda. Silahkan anda tunggu beberapa saat hingga perubahan berhasil dilakukan. Selama proses perubahan MAC Address, maka Laptop anda akan terputus dari koneksi internet. Anda dapat menyambungkannya kembali jika perubahan MAC Address sudah selesai.

Cara mengganti MAC Address Windows 10

Jika sudah selesai, maka anda dapat memeriksa MAC Address yang baru melalui CMD ataupun Control Panel. Selain itu, pada jendela TMAC juga anda dapat melihat MAC Address bawaan Laptop pada bagian Original MAC Address, dan MAC Address yang saat ini sedang aktif pada bagian Active MAC Address. Selain itu, pada tabel paling atas, status Changed juga akan berubab menjadi Yes.

Mengembalikan MAC Address Laptop Windows yang Telah Diganti

Setelah anda mengganti MAC Address Laptop, maka tidak dapat dipungkiri bahwa kadang anda ingin mengembalikannya seperti semula. Anda jangan khawatir karena anda dapat dengan mudah mengembalikan MAC Address bawaan Laptop yang digunakan, meskipun sebelumnya anda tidak melakukan backup MAC Address.

Untuk mengembalikan MAC Address Laptop Windows 7, Windows 8/8.1, atau Windows 10 yang telah anda ubah tidaklah rumit. Silahkan anda buka kembali software TMAC. Pada jendela utama software TMAC klik kembali pada kartu jaringan yang telah anda ubah di tabel Network Connections. Setelah itu, silahkan klik Restore Original untuk mengembalikan MAC Address bawaan kartu jaringan Laptop anda.

Mengembalikan MAC Laptop seperti semula

Silahkan tunggu hingga proses perubahan untuk mengembalikan MAC Address yang asli berlangsung. Jika sudah selesai, maka MAC Address Laptop anda akan kembali seperti semula, seolah anda tidak pernah mengubahnya.

Itulah cara mudah untuk mengganti atau mengubah MAC Address Laptop di Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Cara ini sangat cocok bagi anda yang ingin menggunakan identitas lain saat terhubung ke jaringan. Satu hal lagi yang perlu anda ketahui bahwa anda tidak perlu menjalankan software TMAC secara terus-menerus. Anda hanya perlu membukanya saat ingin mengubah atau mengembalikan MAC Address saja.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here