Cara Melihat MAC Address Laptop Windows Tanpa Software

358

Cara melihat MAC Address Laptop

Setiap perangkat elektronik yang terhubung ke sebuah jaringan internet pasti memiliki MAC Address. MAC yang merupakan singkatan dari Media Access Control adalah alamat unik dalam jaringan yang berisi kode unik. Setiap komputer diberikan kartu jaringan yang berbeda, dan MAC Address yang dimilikinya pun berbeda pula. Jadi, bisa dikatakan bahwa MAC Address adalah sebuah kode unik yang melekat pada kartu jaringan. Karena MAC Address melekat pada kartu jaringan, maka bisa saja pada sebuah Laptop terdapat dua atau lebih jenis MAC address, yaitu MAC Address untuk kartu LAN dan MAC Address untuk kartu WiFi.

Sederhananya, MAC Address sebuah perangkat komputer adalah identitas unik yang digunakan oleh jaringan. Identitas unik ini akan digunakan untuk mengidentifikasi siapa saja yang terhubung, maupun untuk saling berkomunikasi. MAC Address pada setiap komputer terdiri dari 12 digit karakter yang terdiri dari huruf dan angka dan dibagi menjadi 6 blok.

Sebenarnya, pengguna biasanya sangat jarang untuk melihat MAC Address, apalagi sampai melakukan berbagai cara. Seringkali pengguna lebih tertarik untuk melihat IP Address yang lebih sering digunakan dibanding MAC Address. Namun, tentu saja pada keadaan tertentu yang mengharuskan anda untuk mengetahui MAC Address yang digunakan oleh Laptop anda. Biasanya hal ini untuk mendaftarkan Laptop ke jaringan agar bisa terhubung. Tujuan lain biasanya jika ingin mengganti MAC Address Laptop, sehingga harus mencatat MAC Address bawaan Laptop tersebut terlebih dahulu.

Cara Melihat MAC Address Laptop Windows 10/8/7

Untuk melihat MAC Address Laptop yang menggunakan OS Windows, ada banyak cara yang dapat anda lakukan. Pada artikel ini akan dibahas 3 cara yang dapat anda lakukan untuk mengetahui MAC Address Laptop tanpa menggunakan software apapun. Dari ketiga cara tersebut, dua diantaranya dapat anda lakukan pada Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10. Sementara satu sisanya khusus untuk diterapkan pada Windows 10.

1. Melihat MAC Address Laptop Windows Melalui CMD

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk melihat MAC Address Laptop Windows adalah menggunakan CMD. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa CMD atau Command Prompt merupakan tool powerfull bawaan Windows yang bisa digunakan untuk apa saja. Tidak heran jika anda juga bisa menggunakan CMD ini jika ingin mengetahui MAC Address Laptop yang digunakan. Untuk melihat MAC Address Laptop anda menggunakan CMD, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka Command Prompt atau CMD, anda bisa mencarinya di Start Menu Windows dengan mengetikkan kata kunci “cmd”. Pada jendela CMD yang terbuka, silahkan ketikkan perintah berikut kemudian tekan enter di keyboard.

ipconfig /all

Maka, akan ditampikan sejumlah informasi yang anda butuhkan, termasuk informasi tentang MAC Address. Selanjutnya, anda tentukan MAC Address mana yang hendak anda ketahui, apakah MAC Address kartu LAN (Ethernet) atau kartu Wi-Fi (Wireless). Jika anda ingin melihat MAC Address LAN, silahkan cari bagian Ethernet adapter Ethernet. Sementara jika ingin mengetahui MAC Address Wi-Fi Laptop, silahkan cari bagian Wireless LAN adapter Wi-Fi. Jika sudah ketemu, silahkan perhatikan baris Physical Address yang merupakan MAC Address Laptop anda.

Cara melihat MAC Address komputer Windows menggunakan CMD

Cara pertama ini dapat anda gunakan untuk melihat MAC Address Laptop, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun pada Windows 10. Informasi yang ditampilkan juga akan sama saja pada setiap jenis Windows.

2. Melihat MAC Address Laptop Windows Melalui Control Panel

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk melihat MAC Address di Laptop adalah dengan menggunakan Control Panel. Cara ini juga tidaklah sulit dan bisa dipastikan dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka Control Panel, anda dapat melakukannya dengan membuat pencarian “control panel” di Start Menu Windows kemudian membukanya. Pada jendela utama Control Panel, silahkan klik View network status and task yang berada tepat dibawah Network and Internet.

Cek MAC Address di komputer

Pada jendela selanjutnya yang muncul, silahkan klik Change adapter settings yang terdapat pada panel sebelah kiri.

Melihat MAC Address WiFI yang terhubung

Selanjutnya, akan muncul jendela Network Connections yang memuat semua adapter jaringan yang terdapat pada Laptop anda, mulai dari Wi-Fi, LAN, Bluetooth, dll. Silahkan tentukan adapter atau kartu jaringan mana yang hendak anda ketahui MAC Addressnya, entah itu Ethernet (LAN) atau Wi-Fi. Setelah itu, double click (bisa juga dengan klik kanan lalu pilih Status) pada adapter tersebut untuk menampilkan jendela Status.

Membuka status jaringan

Pada jendela Status yang muncul, silahkan klik Details untuk menampilkan informasi yang lebih banyak. Selanjutnya, pada jendela Network Connection Details anda sudah dapat melihat MAC Address Laptop yang terdapat pada baris Phisycal Address.

Cara mengetahui MAC Address Laptop Windows melalui Control Panel

Sekedar informasi tambahan, bahwa pada jendela Network Connections diatas juga dapat digunakan untuk mematikan Wi-Fi atau LAN. Dan juga, cara kedua ini dapat dilakukan pada Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10.

3. Melihat MAC Address Laptop Windows 10 Melalui Settings

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk melihat MAC Address Laptop adalah dengan menggunakan Windows Settings. Namun, yang perlu anda ketahui bahwa cara ini khusus untuk Windows 10. Jika anda pengguna Windows 10, maka cara ini tidaklah sulit. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya.

Silahkan buka aplikasi Settings di Windows 10 Laptop anda. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara klik Settings di Start Menu Windows 10. Lalu, pada jendela Settings yang sudah terbuka, silahkan klik Network & Internet untuk membuka pengaturan jaringan dan internet.

Mengatur jaringan di Windows 10

Pada jendela selanjutnya, silahkan klik Wi-Fi (jika ingin mengetahui MAC Address Wi-Fi) atau Ethernet (jika ingin mengetahui MAC Address LAN) di panel sebelah kiri. Selanjutnya, pada panel sebelah kanan silahkan klik Hardware properties untuk membuka jendela properties.

Membuka properti jaringan Windows 10

Jendela properties akan menampilkan informasi terkait kartu jaringan dan koneksi internet anda. Untuk melihat MAC Address, silahkan perhatikan pada baris Physical Address (MAC) yang merupakan MAC Address yang anda cari.

Melihat MAC Address Windows 10

Sayangnya, seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa cara ini khusus untuk Windows 10. Tentu saja tidak dapat dilakukan jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1.

Itulah 3 cara mudah yang dapat anda lakukan jika ingin melihat MAC Address Laptop Windows anda. Ketiga cara diatas dapat anda gunakan jika hendak mengetahui MAC Address yang terdapat pada Laptop Windows yang digunakan, entah untuk tujuan apapun itu. Yang lebih menarik adalah karena ketiga cara tersebut tidak memerlukan software khusus, melainkan hanya menggunakan tools bawaan Windows.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here