Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Windows

0
19

cara mengembalikan file di recycle bin

Menghapus file saat menggunakan Laptop atau Komputer tentu merupakan suatu hal yang biasa. Namun, seringkali file yang sudah dihapus diperlukan lagi sehingga anda perlu mengembalikan file tersebut. Untungnya, pada Windows terdapat Recycle Bin yang berfungsi sebagai tempat sampah untuk menampung file yang sudah dihapus.

Jika anda menghapus file atau folder di Komputer Windows, maka file-file tersebut akan dipindahkan ke Recycle Bin. Jadi, jika suatu saat anda membutuhkan file tersebut, anda masih bisa mengembalikannya.

Tapi, perlu diketahui bahwa tidak semua file yang anda hapus akan tersimpan di recycle bin. Artinya, tidak semua file yang sudah dihapus bisa dikembalikan dengan cara ini. Semua ini tergantung dari bagaimana anda menghapus file dan folder tersebut. Jika anda menghapusnya secara permanen, maka tentu saja file anda tidak akan bisa dikembalikan. Selain itu, masih ada faktor lain yang membuat sebuah file tidak bisa dikembalikan dari Recycle Bin Windows.

Mengembalikan File yang Terhapus dari Recycle Bin

Jika anda sudah menghapus file dan ingin mengembalikannya, maka anda bisa melakukan proses restore dari Recycle Bin. Tapi, ini hanya bisa dilakukan jika anda tidak menghapus file tersebut secara permanen.

Untuk mengembalikan file dari Recycle Bin, anda bisa melakukannya dengan sangat mudah dan tidak perlu software atau aplikasi khusus. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama dan yang paling penting adalah silahkan anda membuka folder Recycle Bin terlebih dahulu. Di dalam folder tersebut anda akan melihat file-file apa saja yang sudah anda hapus dan masih bisa dikembalikan dengan cara ini.

Setelah Recycle Bin terbuka, silahkan anda cari dan pilih file apa saja yang ingin dikembalikan. Setelah menandai semua file yang ingin dikembalikan, silahkan klik kanan file yang sudah ditandai, kemudian klik Restore.

Baca Juga :
6 Cara Membuka / Menampilkan Recycle Bin pada Windows 10

Cara mengembalikan file yang terhapis dari recycle bin

Setelah itu, semua file yang anda tandai akan dikembalikan ke tempatnya semula. Jadi, silahkan anda buka folder dimana file tersebut anda hapus untuk melihat bahwa file tersebut sudah dikembalikan.

Dengan demikian, anda sudah berhasil mengembalikan file yang sudah dihapus dari Recycle Bin. Tapi, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tidak semua file yang sudah anda hapus bisa dikembalikan dengan cara ini.

File yang Tidak Bisa Dikembalikan dari Recycle Bin

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tidak semua file bisa anda kembalikan dari Recycle Bin. Berikut beberapa kondisi yang membuat file anda tidak bisa lagi dikembalikan melalui Recycle Bin.

1. File Dihapus Secara Permanen

Kondisi pertama yang membuat anda tidak akan bisa mengembalikan file yang sudah dihapus pada Komputer Windows adalah jika file tersebut terhapus permanen. Jadi, pastikan anda tidak menghapus file secara permanen untuk jaga-jaga file tersebut nantinya diperlukan lagi.

Jika anda belum tahu, ada dua jenis metode menghapus file pada sistem operasi Windows. Anda bisa menghapus file dengan cara biasa, yaitu klik kanan file kemudian klik Delete. Sementara untuk menghapus file secara permanen, anda bisa klik kanan pada file tersebut, kemudian tekan tombol Shift di Keyboard lalu klik Delete.

Jika anda menghapus file menggunakan metode yang kedua, maka file tersebut akan terhapus permanen dan tidak dipindahkan ke Recycle Bin. Artinya, anda tidak akan bisa mengembalikan file tersebut dari Recycle Bin karena memang tidak ada di Recycle Bin.

2. Recycle Bin Sudah Dikosongkan

Kondisi lainnya yang membuat anda tidak akan bisa mengembalikan file dari Recycle Bin adalah jika Recycle Bin sudah dikosongkan. Hal ini karena jika file Recycle Bin sudah kosong, artinya file-file anda sudah terhapus permanen.

Baca Juga :
3 Cara Menghilangkan Recycle Bin Desktop Windows 10,8,7

Hal ini berlaku jika anda menjalankan perintah Empty Recycle Bin ataupun menghapus semua file di Recycle Bin secara manual. Begitu juga jika anda membersihkan file-file sampah melalui Disk Cleanup, file di dalam Recycle Bin juga akan terhapus. Jadi, pastikan anda tidak membersihkan Recycle Bin untuk jaga-jaga file di dalamnya nanti masih diperlukan.

Bagaimana Mengembalikan File yang Sudah Terhapus Permanen?

Jika ternyata file-file anda sudah terhapus permanen dan tidak bisa lagi dikembalikan menggunakan cara di atas, maka tidak usah risau. Anda masih bisa mengembalikan file tersebut, namun diperlukan software khusus.

Untuk mengembalikan file yang tidak ada di Recycle Bin, silahkan anda ikuti panduan mengembalikan file yang terhapus permanen.

Penutup

Demikian cara mudah menghapus file yang terhapus dari Recycle Bin Windows. Anda bisa melakukan cara ini pada Windows 7, Windows 8.1, ataupun Windows 10. Jadi, jika anda sudah menghapus file dan memerlukannya lagi, silahkan kembalikan dengan cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda