Perbedaan Jenis Hardisk WD Black, Red, Gold, Blue, Purple

0
222

Perbedaan jenis Hardisk WD

Hardisk merupakan salah satu komponen utama dalam sistem komputer yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Meskipun sekarang sudah ada SSD yang memiliki kecepatan read dan write data lebih tinggi, namun tidak membuat Hardisk ditinggalkan begitu saja.

Ada banyak produsen Hardisk yang membuat banyak merk dan jenis Hardisk beraneka ragam, salah satunya adalah merk WD. Western Digital (WD) adalah salah satu produsen terkemuka dalam industri penyimpanan data, yang menawarkan berbagai varian Hardisk dengan berbagai warna dan fitur.

Dipasaran, Hardisk yang bermerk WD sendiri ada beragam jenisnya terlepas dari ukurannya, antara hardisk 2,5 inch untuk Laptop dan 3,5 inch untuk PC Desktop. Hardisk WD juga memiliki beragam jenis yang dapat dibedakan berdasarkan warna. Jenis Hardisk WD berdasarkan warnanya antara lain WD Black, Red, Gold, Blue, dan Purple. Masing-masing jenis warna Hardisk WD merepresentasikan fungsi dan kegunaan dari Hardisk tersebut.

Perbedaan WD Black, Red, Gold, Blue, dan Purple

Jika anda berencana membeli Hardisk WD, maka sebaiknya anda mengetahui apa saja perbedaan antara WD Black, Red, Gold, Blue, dan Purple. Hal ini karena masing-masing jenis Hardisk tersebut memiliki peruntukan yang berbeda-beda. Jadi, agar tidak salah beli, pastikan anda memilih yang sesuai kebutuhan.

1. WD Black

Varian Hardisk WD Black

WD Black adalah seri hardisk WD yang dikembangkan untuk kinerja tinggi dan digunakan terutama dalam Komputer PC Desktop dan Workstation. Hardisk WD Black memiliki kecepatan putar yang tinggi, cache yang besar, dan teknologi yang dioptimalkan untuk mengurangi latensi.

Hal tersebut membuat jenis Hardisk ini cocok untuk keperluan yang membutuhkan transfer data yang cepat, seperti game, pemrosesan multimedia, dan tugas berat lainnya. Hardisk WD Black juga sering digunakan dalam konfigurasi RAID.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel dan Port USB Beserta Fungsi Masing-Masing

Kecepatan read dan write data Hardisk WD Black biasanya mencapai sekitar 150-250 MBps, tergantung pada model dan kapasitasnya.

2. WD Red

Varian Hardisk WD Red

WD Red dirancang khusus untuk digunakan dalam sistem penyimpanan berbasis NAS (Network Attached Storage). Hardisk ini memiliki keandalan tinggi, mendukung beban kerja yang intensif, dan dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang mendukung operasional RAID.

WD Red juga memiliki teknologi yang mengoptimalkan pengurangan getaran dan kebisingan yang dihasilkan saat digunakan dalam server multiple-drive, serta dilengkapi dengan kontrol kesalahan yang canggih untuk menjaga integritas data yang disimpan.

Kecepatan read dan write data Hardisk WD Red biasanya berkisar 150-180 MBps, tergantung model dan kapasitasnya.

3. WD Gold

Varian Hardisk WD Gold

WD Gold merupakan salah satu varian hardisk dari Western Digital yang dirancang khusus untuk keperluan bisnis dan pusat data. Hardisk ini menawarkan kinerja yang handal, keandalan yang tinggi, serta kapasitas penyimpanan yang besar.

Hardisk WD Gold cocok untuk digunakan dalam sistem penyimpanan yang membutuhkan kinerja optimal, kecepatan transfer data yang tinggi, dan waktu operasional yang panjang.

Kecepatan read dan write data Hardisk WD Gold bisa mencapai sekitar 200-250 MBps, tergantung model dan kapasitasnya.

4. WD Blue

Varian Hardisk WD Blue

WD Blue adalah varian hardisk WD yang serbaguna dan cocok untuk keperluan komputasi sehari-hari. Hardisk ini menawarkan kinerja yang baik dengan kecepatan putar yang cukup tinggi dan cache yang cukup besar.

Hardisk WD Blue cocok untuk penggunaan dalam PC Desktop, Laptop, dan sistem penyimpanan eksternal. Meskipun tidak secepat WD Black, WD Blue menawarkan kombinasi yang baik antara kinerja dan harga yang terjangkau.

Kecepatan read dan write data pada Hardisk WD Blue bisa mencapai sekitar 100-150 MBps, tergantung model dan kapasitasnya.

Baca Juga : Perkenalkan Processor AMD Ryzen Threadripper 16 Core

5. WD Purple

Varian Hardisk WD Purple

WD Purple adalah varian hardisk WD yang dikembangkan khusus untuk digunakan dalam sistem pengawasan video (surveillance). Hardisk ini dirancang untuk menangani beban kerja yang terus-menerus dan pengoperasian 24/7 yang umum dalam sistem pengawasan.

HDD WD Purple memiliki fitur-fitur yang dioptimalkan untuk pengambilan data video yang kontinu, seperti kemampuan buffering, peningkatan performa streaming, dan melakukan penulisan ulang data yang cepat.

Selain itu, WD Purple juga dilengkapi dengan teknologi All Frame AI yang meningkatkan kecerdasan buatan untuk analisis video yang lebih baik, mendukung hingga 64 kamera, dan menjaga kestabilan kinerja saat merekam video simultan.

Kecepatan read dan write data Hardisk WD Purple berkisar 110-160 MBps, tergantung model dan kapasitasnya.

Penutup

Demikian penjelasan tentang perbedaan antara jenis Hardisk WD Black, Red, Gold, Blue, dan Purple. Hardisk WD Black, Gold, Red, Blue, dan Purple menawarkan perbedaan dalam hal kecepatan, efisiensi energi, keandalan, dan tujuan penggunaan.

Jadi, sebelum memilih hardisk WD yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan lingkungan penggunaan Anda. Apakah Anda membutuhkan kinerja tinggi, efisiensi energi, keandalan tinggi, atau dukungan khusus untuk pengawasan video, WD menawarkan varian hardisk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda