Perbedaan MB (Megabyte) dan Mb (Megabit), Mirip Tapi Tak Sama

0
574

perbedaan MB (Megabyte) dan Mb (Megabit) dan penggunaan istilah yang tepat

Bagi pengguna Komputer, tentu sudah tidak asing dan sering melihat istilah MB dan Mb. Terkadang keduanya dianggap sama saja, karena memang terlihat mirip. Padahal ada beberapa perbedaan MB dan Mb meskipun keduanya terlihat mirip.

Memang wajar jika MB dan Mb dianggap sama, karena menggunakan huruf yang sama, hanya saja ada yang menggunakan huruf “B” kapital dan ada yang menggunakan huruf “b” kecil. Padahal yang membedakan keduanya tidak hanya sekedar huruf kapital dan kecil.

Ada beragam perbedaan antara MB (Megabyte) dan Mb (Megabit) yang meskipun memiliki huruf yang sama, namun terdapat perbedaan signifikan dalam penggunaan dan lainnya. MB atau Megabyte merupakan salah satu dari satuan kapasitas penyimpanan. Sedangkan Mb atau Megabit meskipun mirip tapi bukanlah satuan kapasitas penyimpanan. Selain itu, nilai keduanya tentu saja berbeda sehingga harus digunakan untuk penggunaan yang tepat.

Nilai dan Konversi Antara MB dan Mb

Sebelum membahas tentang nilai MB dan Mb, terlebih dahulu harus diketahui nilai dari satuan terkecil keduanya, yaitu byte (B) dan bit (b). Satuan byte merupakan tingkatan terendah dari kapasitas penyimpanan dimana 1 byte (B) bernilai 8 bit (b).

Berdasarkan hal tersebut, maka didapatlah nilai MB dan Mb dimana 1 MB senilai dengan 8 Mb. Sebaliknya, nilai 1 Mb adalah 1/8 MB atau 0,125 MB. Dari sini terlihat bahwa perbedaan nilai keduanya cukup jauh sehingga menimbulkan banyak perbedaan dalam penggunaannya.

Perbedaan MB (Megabyte) dan Mb (Megabit)

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa MB dan Mb memang terlihat sama, tapi sebenarnya memiliki beberapa perbedaan sehingga tidak boleh salah mengartikan dalam penggunaan kedua istilah tersebut. Berikut beberapa perbedaan antara MB dan Mb yang harus dipahami agar tidak salah.

Baca Juga : Cara Sinkronisasi Google Drive dengan Laptop untuk Backup Data Otomatis

1. Satuan Ukuran

Megabyte (MB) dan Megabit (Mb) memiliki perbedaan dalam satuan ukuran dan nilai. MB merupakan satuan ukuran untuk kapasitas penyimpanan yang dihitung dalam byte. Istilah lainnya yang sehubungan dengan satuan kapasitas penyimpanan seperti Kilobyte (KB), Gigabyte (GB), dan seterusnya.

Sedangkan Mb adalah satuan ukuran untuk kecepatan transfer data yang dihitung dalam bit per detik (bps), yaitu Mbps (Megabit per second). Istilah lainnya yang sehubungan dengan satuan ukuran kecepatan transfer data seperti Kbps (Kilobit per second).

2. Penggunaan

Istilah MB atau Megabyte digunakan untuk menuliskan ukuran file dan kapasitas pada media penyimpanan seperti Hardisk, SSD, Flashdisk, atau kartu memori. Misalnya untuk menuliskan ukuran file dokumen, foto, video, audio dan lainnya seperti 8 MB, 25 MB, dll. Sementara untuk menuliskan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, bisa digunakan tingkatan satuan di atasnya, misalnya 500 GB, 128 GB, dan lainnya.

Penggunaan MB (Megabyte) untuk menuliskan ukuran file atau kapasitas media penyimpanan

Sedangkan istilah Mb atau Megabit digunakan untuk menuliskan kecepatan transfer data, baik itu pada Komputer maupun transfer data pada jaringan internet. Penggunaan yang paling sering ditemui adalah untuk menuliskan kecepatan internet, misalnya 10 Mbps, 20 Mbps, dan lainnya.

Penggunaan Mb (Megabit) untuk menuliskan kecepatan internet dalam bentuk Mbps

3. Kecepatan Transfer Data

Perbedaan lainnya antara MB dan Mb akan terlihat jika digunakan untuk menuliskan kecepatan transfer data. Dimana sebelumnya sudah dijelaskan bahwa 1 MB = 8 Mb, yang artinya nilai Mb 8 kali lipat lebih besar dari MB.

Artinya, jika kecepatan transfer data yang dituliskan dalam Mb akan selalu lebih besar dibanding jika dituliskan dalam MB. Sebagai contoh, jika anda membeli paket internet dengan kecepatan 10 Mbps (Megabit per detik), kemudian anda mendownload file dan kecepatannya tertulis dalam MB, maka hanya akan tertulis 1,25 MBps (Megabyte per detik).

Baca Juga : Apa itu Windows 10 S? serta kelebihan dan kekurangannya

Hal ini bukan berarti paket internet yang anda beli tidak sesuai atau anda tertipu, tetapi karena memang satuan pada paket internet menggunakan Mb, dan pada aplikasi downloader menggunakan MB yang merupakan bagi delapan dari Mb.

4. Penulisan

Hal terpenting yang membedakan keduanya adalah dari segi penulisan. Mengingat bahwa kesalahan penulisan bisa memberikan arti dan nilai yang berbeda, maka tidak boleh keliru dalam menuliskan antara MB dan Mb.

Megabyte jika disingkat menjadi MB dituliskan dengan menggunakan huruf “B” kapital. Sedangkan Megabit jika disingkat menjadi Mb dituliskan dengan menggunakan huruf “b” kecil.

Jika dituliskan untuk mengukur kecepatan transfer data, maka Megabit dituliskan dengan Mbps (Megabit per second), dan Megabyte dituliskan dengan MBps (Megabyte per second).

Penutup

Demikian penjelasan tentang apa saja perbedaan MB (Megabyte) dan Mb (Megabit) dan kapan istilah tersebut digunakan. Pada penjelasan di atas terlihat bahwa meskipun terlihat sama, tapi ada beragam perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Oleh karena itu, selaku pengguna Komputer harus paham dan tidak boleh salah dalam menggunakan kedua istilah tersebut.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda