3 Cara Mudah Cek Status Aktivasi Windows 10

2452

3 cara cek status aktivasi Windows 10

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows 10 pada Laptop kesayangan yang digunakan, maka ada beberapa hal penting yang harus dilakukan. Ketika anda menggunakan Windows 10 copy (Bukan Windows yang tertanam pada Laptop sejak dibeli), maka anda diharuskan untuk melakukan aktivasi Windows. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan, yaitu menggunakan product key asli atau menggunakan software cracking.

Setelah anda melakukan aktivasi Windows 10, pekerjaan belum selesai. Masih ada hal lain yang tidak boleh anda lewatkan, salah satunya yang sangat penting adalah cek status aktivasi Windows 10 tersebut. Anda perlu melakukan pemeriksaan terkait proses aktivasi Windows 10 yang telah dilakukan, apakah sudah berhasil atau belum.

Cara Cek Status Aktivasi Windows 10

Untuk cek status aktivasi Windows 10 ini, sebenarnya ada beberapa metode yang dapat anda gunakan. Meskipun menggunakan metode yang berbeda, tapi hasil yang akan diperoleh sama saja yaitu sama-sama memberikan informasi terkait status aktivasi Windows 10 pada laptop anda.

1. Cek Status Aktivasi Melalui Windows Settings

Untuk melakukan pekerjaan cek status aktivasi Windows 10, maka salah satu cara yang dapat anda gunakan adalah dengan melihat statusnya melalui Windows Settings. Untuk melakukan cara ini silahkan buka Windows Settings dengan cara klik Settings pada Start Menu Windows 10.

Membuka Windows Settings untuk cek status aktivasi Windows

Pada jendela Settings, silahkan klik menu Update & Security.

Masuk ke update dan security Windows 10

Setelah masuk ke bagian Update & Security di Windows Settings, silahkan klik Activation pada panel kiri. Kemudian pada panel kanan anda akan melihat status aktivasi Windows 10 yang terinstall pada Laptop anda.

Melihat status aktivasi Windows 10

Jika Windows 10 anda sudah teraktivasi dengan benar, maka statusnya akan bertuliskan Windows is Activated.

2. Cek Status Aktivasi Melalui Control Panel

Cara lain untuk cek status aktivasi Windows 10 yang dapat anda gunakan adalah dengan melihat statusnya melalui Control Panel. Cara ini bisa dikatakan cara yang paling umum dan sering digunakan untuk cek status aktivasi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10.

Jika anda ingin menggunakan cara ini, silahkan buka Control Panel. Jika anda belum tahu caranya, silahkan ketik “control panel” pada pencarian Start Menu.

Membuka Control panel untuk cek status aktivasi Windows

Pada jendela utama Control Panel, silahkan klik menu System and Security.

Masuk ke system and security Control Panel

Jika anda sudah berada pada halaman System and Security, silahkan klik menu System.

Masuk ke system Windows Control Panel untuk cek status aktivasi

Selanjutnya, scroll kebawah pada halaman system, dan anda akan menemukan bagian Windows activation yang menunjukkan status aktivasi Windows 10 yang terpasang pada Laptop anda.

Status aktivasi Windows 10

Jika pada Windows activation tersebut terdapat keterangan Windows is activated, artinya Windows 10 anda sudah teraktivasi dengan benar.

3. Cek Status Aktivasi Menggunakan CMD

Metode lain yang dapat anda gunakan untuk memeriksa status aktivasi Windows 10 adalah dengan menggunakan CMD. Anda dapat memeriksa status aktivasi hanya dengan mengetikkan satu perintah pada CMD, dan cara ini akan bekerja pada semua versi Windows modern.

Silahkan buka Command Prompt pada Windows 10 anda dengan hak Administrator (Run as administrator).

Menjalankan CMD sebagai Administrator

Selanjutnya, pada jendela CMD silahkan ketikkan perintah “slmgr /xpr”, kemudian tekan Enter pada keyboard.

Cek status aktivasi dan tanggal kadaluarsa Windows menggunakan CMD

Akan ditampilkan hasil berupa jendela Windows Script Host yang berisi status aktivasi Windows 10 anda. Jika pada jendela tersebut terdapat keterangan The machine is permanently activated atau Volume activation will expire…, artinya Windows 10 anda sudah berhasil diaktivasi.

Itulah beberapa cara cek status aktivasi Windows 10 yang terinstall pada Laptop anda. Anda dapat menggunakan salah satu cara diatas jika merasa ragu apakah Windows 10 yang digunakan sudah teraktivasi dengan benar.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here