6 Cara Aktivasi Windows 10 Permanen GRATIS (100% Berhasil)

302
145609

Cara aktivasi Windows 10 Pro, Home, Enterprise permanen secara offline

Windows 10 merupakan sistem operasi keluaran Microsoft yang saat ini paling banyak digunakan oleh pengguna Komputer. Setelah menginstall Windows 10 di Laptop atau Komputer PC, maka anda juga harus melakukan proses aktivasi. Oleh karena itu pada artikel ini dibahas beberapa cara aktivasi Windows 10 yang bisa anda lakukan.

Proses tersebut perlu karena ada beberapa kekurangan pada Windows 10 yang tidak teraktivasi, salah satunya muncul watermark “Activate Windows“. Dengan kata lain, aktivasi Windows 10 merupakan cara untuk menghilangkan tulisan Activate Windows, baik itu pada edisi Home, Pro, maupun Enterprise.

Ketika anda hendak mengaktifkan Laptop atau Komputer PC Windows 10 maka biasanya cara untuk melakukannya memerlukan sebuah product key. Product key ini bisa anda temukan di mana saja, baik secara online maupun offline. Harga product key Windows 10 memang lumayan mahal sehingga beberapa orang memilih untuk tidak membelinya. Meskipun demikian, Windows 10 anda tetap harus diaktivasi agar bisa digunakan dengan nyaman.

Kenapa Perlu Mengaktivasi Windows 10?

Ada beberapa alasan yang membuat anda harus melakukan proses aktivasi pada Windows 10 yang terinstall di Laptop, baik itu versi Windows 10 Home, Pro, dan Enterprise. Berikut beberapa masalah yang akan terjadi jika Windows 10 tidak diaktivasi:

a. Muncul Notifikasi Aktivasi

Masalah pertama yang akan terjadi jika Windows 10 di Laptop atau Komputer PC anda tidak diaktivasi adalah munculnya notifikasi yang meminta aktivasi. Notifikasi tersebut berupa watermark yang terdapat di bagian bawah kanan layar Laptop atau monitor Komputer PC.

Notifikasi tersebut akan selalu terlihat meskipun anda sedang membuka aplikasi di Windows 10. Akibatnya, notifikasi tersebut bisa saja mengganggu anda dan membuat kurang nyaman nantinya.

Notifikasi untuk mengaktifkan Windows 10 tersebut biasanya akan muncul setelah 30 hari anda menginstall Windows 10 dan belum juga melakukan aktivasi. Jadi, silahkan melakukan proses aktivasi agar notifikasi tersebut hilang dari layar Laptop atau monitor Komputer PC anda.

b. Tidak Bisa Melakukan Personalisasi

Jika anda mencoba untuk melakukan personalisasi atau mengatur tampilan di Windows 10 yang tidak teraktivasi, maka hal ini tidak akan bisa dilakukan. Hal ini karena pengaturan personalisasi pada Windows 10 yang tidak diaktivasi akan terkunci dan tidak dapat diubah.

Artinya, anda tidak akan bisa mengganti tampilan seperti mengubah warna dasar, mengecilkan taskbar, dan lain sebagainya. Akibatnya, anda tidak akan bisa mempercantik tampilan Windows 10 yang terinstall di Laptop. Selain itu, tampilan Windows 10 yang monoton karena tidak bisa dipersonalisasi bisa saja membuat anda lebih cepat bosan saat menggunakannya.

c. Tidak Bisa Mengganti Tema Windows 10

Tema di sebuah sistem operasi merupakan salah satu yang penting karena menjadi unsur estetika, termasuk pada Windows 10. Windows 10 memberikan fasilitas untuk mempercantik tampilannya dengan mengganti tema dari beragam pilihan yang tersedia.

Sayangnya, jika anda tidak mengaktivasi Windows 10 yang terinstall di Laptop, maka anda tidak akan bisa mengganti tema. Dengan demikian, anda hanya akan bisa menggunakan theme default yang itu-itu saja dan akan terasa membosankan.

d. Windows Update Tidak Berfungsi

Melakukan update pada Windows 10 mungkin jarang diperhatikan, bahkan ada yang justru ingin mematikan fitur update tersebut. Padahal, sangat penting untuk melakukan pembaharuan secara berkala agar Windows 10 anda tidak usang dan terus mendapatkan peningkatan pada antivirus bawaan Windows 10, yaitu Windows Security.

Sayangnya, jika Windows 10 sudah meminta untuk melakukan aktivasi dan anda tidak kunjung melakukannya, biasanya fitur Windows Update akan menjadi tidak berfungsi. Akibatnya, anda tidak akan bisa lagi mengupdate Windows 10 hingga dilakukan proses aktivasi.

Bisakah Windows 10 Diaktivasi Tanpa Product Key?

Jika hendak mengaktifkan Windows 10 tetapi tidak memiliki product key, maka anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengaktifkan Windows 10 Home, Pro dan Enterprise yang terinstall di Laptop atau Komputer PC meskipun tidak memiliki product key dengan menggunakan beragam cara.

Proses aktivasi tanpa serial number atau product key ini bisa dilakukan secara gratis sehingga akan sangat memudahkan anda. Metode ini juga bisa dilakukan tanpa harus mendownload aplikasi crack apapun, dan ada juga cara yang harus pakai software aktivator. Tapi, tentu saja akan lebih baik jika anda mengaktifkan Windows 10 menggunakan lisensi original.

Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Online Tanpa Software Aktivator

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa mengaktifkan Windows 10 dengan berbagai cara. Anda bisa melakukan proses activate meski tidak punya product key tanpa bantuan software crack, hingga menggunakan lisensi original.

1. Mengaktifkan Windows 10 Secara Gratis dengan File Batch

Cara pertama untuk mengaktifkan OS Windows 10 di Laptop tetapi tidak memiliki product key bisa dilakukan tanpa bantuan software apapun. Jadi, anda tidak perlu repot download software atau aplikasi crack seperti KMS.

Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengaktifkan Windows 10 Home, Pro, Education, serta Enterprise. Jadi, Windows 10 apapun yang anda gunakan di Laptop, bisa diaktifkan dengan cara ini tanpa harus repot download software aktivator.

Namun, perlu anda ketahui bahwa cara ini memerlukan koneksi internet agar bisa bekerja. Jadi, pastikan Laptop atau Komputer PC yang digunakan sudah tersambung dengan jaringan internet saat melakukan cara ini. Jika sudah tersambung internet, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, pastikan Laptop anda sudah konek internet karena ini aktivasi online.
  2. Setelah itu, silahkan klik link di bawah ini untuk mendapatkan kode aktivasinya. Lihat Kode Aktivasi Windows 10
  3. Kemudian, pada halaman yang terbuka akan menampilkan kode, klik kanan pada halaman tersebut lalu klik Save as.
    cara aktivasi Windows 10 menggunakan file batch
  4. Pada jendela Save As yang terbuka, silahkan pilih lokasi dimana anda ingin menyimpan file tersebut, misalnya di Desktop.
  5. Setelah itu, silahkan ubah bagian Save as type menjadi All Files.
  6. Kemudian ubah juga nama file sesuai keinginan dan tambahkan .bat pada akhiran nama file tersebut.
  7. Setelah mengatur semuanya, silahkan klik tombol Save untuk menyimpan file batch tersebut.
    cara mengaktivasi Windows 10 menggunakan file batch
  8. Setelah tersimpan, silahkan buka File Explorer dan cari dimana anda menyimpan file batch tersebut.
  9. Kemudian, klik kanan pada file tersebut, lalu klik Run as administrator untuk menjalankannya sebagai admin.
    Jalankan file bat activator Windows 10 sebagai administrator
  10. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan anda klik Yes untuk tetap melanjutkan sebagai administrator.
    Pilih Yes pada jendela User Account Control
  11. Selanjutnya, akan terbuka jendela CMD dan proses aktivasi Windows 10 akan berlangsung secara otomatis.
  12. Silahkan tunggu saja hingga proses tersebut selesai yang ditandai dengan munculnya keterangan Product activated successful.
    Proses aktifasi Windows 10 tanpa software dengan CMD
  13. Terakhir, silahkan menutup jendela CMD tersebut karena tidak dibutuhkan lagi.
Baca Juga : Cara Membuat Multi Tab pada File Explorer Windows 10,8,7

Sekarang anda sudah bisa menggunakan semua fitur Windows 10 tersebut karena sudah aktif. Dengan demikian, anda sudah berhasil mengaktifkan Windows 10 tanpa aplikasi crack meskipun tidak memiliki product key.

2. Mengaktifkan Windows 10 Secara Gratis dengan CMD

Metode lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan Windows 10 jika tidak punya product key dan tanpa software crack adalah dengan menggunakan CMD. Jadi, anda juga tidak perlu repot-repot mendownload software KMS dan sejenisnya.

Metode aktifasi Windows 10 dengan cara ini akan menjalankan Windows Script Host melalui Command Prompt (CMD). Jadi, jika pada Laptop anda terinstall Smadav, silahkan meng-enable Windows Script Host terlebih dahulu. Hal ini diperlukan karena Smadav akan melarang untuk menjalankan Windows Script Host sehingga perintah yang dimasukkan nantinya tidak bisa dijalankan.

Jika sudah tidak ada masalah dengan Windows Script Host, maka silahkan anda langsung saja melakukan proses activation Windows 10 menggunakan CMD dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda membuka CMD dan jalankan sebagai administrator (Run as administrator).
  2. Pada jendela User Account Control yang terbuka, silahkan klik Yes untuk melanjutkan.
  3. Pada jendela CMD, silahkan masukkan kode slmgr /upk dan slmgr /cpky kemudian tekan Enter di Keyboard untuk membersihkan key.
  4. Setelah itu akan muncul keterangan Product key from registry cleared successfully, silahkan klik Ok untuk menutupnya.
  5. Selanjutnya, jika anda menggunakan Windows 10 Pro, masukkan kode berikut kemudian tekan Enter untuk memasang product key.
    slmgr /ipk W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
  6. Atau, jika anda menggunakan Windows 10 Enterprise, masukkan kode kemudian tekan Enter.
    slmgr /ipk NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43
  7. Jika tidak tahu pakai Windows 10 yang mana, silahkan cek jenis Windows 10 anda, entah itu Home, Pro, atau Enterprise.
  8. Jika pemasangan product key Windows 10 berhasil, akan muncul keterangan Installer product key successfully.
  9. Silahkan klik tombol Ok untuk menutup pemberitahuan tersebut.
    Install product key Windows 10 dengan CMD
  10. Selanjutnya, silahkan masukkan kode berikut kemudian tekan Enter untuk mengatur alamat server KMS.
    slmgr /skms kms8.msguides.com
  11. Jika berhasil, maka akan muncul keterangan successfully dan klik Ok untuk menutupnya.
  12. Setelah itu, silahkan anda mengetikkan perintah slmgr /ato kemudian tekan Enter untuk mengaktifkan Windows 10.
  13. Jika proses aktivasi sukses, maka akan muncul keterangan Product activated successfully dan silahkan klik Ok.
    cara aktivasi windows 10 dengan menggunakan CMD
  14. Terakhir, silahkan anda menutup jendela CMD tersebut karena proses aktivasi sudah selesai.

Jika semua langkah-langkah di atas bisa anda lakukan dengan sukses, maka proses aktivasi Windows 10 dengan CMD berhasil dan Windows sudah teraktivasi.

3. Aktivasi Windows 10 Tanpa Software dengan Lisensi Original

Saat anda ingin melakukan aktivasi Windows 10 original tanpa menggunakan software crack, maka anda memerlukan product key. Jadi, pastikan anda sudah memiliki product key atau serial number original Windows 10.

Jika ternyata belum memiliki product key atau serial number, tidah usah khawatir karena anda dapat memperolehnya dengan harga yang sangat murah. Anda bisa mendapatkan lisensi tersebut tanpa mengeluarkan banyak uang dengan membelinya pada penjual lisensi Windows 10 murah.

Setelah memiliki product key lisensi Windows 10 tersebut, maka anda sudah dapat melakukan aktivasi secara online tanpa menggunakan software. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan buka Settings di Laptop atau Komputer Windows 10 anda.
  2. Pada Settings silahkan klik Windows isn’t activated Activate Windows now.
    activate windows 10 original
  3. Setelah terbuka jendela selanjutnya, klik Activation pada bagian sebelah kiri.
  4. Pada bagian sebelah kanan, klik Change product key untuk memasukkan lisensi original Windows 10.
    Mengubah product key Windows 10
  5. Setelah muncul jendela Enter a product key, masukkan serial number lisensi Windows 10 anda.
  6. Kalau sudah memasukkan lisensi, silahkan klik Next untuk melanjutkan.
    Masukkan product key Windows 10
  7. Pada jendela Activate Windows yang muncul, klik Activate untuk mengaktifkan Windows 10.
    Mengaktifkan Windows 10 menggunakan lisensi original
  8. Jika aktivasi berhasil, maka akan muncul keterangan Windows has been activated.
  9. Silahkan klik Close untuk menutup jendela tersebut.
    Windows sudah teraktivasi asli
  10. Terakhir, silahkan tutup aplikasi Settings Windows 10 anda.
Baca Juga : 4 Perbedaan Fitur Antara Windows 10 Pro dan Home

Dengan melakukan proses aktivasi di atas menggunakan lisensi asli, maka Windows 10 anda sudah teraktivasi original. Karena menggunakan lisensi original, artinya Windows 10 yang anda gunakan juga asli dan bukan bajakan.

Cara Aktivasi Windows 10 Secara Gratis dan Offline Menggunakan Software Aktivator

Jika anda sudah mencoba metode aktivasi tanpa software di atas dan tidak berhasil, maka silahkan melakukan aktivasi menggunakan software aktivator seperti pada cara-cara di bawah ini. Namun, jika ingin menggunakan software aktivator, maka ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses aktivasi dapat berjalan lancar.

Persiapan Aktivasi Offline Windows 10 Menggunakan Software Crack

Metode lainnya yang bisa dilakukan untuk mengaktivasi Windows 10 jika anda tidak memiliki product key adalah dengan menggunakan tool atau aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa tool atau software crack yang dapat anda gunakan untuk mengaktifkan Windows 10 Home, Pro, maupun Enterprise, seperti KMS Auto Lite, KMS Pico, dan KMS Auto Net.

Tetapi, jika anda ingin menggunakan software aktivator, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Persiapan tersebut diperlukan akan proses aktivasinya nanti dapat berjalan lancar dan berhasil. Berikut beberapa persiapan yang harus anda lakukan.

a. Mematikan Windows Defender atau Antivirus Lain

Sebelum mengaktifkan Windows 10 menggunakan program KMS Auto Lite atau KMS Pico, pastikan anda sudah mematikan Windows Defender atau antivirus lain yang terpasang pada Laptop. Ketika anda menjalankan program tool aktivator, Windows Defender atau Antivirus lainnya akan menganggap program tersebut sebagai ancaman, meskipun sebenarnya aktivator tersebut aman dan tidak berbahaya.

Akibatnya program tersebut tidak akan dapat anda jalankan pada Laptop atau Komputer Windows 10 karena terjadi error. Pada KMS Auto Lite atau software aktivator lain biasanya akan muncul error CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software).

Oleh karena itu, sebelum menggunakan tool aktivator maka anda perlu mematikan antivirus terlebih dahulu. Jika anda menggunakan Windows Defender, silahkan ikuti panduan mematikan Windows Defender untuk sementara waktu. Jika ternyata anda menggunakan program antivirus lain, maka anda bisa mematikannya pada bagian Settings antivirus tersebut.

b. Mengizinkan Windows Script Host

Persiapan selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memberikan izin terhadap eksekusi Windows Script Host, tetapi ini hanya perlu jika anda menggunakan antivirus Smadav. Ketika menggunakan program antivirus Smadav, maka status Windows Script Host akan berubah menjadi disable.

Sementara itu, program aktivator seperti KMS Auto Lite, KMS Pico atau KMS Auto Net memerlukan izin untuk menjalankan Windows Script Host. Oleh karena itu, anda perlu memberikan izin (allow) fitur tersebut pada Smadav. Untuk meng-allow Windows Script Host pada Smadav, silahkan ikuti panduan mengatasi Windows Script Host is Disabled on This Machine.

Setelah menyelesaikan tahap persiapan, maka anda sudah bisa melakukan aktivasi Windows 10 Home, Pro, maupun Enterprise secara permanen dan offline menggunakan software crack.

Tetapi, perlu anda ketahui bahwa Windows 10 anda akan menjadi bajakan jika diaktivasi menggunakan software crack, jadi akan lebih baik menggunakan lisensi original. Jika anda tetap ingin melakukannya, silahkan simak dan gunakan cara-cara berikut ini.

4. Aktifkan Menggunakan KMS Auto Lite

Salah satu tool aktivator untuk aktivasi Windows 10 home, pro, dan enterprise permanen adalah aplikasi KMS Auto Lite. Program ini merupakan software yang memiliki fungsi untuk melakukan aktivasi Windows dan Office. Untuk mengaktifkan Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Sebelum memasuki proses aktivasi, silahkan download software KMS Auto Lite terlebih dahulu. Download KMS Auto Lite
  2. Selanjutnya, silahkan ekstrak file rar KMS Auto Lite yang sudah anda download.
  3. Buka folder hasil ekstrak dan anda akan menemukan dua file, yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto.
  4. Jalankan salah satu file tersebut sesuai bit Windows Laptop anda, agar tidak salah maka silahkan cek bit Windows anda terlebih dahulu.
  5. Jika menggunakan Windows 64 Bit, jalankan file KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan jalankan file KMSAuto.
  6. Pastikan anda menjalankan KMS Auto Lite dengan mode administrator (Run as administrator).
    Cara aktivasi Windows 10 secara offlie menggunakan KMS Auto Lite
  7. Setelah itu, silahkan anda klik Yes pada jendela User Account Control yang muncul.
  8. Pada jendela KMS Auto Lite, anda akan berada pada tab Main Window, silahkan klik opsi Install GVLK.
  9. Selanjutnya, silahkan centang Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 10 dari KMS Auto Lite.
    Pasang product key dari KMS Auto Lite
  10. Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar).
  11. Selanjutnya, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 10 yang anda gunakan.
    Activate Windows 10 dengan KMS Auto Lite
  12. Jika proses aktivasi sukses, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar).
    Activasi Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite
  13. Terakhir, silahkan menutup jendela aplikasi KMS Auto Lite.

Setelah melakukan aktivasi menggunakan cara di atas, maka silahkan periksa apakah sudah teraktivasi atau belum. Jika sudah aktif, maka silahkan gunakan Windows 10 yang sudah anda aktifkan tersebut.

5. Aktifkan Menggunakan KMS Pico

Cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk aktivasi Windows 10 home, pro, dan enterprise jika tidak memiliki product key adalah menggunakan KMS Pico. Program aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan KMS Auto Lite, hanya saja penggunaannya lebih mudah. Untuk mengaktifkan Windows 10 dengan software aktivator ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda download aplikasi KMS Pico terlebih dahulu melalui link berikut. Download KMS Pico
  2. Selanjutnya, ekstrak file software KMS Pico yang sudah anda download tadi.
  3. Setelah itu, jalankan file tersebut dengan cara klik kanan file KMSpico, kemudian klik Run as Administrator.
    Mengaktifkan Windows 2010 menggunakan KMS Pico
  4. Kemudian, pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
  5. Setelah itu, proses aktivasi akan berlangsung secara otomatis, silahkan anda tunggu hingga selesai.
  6. Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi suara yang berkata “complete” yang artinya proses activate berhasil.
  7. Terakhir, silahkan menutup jendela KMS Pico karena proses aktivasi sudah selesai.
Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 7 Permanen GRATIS (100% Berhasil)

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka Laptop atau Komputer PC Windows 10 anda akan teraktivasi dan semua fitur sudah bisa digunakan.

6. Aktifkan Menggunakan KMS Auto Net

Software crack lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengaktivasi Windows 10 adalah KMS Auto Net. Tata cara menggunakan software ini untuk membuat Windows 10 anda menjadi aktif juga sangat mudah. Untuk mengaktifkan Windows 10 dengan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan anda sudah punya KMS Auto Net, jika belum maka silahkan download terlebih dahulu. Download KMS Auto Net
  2. Setelah didownload, silahkan mengekstrak file KMS Auto Net tersebut kemudian buka folder hasil ekstrak.
  3. Silahkan anda menjalankan file KMSAuto Net sebagai administrator (Run as administrator).
  4. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
  5. Selanjutnya, pada aplikasi KMSAuto Net yang terbuka, silahkan anda klik tombol Activation.
  6. Kemudian, pada jendela selanjutnya silahkan klik Activate Windows untuk langsung memulai proses aktivasi.
    mengaktifkan Windows 10 dengan KMS Auto Net
  7. Setelah itu, proses aktivasi akan berlangsung, jadi silahkan tunggu saja hingga selesai.
  8. Jika proses aktivasi sudah selesai dan sukses, maka akan muncul keterangan Product successfully activated.
  9. Terakhir, silahkan tutup jendela aplikasi KMS Auto Net tersebut.

Dengan demikian, anda sudah berhasil mengaktifkan Windows 10 yang digunakan menggunakan KMS Auto Net.

Periksa Status Activation Windows 10

Setelah mengikuti salah satu cara di atas, maka silahkan kembali cek status aktivasi Windows 10 yang terpasang pada Laptop atau Komputer PC anda. Anda bisa melakukan pengecekan melalui Windows Settings maupun via Control Panel. Untuk melakukan pengecekan via Windows Settings, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda klik Start Menu Windows 10, kemudian klik Settings (icon gerigi).
  2. Setelah terbuka jendela Settings, silahkan klik Update & Security.
  3. Pada halaman yang terbuka, silahkan klik Activation yang ada di bagian sebelah kiri.
  4. Setelah itu, akan muncul bagian Activation yang menampilkan status aktivasi Windows 10 anda.

Jika proses aktivasi yang anda lakukan sudah berhasil, maka pada bagian activation akan tertulis keterangan Windows is activated yang artinya bahwa Windows 10 anda sudah teraktivasi. Itu artinya bahwa sekarang anda sudah bisa menggunakan semua fitur Windows 10, termasuk mengubah pengaturan personalisasi.

Keterangan Windows sudah aktif

Tapi, jika ternyata status Windows 10 anda belum teraktivasi, maka silahkan anda mengulangi salah satu cara aktivasi di atas. Pastikan bahwa anda mengikuti semua langkah dengan benar agar proses aktivasinya berhasil.

Cek Masa Aktif Windows 10, Permanen atau Tidak

Setelah Laptop Windows 10 anda berhasil teraktivasi, maka tidak ada salahnya anda juga mengecek masa aktifnya. Anda bisa melakukan pengecekan masa aktif tersebut untuk mengetahui apakah Windows 10 anda teraktivasi permanen atau ada masa expirednya. Untuk melakukan pengecekan masa aktif Windows 10, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda membuka CMD dan jalankan sebagai admin (Run as administrator).
  2. Kemudian, pada jendela Command Prompt yang terbuka, silahkan ketikkan kode slmgr.vbs /xpr lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu akan muncul keterangan yang menampilkan masa aktif Windows 10 anda, permanen atau ada tanggal expired-nya.
    cara mengecek masa aktif Windows 10, permanen atau tidak

Secara umum jika anda melakukan aktivasi menggunakan lisensi original, maka Laptop Windows 10 anda akan teraktivasi permanen. Namun, jika anda melakukan aktivasi menggunakan file batch, CMD, maupun aplikasi aktivator, maka Windows 10 tersebut hanya akan aktif selama 180 hari atau 6 bulan.

Namun, tidak usah khawatir karena meskipun Windows 10 anda hanya aktif selama 6 bulan, anda tetap bisa menggunakan Windows 10 tersebut sampai kapanpun. Tapi, anda harus melakukan proses aktivasi ulang jika masa aktif Windows 10 anda sudah habis.

Dengan kata lain, jika anda ingin terus menggunakan Windows 10 yang teraktivasi, maka anda harus melakukan aktivasi setiap 6 bulan sekali. Tentu saja ini tidaklah merepotkan karena proses aktivasinya sangat mudah dan cuma butuh waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Penutup

Demikian beberapa cara aktivasi Windows 10 home, pro, education dan enterprise secara permanen yang dapat anda lakukan dengan software crack ataupun tanpa aplikasi. Jadi, jika saat ini Windows 10 anda tidak aktif, maka silahkan gunakan salah satu cara di atas untuk mengaktifkannya.

Kalau anda tidak punya product key, maka anda bisa menggunakan metode yang tidak perlu pakai software. Jika tidak berhasil, maka barulah anda coba mengaktfikannya pakai software. Tapi, jika anda memiliki product key, maka akan lebih baik lagi agar Windows 10 anda menjadi original.

302 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda