3 Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Offline dan Online

|Diupdate 13 Oktober 2020
209
61685

Cara aktivasi Windows 10 Pro, Home, Enterprise permanen secara offline

Windows 10 merupakan sistem operasi keluaran Microsoft yang kabarnya akan menjadi versi terakhir dari sistem operasi Windows. Setelah menginstall Windows 10, maka anda diharuskan untuk mengaktifkannya. Jika anda belum melakukan aktivasi, maka akan muncul watermark bertuliskan “Activate Windows“. Dengan kata lain, aktivasi Windows 10 merupakan cara untuk menghilangkan tulisan Activate Windows, baik itu pada edisi Home, Pro, maupun Enterprise.

Artinya, ketika anda hendak mengaktifkan Windows 10 maka biasanya cara yang dilakukan memerlukan sebuah product key. Product key ini bisa ditemukan dimana saja, baik secara online maupun offline. Harga product key Windows 10 memang lumayan mahal sehingga beberapa orang memilih untuk tidak membelinya. Meskipun demikian, ada juga yang menjual lisensi original Windows 10 dengan harga murah.

Jika hendak mengaktifkan Windows 10 tetapi tidak memiliki product key Windows 10, maka anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengaktifkan Windows 10 meskipun tidak memiliki product key Windows 10 dengan cara menggunakan software aktivator. Software aktivator atau crack merupakan alat yang dapat digunakan sebagai cara untuk mengaktifkan produk Windows dan Office, termasuk Windows 10 Home, Pro, maupun Enterprise. Tapi, tentu saja lebih disarankan agar anda mengaktifkan Windows 10 menggunakan lisensi original.

Cara Aktivasi Windows 10 Permanen Secara Offline dan Online

Jika anda ingin melakukan aktivasi Windows 10 menggunakan software crack, maka perlu melakukan persiapan berikut terlebih dahulu. Tapi, jika anda ingin melakukan aktivasi menggunakan lisensi original, maka tidak diperlukan kedua persiapan di bawah ini.

Persiapan Aktivasi Windows 10 Offline Menggunakan Software Crack

Windows 10 sebenarnya masih dapat diaktivasi secara permanen meskipun anda tidak memiliki product key, tetapi anda harus menggunakan tool atau aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa tool atau software crack yang dapat anda gunakan untuk mengaktifkan Windows 10 Home, Pro, maupun Enterprise, diantaranya KMS Auto Lite dan KMS Pico. Tetapi, untuk itu anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

A. Mematikan Windows Defender atau Antivirus Lain

Sebelum mengaktifkan Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite atau KMS Pico, pastikan anda sudah mematikan Windows Defender atau antivirus lain yang terpasang pada Laptop. Ketika anda menjalankan program tool aktivator, maka program tersebut akan dianggap sebagai virus oleh Windows Defender atau Antivirus lainnya. Akibatnya program tidak akan dapat dijalankan atau terjadi error. Pada KMS Auto Lite akan muncul error CScript Error: Loading script “C:\WINDOWS\Temp\KMSAuto\bin\KMSactivator.vbs” failed (Operation did not complete successfully because the file contains a virus or potentially unwanted software).

Oleh karena itu, sebelum menggunakan tool aktivator maka anda perlu mematikan antivirus terlebih dahulu. Jika anda menggunakan Windows Defender, silahkan baca artikel cara mematikan Windows Defender. Jika menggunakan antivirus lain, maka anda bisa mematikannya pada bagian settings.

B. Mengizinkan Windows Script Host

Persiapan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberikan izin terhadap eksekusi Windows Script Host, tetapi ini hanya perlu dilakukan jika anda menggunakan Smadav. Ketika menggunakan Smadav, maka status Windows Script Host akan diubah menjadi disable. Sementara itu, program aktivator seperti KMS Auto Lite atau KMS Pico memerlukan izin untuk menjalankan Windows Script Host. Oleh karena itu, anda perlu memberikan izin (allow) fitur tersebut pada Smadav.

Untuk meng-allow Windows Script Host pada Smadav, silahkan baca artikel cara mengatasi Windows Script Host is Disabled on This Machine.

Setelah menyelesaikan tahap persiapan, maka anda sudah bisa melakukan aktivasi Windows 10 Home, Pro, maupun Enterprise secara permanen dan offline menggunakan software crack. Tetapi, perlu diketahui bahwa Windows 10 anda akan menjadi bajakan jika diaktivasi menggunakan software crack, jadi lebih disarankan menggunakan lisensi original. Jika anda tetap ingin melakukannya, silahkan simak dan gunakan cara pertama atau kedua berikut.

1. Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMS Auto Lite

Tool aktivator pertama yang dapat anda gunakan untuk melakukan aktivasi Windows 10 home, pro, dan enterprise permanen adalah aplikasi KMS Auto Lite. Program atau aplikasi ini merupakan software yang memiliki fungsi untuk melakukan aktivasi Windows dan Office. Untuk mengaktifkan Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara mengaktifkan Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite:

  1. Pastikan anda sudah memiliki KMS Auto Lite, jika belum silahkan download software aktivasi Windows 10 tersebut disini.
  2. Silahkan ekstrak KMS Auto Lite yang sebelumnya sudah anda download.
  3. Pada folder tersebut anda akan menemukan dua file yaitu KMSAuto X64 dan KMSAuto. Jalankan sesuai dengan arsitektur Windows yang digunakan. Jika menggunakan Windows 64 Bit, jalankan yang KMSAuto X64, dan jika 32 Bit silahkan jalankan yang KMSAuto. Pastikan anda menjalankan KMS Auto Lite dengan hak akses administrator (Run as administrator).
    Cara aktivasi Windows 10 secara offlie menggunakan KMS Auto Lite
  4. Pada jendela KMS Auto Lite, silahkan klik opsi Install GVLK.
  5. Silahkan ceklis Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 10 dari KMS Auto Lite.
    Pasang product key dari KMS Auto Lite
  6. Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar). Selanjutnya, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 10 yang anda gunakan.
    Activate Windows 10 dengan KMS Auto Lite
  7. Jika proses aktivasi sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar). Artinya, anda sudah berhasil melakukan proses activate Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite.
    Activasi Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite

Setelah anda melakukan aktivasi menggunakan langkah-langkah di atas, maka silahkan periksa apakah sudah teraktivasi atau belum. Jika sudah, maka silahkan gunakan Windows 10 yang sudah diaktifkan tersebut. Tapi, jika ternyata tidak berhasil, silahkan coba cara kedua berikut ini.

2. Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMS Pico

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk aktivasi Windows 10 home, pro, dan enterprise jika tidak memiliki product key adalah menggunakan KMS Pico. Program aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan KMS Auto Lite, hanya saja penggunaannya lebih mudah.

Cara mengaktifkan Windows 10 menggunakan KMS Pico:

  1. Pastikan anda sudah memiliki program aplikasi KMS Pico, jika belum silahkan download software aktivasi Windows 10 tersebut disini.
  2. Silahkan ekstrak file software aktivasi Windows 10 yang sudah anda download tadi. Selanjutnya, klik kanan KMSpico, kemudian klik Run as Administrator.
    Aktivasi Windows 10 menggunakan KMS Pico
  3. Tunggu hingga proses aktivasi Windows 10 selesai, jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi suara yang berkata “complete“. Artinya, anda sudah berhasil melakukan proses activate Windows 10 menggunakan KMS Pico.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, silahkan periksa apakah aktivasi sudah berhasil atau belum.

3. Cara Aktivasi Windows 10 Tanpa Software dengan Lisensi Original

Saat anda ingin melakukan aktivasi Windows 10 original tanpa menggunakan software crack, maka diperlukan product key. Jadi, pastikan anda sudah memiliki product key atau serial number Windows 10.

Jika ternyata anda belum memiliki product key atau serial number, tidah usah khawatir karena dapat diperoleh dengan harga yang sangat murah. Anda dapat mendapatkan lisensi tersebut tanpa mengeluarkan banyak uang dengan membelinya pada penjual lisensi Windows 10 murah.

Setelah memiliki product key lisensi Windows 10 tersebut, maka anda sudah dapat melakukan aktivasi secara online tanpa menggunakan software. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Cara mengaktifkan Windows 10 menggunakan Lisensi Original:

  1. Silahkan buka aplikasi Settings Windows 10, kemudian klik Windows isn’t activated. Activate Windows now.
    Cara aktivasi windows 10 original
  2. Pada jendela selanjutnya, silahkan klik Activation pada panel sebelah kiri.
  3. Selanjutnya, pada panel sebelah kanan silahkan klik Change product key untuk memasukkan lisensi Windows 10 anda.
    Mengubah product key Windows 10
  4. Pada jendela Enter a product key silahkan masukkan serial number lisensi Windows 10 yang sudah anda beli.
  5. Setelah memasukkan lisensi Windows 10 dengan benar, silahkan klik Next.
    Masukkan product key Windows 10
  6. Pada jendela Activate Windows yang muncul silahkan klik Activate untuk mengaktifkan Windows 10 menggunakan lisensi tersebut.
    Mengaktifkan Windows 10 menggunakan lisensi original
  7. Setelah itu, jika aktivasi berhasil maka akan muncul keterangan Windows has been activated. Silahkan klik Close untuk menutup jendela tersebut.
    Windows sudah teraktivasi asli

Dengan melakukan aktivasi diatas menggunakan lisensi asli, maka Windows 10 anda sudah teraktivasi original. Karena anda menggunakan lisensi original, artinya Windows 10 yang digunakan juga asli dan bukan bajakan.

Setelah mengikuti salah satu cara aktivasi Windows 10 permanen diatas, maka silahkan cek status aktivasi Windows yang terpasang pada Laptop anda. Seharusnya, Windows 10 anda sudah teraktivasi secara permanen, tetapi jika ternyata belum silahkan ulangi proses aktivasi hingga berhasil.
Keterangan Windows sudah aktif
Itulah cara aktivasi Windows 10 home, pro, dan enterprise secara permanen yang dapat anda lakukan dengan software crack atau menggunakan product key original. Tetapi, sebenarnya cara diatas tidak hanya terbatas untuk mengaktifkan Windows 10, anda juga dapat menggunakannya untuk aktivasi Windows 8. Jadi, silahkan anda gunakan sesuai kebutuhan dan keperluan.

Windows 10 Murah Original

209 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda