2 Cara Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11 ke Model Lama

0
280

cara mengembalikan menu klik kanan Windows 11 ke model lama

Microsoft memang memberikan banyak sekali perubahan pada tampilannya, termasuk pada bagian context menu atau menu klik kanan. Model context menu yang baru tersebut tentu saja tidak semua orang suka. Oleh karena itu, anda bisa mengembalikan context menu atau menu klik kanan di Windows 11 ke model lama (model klasik).

Perubahan yang diberikan pada context menu Windows 11 tidak hanya dari segi desain UI, melainkan fungsi-fungsi atau tombol di dalamnya juga berubah. Hal tersebut bisa saja membuat pengguna menjadi kurang nyaman karena tidak lagi menemukan tombol yang biasa digunakan saat klik kanan di Windows.

Memang beberapa tombol yang tidak muncul di context menu atau menu klik kanan Windows 11 tidak sepenuhnya dihilangkan. Namun, anda harus melakukan langkah tambahan hanya untuk mengakses tombol tersebut. Misalnya saja, anda harus melakukan langkah lebih untuk menampilkan tombol refresh di File Explorer Windows 11. Begitu juga dengan tombol lainnya yang tidak ada di menu klik kanan yang baru, butuh langka lebih untuk mengaksesnya.

Kenapa Perlu Mengembalikan Context Menu Windows 11 ke Model Lama?

Ada beberapa perbedaan pada context menu yang ada di Windows 11 dengan model lama yang terdapat pada Windows 10 atau versi Windows sebelumnya. Dan, sepertinya model lama tersebut lebih nyaman saat digunakan karena memiliki tombol yang lebih banyak.

Misalnya, tombol refresh yang pada menu klik kanan File Explorer di Windows 11 sudah tidak ada lagi. Anda harus klik Show more options hanya agar bisa melihat tombol yang bisa digunakan untuk reload halaman tersebut.

Selain itu, jika anda sudah menginstall software utilitas seperti WinRAR, kemudian klik kanan pada sebuah folder, maka tidak akan terlihat tombol seperti add to archive, compress, dan lainnya. Begitu juga jika anda klik kanan pada sebuah file berformat .rar, .zip, dan file arsip lainnya, tidak ada tombol extract pada model context menu yang baru.

Sekali lagi anda harus melakukan langkah tambahan yaitu mengklik Show more options hanya untuk mengakses fitur-fitur tersebut. Tentu saja ini akan menjadi merepotkan bagi sebagian pengguna yang selalu ingin bekerja dengan cepat.

Baca Juga :
3 Cara Mengubah File dan Folder ke RAR / ZIP di Windows

Sementara untuk fitur-fitur yang sering digunakan seperti Cut, Copy, Paste, Rename, dan Delete memang tidak dihilangkan. Hanya saja diubah menjadi berupa icon yang tidak memiliki tulisan keterangan disampingnya dan ditempatkan di bagian atas context menu. Jadi, mungkin anda pernah ingin meng-copy sebuah file kemudian kaget karena tidak ada tombol Copy, padahal ada cuma dalam bentuk icon.

perbedaan context menu Windows 11 dan model klasik

Beberapa pengguna mungkin akan lebih nyaman menggunakan menu klik kanan yang model lama atau klasik karena tidak perlu memperhatikan yang mana icon Cut, Copy, Paste, Rename, dan Delete sehingga bisa melakukan pekerjaan dengan lebih cepat.

Jika anda kurang senang dengan tampilan model baru dari context menu atau menu klik kanan di Windows 11, maka tidak usah khawatir karena anda dapat mengembalikan ke model lama lagi. Jadi, meskipun menggunakan Windows 11, anda tetap bisa menggunakan model context menu seperti yang ada pada Windows 10 dan versi Windows sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengembalikan Menu Klik Kanan Windows 11 ke Model Lama?

Untuk mengembalikan context menu di Windows 11 ke mode lama atau model klasik agar sama seperti yang ada pada Windows 10 dan versi Windows sebelumnya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dan semua cara berikut tidak perlu menginstall software tambahan. Jadi, silahkan anda pilih mau menggunakan cara yang mana berikut ini.

1. Ubah Context Menu Windows 11 ke Model Lama Melalui Regedit

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengubah menu klik kanan di Windows 11 ke model lama adalah melalui regedit. Untuk melakukan cara ini, silahkan anda mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama anda harus membuka progam Regedit, bisa melalui jendela Run.
  2. Jadi, silahkan tekan Windows + R untuk membuka jendela Run terlebih dahulu.
  3. Kemudian, pada jendela Run silahkan ketik regedit lalu klik Ok.
    buka regedit untuk mengubah model context menu Windows 11
  4. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
  5. Setelah terbuka jendela Registry Editor, silahkan navigasikan ke
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes\CLSID
  6. Kemudian, klik kanan pada CLSID, lalu pilih New dan klik Key.
    buat key baru di regedit agar bisa ubah tampilan context menu
  7. Silahkan ganti nama key baru tersebut menjadi {86ca1aa0-34aa-4e8b-a509-50c905bae2a2}.
  8. Kemudian, klik kanan pada {86ca1aa0-34aa-4e8b-a509-50c905bae2a2}, dan klik New lalu klik Key.
    buat key baru buat disable menu klik kanan baru di windows 11
  9. Silahkan ganti nama key baru tersebut menjadi InprocServer32.
  10. Setelah itu akan terlihat file string bernama (Default) di dalam key InprocServer32 yang pada kolom Data berisi (value not set).
  11. Silahkan double klik pada string bernama (Default) tersebut.
  12. Kemudian, pada jendela Edit String, pastikan bagian Value data kosong dan jangan diisi apapun, lalu langsung klik Ok.
    ubah value data akan context menu kembali ke model lama
  13. Sekarang akan terlihat bahwa kolom Data yang tadinya berisi (value not set) kini sudah kosong.
    cara mengembalikan menu klik kanan di Windows 11 ke model klasik melalui regedit
  14. Silahkan tutup jendela Registry Editor tersebut karena pengaturan sudah selesai.
  15. Terakhir, silahkan restart Laptop anda untuk melihat perubahan yang terjadi.
Baca Juga :
Cara Mengganti Quick Access Menjadi This PC di File Explorer

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka context menu atau menu klik kanan di Laptop Windows 11 akan kembali ke model lama.

2. Ubah Context Menu Windows 11 ke Model Lama Melalui CMD

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan menu klik kanan ke model lama adalah melalui Command Prompt atau CMD. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan anda membuka CMD di Windows 11 dan jalankan sebagai admin (Run as administrator).
  2. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan anda klik Yes.
  3. Kemudian, pada jendela CMD silahkan masukkan kode berikut lalu tekan Enter di keyboard
    reg add "HKCU\Software\Classes\CLSID\{86ca1aa0-34aa-4e8b-a509-50c905bae2a2}\InprocServer32" /f /ve
  4. Jika berhasil, maka akan muncul keterangan The operation completed successfully.
    cara mengembalikan menu klik kanan di Windows 11 ke model klasik dengan CMD
  5. Setelah itu anda sudah bisa menutup jendela CMD tersebut karena pengaturan sudah selesai.
  6. Terakhir, silahkan restart Laptop anda untuk melihat perubahan yang terjadi.

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka tampilan context menu atau menu klik kanan di Windows 11 akan sama lagi dengan yang ada di Windows 10. Dengan demikian, sekarang anda sudah bisa kembali mengakses tombol-tombol yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Merubah Kembali Context Menu ke Model Bawaan Windows 11

Jika anda ingin menggunakan tampilan menu klik kanan bawaan Windows 11 dan tidak ingin lagi menggunakan yang modal lama, maka silahkan diubah kembali. Untuk mengembalikan tampilan context menu ke model bawaan Windows 11, bisa dilakukan melalui Regedit dan bisa juga lewat CMD.

1. Kembalikan Menu Klik Kanan Bawaan Windows 11 via Regedit

Jika anda ingin melakukannya melalui regedit, maka silahkan buka kembali program Regedit di Laptop Windows 11 anda. Kemudian, agar tampilan menu klik kanan kembali ke model bawaan Windows 11, anda cukup menghapus key yang sebelumnya sudah dibuat.

Baca Juga :
4 Cara Membuka File ISO dan IMG di Laptop Windows 7,8,10

Jadi, silahkan klik kanan pada key {86ca1aa0-34aa-4e8b-a509-50c905bae2a2}, kemudian klik Delete. Lalu, pada pop up konfirmasi penghapusan yang muncul, silahkan anda klik Yes.

mengembalikan context menu bawaan Windows 11 melalui regedit

Setelah itu, silahkan restart Laptop anda untuk melihat perubahan yang terjadi. Setelah restart, maka tampilan menu klik kanan akan berubah kembali ke model bawaan Windows 11.

2. Kembalikan Menu Klik Kanan Bawaan Windows 11 Melalui CMD

Selain melalui regedit, cara yang lebih mudah untuk mengembalikan context menu bawaan Windows 11 adalah melalui CMD. Jadi, silahkan anda membuka kembali CMD di Laptop dan jalankan sebagai administrator.

Setelah itu, pada jendela Command Prompt yang terbuka, silahkan masukkan kode berikut kemudian tekan Enter di Keyboard.

reg delete "HKCU\Software\Classes\CLSID\{86ca1aa0-34aa-4e8b-a509-50c905bae2a2}" /f

Jika proses penghapusan berhasil, maka akan muncul keterangan The operation completed successfully

kembalikan context menu ke default di Windows 11 menggunakan CMD

Setelah itu, silahkan restart Laptop anda untuk melihat perubahan yang terjadi. Setelah Laptop anda hidup kembali, maka silahkan lihat bahwa context menu sudah berubah lagi ke bawaan Windows 11.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin mengembalikan context menu di Windows 11 ke model lama (model klasik). Jadi, jika anda lebih suka dengan model menu klik kanan yang ada di Windows 10 dan versi Windows sebelumnya, maka silahkan lakukan salah satu cara di atas untuk mengubahnya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda