Cara Mengunci WA dengan Sidik Jari Tanpa Install Aplikasi

0
849

Cara mengunci WhatsApp (WA) tanpa install aplikasi tambahan

Salah satu fitur penting yang harus disediakan oleh sebuah aplikasi Android adalah perihal keamanan. Apalagi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi sosial media yang digunakan untuk berkomunikasi, seperti WhatsApp (WA). Tentu saja ada beberapa percakapan yang bersifat pribadi dan tidak boleh dilihat oleh orang lain. Oleh karena itu disediakan cara untuk mengunci WhatsApp (WA) anda agar lebih aman, tanpa harus install aplikasi tambahan.

Saat ini sudah banyak model pengamanan atau kunci aplikasi yang dapat digunakan, mulai dari password, PIN, pola, sidik jari, dan pengenalan wajah. Model kunci yang paling sering digunakan oleh pengguna tentu adalah sidik jari, karena penggunaannya yang simpel. Selain itu, sebagian besar Smartphone Android sudah memiliki dukungan berupa sensor sidik jari.

Oleh karena itu salah satu aplikasi chating yang sangat populer, yaitu WhatsApp juga memberikan fitur keamanan berupa kunci sidik jari atau fingerprint. Jika anda sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru, maka anda sudah dapat mengunci aplikasi WA tersebut menggunakan fingerprint atau sidik jari. Artinya, saat seseorang ingin menggunakan aplikasi WA di Ponsel Android anda, maka harus dibuka terlebih dahulu menggunakan sidik jari. Dengan demikian, tidak akan ada lagi orang lain yang dapat membuka aplikasi WhatsApp anda tanpa izin. (Baca juga: 2 Cara Mematikan atau Menyembunyikan Notifikasi WhatsApp Web di Android)

Cara Mengunci WA dengan Sidik Jari Tanpa Install Aplikasi Tambahan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa aplikasi WhatsApp versi terbaru (versi 2.9.221 ke atas) sudah dibekali dengan fitur keamanan tambahan. Aplikasi WhatsApp kini sudah dibekali dengan fitur kunci yang hanya bisa dibuka menggunakan fingerprint atau sidik jari pemiliknya. Jadi, jika tidak suka saat orang lain membuka dan melihat isi WhatsApp anda, maka silahkan manfaatkan fitur ini.

Karena fitur kunci menggunakan sidik jari ini merupakan fitur bawaan WA, maka artinya anda dapat mengunci aplikasi WhatsApp tanpa harus install aplikasi tambahan. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengaktifkan fitur ini agar aplikasi WA langsung terkunci saat ditutup dan hanya bisa dibuka menggunakan sidik jari. Untuk melakukan cara mengunci aplikasi WA menggunakan sidik jari ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka pengaturan aplikasi WhatsApp, yaitu dengan cara ketuk Menu (ikon titik tiga) yang terdapa dipojok kanan atas aplikasi, kemudian ketuk Setelan.

Membuka pengaturan WhatsApp

Selanjutnya, pada jendela Setelan, silahkan ketuk Akun untuk membuka pengaturan akun WhatsApp anda. Kemudian, pada jendela Akun yang muncul, silahkan ketuk Privasi.

Pengaturan privasi WhatsApp

Selanjutnya, pada jendela Privasi silahkan scroll ke bawah dan cari Kunci sidik jari. Silahkan ketuk bagian Kunci sidik jari (Fingerprint lock) tersebut untuk membuka pengaturan kunci sidik jari bawaan WhatsApp. Kemudian, pada jendela Kunci sidik jari silahkan ketuk toggle yang terdapat disebelah kanan tulisan Buka kunci dengan sidik jari untuk mengaktifkannya.

Cara kunci aplikasi WhatsApp (WA) tanpa aplikasi khusus

Setelah itu akan muncul pop-up Konfirmasi sidik jari yang berfungsi untuk mendaftarkan sidik jari anda sebagai pembuka kunci nantinya. Silahkan tempelkan sidik jari anda pada sensor sidik jari di Smartphone Android yang digunakan. Jika sidik jari sudah berhasil direkam, maka akan muncul jendela selanjutnya.

Pada jendela selanjutnya anda dapat mengatur kapan aplikasi WhatsApp akan terkunci secara otomatis. Berikut opsi kunci otomatis WhatsApp yang dapat anda pilih dan gunakan.

  • Segera jika ingin aplikasi WhatsApp langsung terkunci saat ditutup.
  • Setelah 1 menit jika ingin aplikasi WhatsApp terkunci 1 menit setelah ditutup.
  • Setelah 30 menit jika ingin aplikasi WhatsApp terkunci 30 menit setelah ditutup.

Silahkan anda pilih salah satu opsi di atas sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, anda juga dapat mengatur agar isi pesan tidak ditampilkan pada notifikasi. Untuk tidak menampilkan isi pesan di notifikasi, silahkan matikan toggle Tampilkan konten di notifikasi.

Cara mengunci WA dengan sidik jari tanpa install aplikasi

Setelah anda melakukan pengaturan diatas, maka sekarang silahkan coba untuk memeriksanya. Silahkan tutup aplikasi WhatsApp anda kemudian buka kembali, maka akan muncul tampilan bahwa WhatsApp Terkunci dan harus dibuka menggunakan sidik jari pemilik.

Menggunakan fingerprint lock di WhatsApp

Itulah cara mudah yang dapat anda lakukan jika ingin mengunci aplikasi WhatsApp (WA) tanpa menginstall aplikasi tambahan. Cara ini sangat tepat jika Smartphone sering dipinjam teman, sementara anda merasa khawatir aplikasi WA akan dibuka. Artinya, jika ada orang yang ingin membuka aplikasi WA anda, maka harus minta izin agar dibukakan kuncinya.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda