Cara Mengonversi File PDF ke Word di Laptop dan HP Secara Online

0
32

Cara mengonversi file pdf ke Word

Keberadaan dokumen dalam kehidupan sehari-hari memang tidak bisa dihindari, baik dari zaman dulu hingga sekarang. Bedanya, dulu dokumen ditulis atau diketik pada kertas yang memakan banyak waktu dan sumber daya seperti kertas. Sekarang, dokumen lebih banyak berbentuk soft file yang terdiri dari berbagai format.

Salah satu format dokumen yang paling banyak digunakan saat ini adalah PDF. Keunggulan format file ini karena bisa dipindahkan dan dibuka pada berbagai perangkat berbeda tanpa membuat isinya berantakan. Selain itu, anda tidak perlu menginstall aplikasi khusus untuk membuka file PDF ini, sebuah browser saja bisa membuka PDF. Tidak file Word yang mengharuskan anda menginstall software Microsoft Word untuk membukanya.

Namun, seperti yang diketahui bahwa dokumen yang berbentuk file PDF tidak akan bisa diubah isinya. Hal ini karena format PDF bertujuan agar isinya tidak berantakan jika dibuka pada perangkat / aplikasi yang berbeda. Jika anda ingin mengubah file PDF tersebut, maka dikonversi dulu ke format lain, seperti ke file Word. Untuk melakukannya, ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mengonversi file PDF ke Word, salah satunya menggunakan tool online.

Cara Mengonversi File Berformat PDF ke Word Secara Online

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda harus mengkonversi file PDF menjadi file Word jika ingin mengedit isi dokumen tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk melakukan proses konversi ini adalah dengan menggunakan tool online.

Keuntungan dari menggunakan tool online saat hendak mengonversi file PDF menjadi Word adalah karena tidak perlu menginstall aplikasi konverter khusus. Anda hanya memerlukan sebuah browser dan koneksi internet. Artinya, anda bisa melakukan pekerjaan ini di Laptop ataupun menggunakan Smartphone.

Baca Juga :
Review EaseUS PDF Editor, Software untuk Edit PDF di Laptop

Saat ini sudah ada banyak situs yang menyediakan fitur untuk mengubah format file dari PDF menjadi Word. Salah satu situs website yang bisa melakukan pekerjaan ini adalah PDF to Words. Beberapa fitur unggulan dari situs konverter online ini adalah sebagai berikut.

  • Bisa mengonversi file PDF ke Word di Laptop dan Smartphone secara gratis.
  • Anda bisa konversi banyak file PDF sekaligus.
  • 100% gratis dan anda bisa mendownload file hasil konversi tanpa batasan.
  • Tidak ada iklan pada halaman konverter.
  • Memiliki tampilan berbahasa Indonesia sehingga semua fitur mudah dipahami.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, maka anda bisa dengan mudah dan nyaman saat mengkonversi file PDF menjadi Word. Apalagi karena tidak ada iklan pada halaman situs konverter yang akan membuat anda tidak terganggu.

Jika anda ingin menggunakan alat konverter online ini untuk mengubah file PDF menjadi Word sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka browser yang terdapat pada Laptop atau Smartphone anda. Setelah browser terbuka, maka silahkan buka situs yang bisa digunakan untuk konversi PDF ke Word.

Setelah halaman sitsu website tersebut terbuka, maka silahkan klik Pilih dokumen untuk memilih file PDF. Kemudian, pada jendela Open silahkan anda mencari file PDF yang ingin diubah menjadi dokumen Word. Setelah ketemu, silahkan klik file tersebut kemudian klik Open.

Cara mengkonversi file pdf menjadi format Word

Setelah itu, file PDF anda akan diupload kemudian dilanjutkan dengan proses konversi yang berlangsung secara otomatis. Jadi, silahkan anda tunggu saja hingga proses upload file dan konversi file selesai. Jika sudah selesai, maka silahkan klik tombol Unduh untuk mendownload file Word hasil konversi.

Baca Juga :
3 Cara Memperkecil Ukuran PDF Secara Offline dan Online

Cara mengonversi file pdf ke Word

Setelah selesai terdownload, maka anda sudah bisa membuka file Word tersebut menggunakan aplikasi Microsoft Word kemudian mengedit isinya. Dengan demikian, anda sudah berhasil mengubah file PDF menjadi format Word tanpa menginstall aplikasi khusus, melainkan hanya menggunakan tool online.

Konversi File PDF ke Format Lain atau Sebaliknya

Selain untuk mengonversi file PDF menjadi Word, situs PDF to Words ini juga bisa melakukan pekerjaan lain. Misalnya, anda bisa melakukan konversi file PDF ke format lainnya seperti PDF ke Text.

Atau, anda juga bisa melakukan hal yang sebaliknya, yaitu mengkonversi format file lain menjadi PDF. Misalnya saja anda bisa mengubah file PowerPoint ke PDF agar file presentasi bisa diberikan kepada orang lain agar bisa dibuka pada semua perangkat meskipun tidak ada aplikasi Microsoft PowerPoint.

Dengan demikian, tool online ini bisa dikatakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhkan konverter dokumen anda dalam kegiatan sehari-hari.

Penutup

Itulah cara mudah yang bisa anda lakukan jika ingin mengonversi file PDF ke Word agar isinya bisa diubah. Jadi, jika ada memiliki file PDF yang ingin diedit, maka silahkan langsung saja lakukan proses convert agar anda bisa leluasa mengubah isi dokumen tersebut. Agar tidak perlu mengisntall aplikasi converter yang khusus, maka silahkan tool online.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda