Apa Saja yang Baru pada Google Chrome 69?

956

Inilah yang baru pada Google Chrome 69

Pada awal September 2018, Google secara resmi merilis update Google Chrome versi 69. Perilisan update ini ke publik sebenarnya bertepatan dengan genapnya 10 tahun browser besutan Google ini. Jika diperhatikan, terdapat perubahan besar yang terjadi ketika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Perubahan yang paling pertama anda sadari adalah dari segi tampilan yang menggunakan tema baru. Tetapi, tidak hanya itu saja yang baru pada Google Chrome 69. Masih banyak lagi fitur baru dan menarik yang layak anda coba dari browser windows terbaik ini.

Inilah yang Baru pada Google Chrome 69

Jika anda sudah melakukan update ke Google Chrome versi terbaru yang saat ini sudah berada pada versi 69, maka anda akan terkejut dengan perubahan yang terjadi. Pada update versi 69, Google selaku pengembang telah melakukan perubahan dan perombakan secara besar-besaran pada browser yang masih menjadi primadona ini. Dari segi tampilan sudah jelas berbeda dengan sebelumnya, kini tampil dengan gaya yang lebih elegan. Tetapi tentu saja tidak hanya tampilan saja yang berubah, masih ada fitur dan komponen lain yang sangat sayang jika dilewatkan.

1. Tema Desain Material Lebih Baru

Perubahan yang paling menonjol setelah melakukan update ke Google Chrome 69 adalah dari segi perubahan tema. Salah satu yang baru pada Google Chrome 69 dan bisa dikatakan sebagai daya tarik utama adalah tema yang menggunakan desain material dengan sentuhan baru. Meskipun sebelumnya juga menggunakan tema material desain, tetapi tampilan baru yang dihadirkan ini jelas berbeda dan lebih elegan sehingga memberikan kepuasan tersendiri.

Pada tema baru ini, Google Chrome memberikan tampilan dengan sudut yang melengkung atau lebih bulat. Perubahan ini paling jelas terlihat pada bagian tab yang sebelumnya berbentuk siku menjadi sedikit melengkung. Sementara pada kolom address bar dan pencarian dibuat seperti potongan lingkaran pada masing-masing ujungnya. Tampilan seperti ini tentu saja memberikan pengalaman dan suasana baru ketika menggunakannya.

Tema desain material baru Google Chrome

Tidak hanya itu saja, warna dasar yang diberikan juga mendapat perubahan yaitu menjadi lebih putih. Jika sebelumnya Google Chrome menggunakan warna dasar keabu-abaun, maka pada versi 69 ini berubah menjadi lebih putih. Ini menjadi sangat enak ketika dipandang karena tampil lebih elegan.

2. Backgorund Gambar pada Halaman Tab Baru

Perubahan yang baru pada Google Chrome 69 selanjutnya terdapat pada sisi background (latar belakang) halaman tab baru. Jika sebelumnya setiap halaman tab baru pada Google Chrome hanya berwarna putih polos, maka pada versi baru ini anda dapat menggantinya dan menggunakan background warna lain maupun background berupa gambar.

Jika anda sudah melakukan update ke versi 69 ini, tetapi background tab baru anda masih saja putih, maka anda perlu mengatur latar belakang khusus. Untuk mengatur latar belakang khusus, silahkan klik ikon roda gigi yang terdapat di sudut kanan bawah halaman tab baru. Setelah itu, silahkan klik Background Chrome lalu pilih koleksi gambar yang hendak dijadikan latar belakang. Jika sudah selesai, maka background ketika membuka halaman tab baru akan berisi gambar dan tidak lagi putih polos.

Ganti background halaman tab baru Google Chrome

3. Shortcut Khusus pada Halaman Tab Baru

Selain anda dapat mengubah background pada halaman tab baru, pada Google Chrome versi 69 juga dapat membuat sebuah pintasan khusus (shortcut). Pada versi Google Chrome sebelumnya menampilkan halaman atau website yang paling sering dikunjungi di bawah kotak pencarian.

Pada versi yang baru ini anda dapat menambahkan pintasan di bawah kotak pencarian tersebut. Caranya adalah dengan klik Add shortcut (ikon plus) untuk menambahkan shortcut. Anda dapat menggunakannnya untuk menambahkan situs website favorit agar lebih mudah dijangkau tanpa mengetik url berkali-kali.

Buat shortcut pada Google Chrome

Anda juga dapat menghapus atau mengganti nama salah satu pintasan tersebut. Caranya cukup klik ikon menu yang terdapat pada sudut kanan atas setiap ikon pintasan. Setelah itu, lakukan tindakan sesuai opsi yang tersedia, entah itu mengganti namanya atau menghapusnya.

4. Password Generator dan Isian Otomatis

Password genarator pada Google Chrome sebenarnya sudah tersedia pada beberapa versi sebelumnya, tetapi masih tersembunyi. Kini dibuat sesuatu yang baru pada Google Chrome 69 dengan menampilkan fitur ini agar dapat digunakan secara langsung. Dengan fitur ini anda dapat membuat password secara otomatis dan acak. Password yang akan dihasilkan pun akan sangat rumit dan kuat.

Jadi, jika anda malas memikirkan password yang rumit, maka anda bisa menggunakan fitur ini. Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa mengingat password yang dihasilkan, karena passsword tersebut akan tersimpan dan terisi otomatis jika dibutuhkan. Untuk menggunakannya, silahkan klik kanan pada kolom isian password ketika melakukan registrasi di sebuah website, lalu klik Generate Password. Kemudian, jika anda menyukai password yang dihasilkan dan ingin menggunakannya silahkan klik Use suggseted password.

Menggunakan password generator Google Chrome

5. Peningkatan Kekuatan OmniBox

OmniBox merupakan sebutan untuk kotak url yang terdapat pada Google Chrome yang digunakan untuk menuliskan url website atau kata kunci pencarian. Banyak jawaban atau rekomendasi kata kunci pecarian yang bisa anda dapatkan ketika mengetikkan kata demi kata pada OmniBox ini. Jadi, ada kalanya anda tidak perlu menyelesaikan pengetikan kata kunci yang diharapkan, melainkan langsung menggunakan rekomendasi yang diberikan.

Tidak hanya itu saja, ada sesuatu yang baru pada Google Chrome 69 dimana diberikan sentuhan baru juga pada OmniBox. Jika biasanya hanya menampilkan rekomendasi kata kunci, maka kini diberikan peningkatan kekuatan pada OmniBox. Kini pada Google Chrome versi 69 anda bisa memperoleh jawaban lebih dan tentu saja lebih mengena.

Misalnya saja, ketika anda mengetikkan kata “cuaca” pada OmniBox, maka akan langsung ditampilkan cuaca pada lokasi anda. Rekomendasi kata kunci juga tentu saja tetap ditampilkan barangkali anda membutuhkannya.

Peningkatan OmniBox Google Chrome

6. Indikator “Secure” Dihilangkan

Jika anda perhatikan, ketika mengakses buah website dengan protokol https, maka akan ada indikator secure di sebelah kiri address bar. Namun, pada Google Chrome versi 69 indikator tersebut sudah dihilangkan. Untuk menandakan bahwa situs yang anda kunjungi berstatus aman (secure), maka disisakan ikon gembok berwarna abu-abu pada OmniBox tersebut.

Indikator secure Google Chrome dihilangkan

7. Kue dan Balon pada Game Dinosaurus

Jika anda sering mengalami koneksi internet yang tidak stabil dan selalu terputus, maka pasti kenal dengan game dinosaurus. Game ini merupakan game bawaan Google Chrome yang akan tampil ketika tidak ada koneksi internet. Diatas tulisan “No intenet” anda akan melihat gambar seekor dinosaurus beserta sebuah lintasan. Untuk memainkannya cukup tekan spasi untuk memulai, kemudian tekan arah atas untuk melompat dan arah bawah untuk menunduk. Kemudian anda harus melewati kaktus dan burung agar poin yang dihasilkan terus bertambah.

Sebenarnya tidak akan ada penghargaan yang anda peroleh ketika berhasil mencapai skor yang tinggi, hanya saja ini dapat menjadi hiburan ketika koneksi internet terputus. Ditambah lagi dengan hadirnya sesuatu yang baru pada Google Chrome 69. Pada versi baru ini juga diberikan sentuhan pada game dinosaurus Google Chrome. Jika sebelumnya hanya ada kaktus dan burung, maka pada Google Chrome 69 ditambahkan kue pada lintasan dan balon pada latar belakang. Tetapi, berbeda dengan kaktus dan burung yang harus dihindari, kue dapat dimakan oleh dinosaurus dan akan mendapatkan topi ulang tahun.

Fitur baru game dinosaurus Google Chrome

Itulah beberapa perubahan yang baru pada Google Chrome 69 yang baru saja dirilis pada september 2018. Satu hal yang harus anda ketahui bahwa kehadiran fitur dan perubahan yang baru ini akan menambah kepuasan dalam menelusuri dunia maya menggunakan browser Google Chrome. Oleh karena itu, jika anda belum melakukan update, maka sebaikya segera melakukan update ke Google Chrome versi 69 agar tidak ketinggalan.

ARTIKEL TERKAIT

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here