5 Browser Windows Terbaik Untuk Mengakses Website Favorit

729

5 browser windows terbaik yang dapat anda coba

Pada era dimana perkembangan dunia maya sangat pesat seperti saat ini, sebuah browser merupakan salah satu aplikasi yang wajib terinstall pada setiap laptop. Browser merupakan pintu ke ruang informasi tak terbatas yang dikenal dengan world wide web (www) atau website. Anda hanya perlu mengetikkan url di address bar, kemudian browser akan melakukan sisanya hingga menampilkan informasi yang anda butuhkan.

Sebenarnya ada banyak manfaat dari browser selain mengakses website secara online. Dengan menggunakan browser anda juga dapat mengakses informasi pada server pribadi atau memutar video yang terdapat pada penyimpanan laptop anda. Tidak hanya itu, anda juga dapat menambahkan ekstensi atau add-on yang memungkinkan menambahkan fitur dan kegunaan dari sebuah browser. Misalnya saja, anda dapat menggunakannya sebagai pengelolah kata sandi, pengelola file yang sudah didownload, melakukan download torrent, mengisi formulir secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Pada penggunaannya, tentu saja setiap orang ingin mendapatkan semua yang terbaik pada bagiannya. Termasuk dalam pemilihan browser, dimana semua orang akan mencari browser windows terbaik dan tercepat yang dapat digunakan ketika menjelajahi sebuah website. Selain dari performa dari sebuah browser, ketersediaan ekstensi yang banyak juga akan menjadi salah satu pertimbangan. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas 5 browser Windows terbaik yang dapat anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam berselancar dalam dunia maya.

5 Browser Windows Terbaik Saat Ini

Jika anda sedang mencari browser windows terbaik, maka ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan. Misalnya saja, anda bisa memperhatikan dari segi kecepatan, ketersediaan ekstensi, rutinitas update, dll. Berikut ini beberapa rekomendasi browser yang dapat anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari di dunia maya.

1. Google Chrome

Google Chrome merupakan browser yang diluncurkan oleh perusahaan raksasa teknologi Google. Sejak diluncurkan pada tahun 2009, Google Chrome sudah menjadi semakin populer setiap harinya. Alasannya tentu saja karena Google Chrome merupakan browser tercepat saat itu, bahkan hingga sekarang.

Sebagai browser windows terbaik urutan pertama, Google Chrome saat ini menjadi browser yang paling banyak digunakan. Meskipun sudah memiliki banyak pesaing, namun Google Chrome tetap mendominasi dan menguasai 60% pangsa pasar pengguna browser. Beberapa pengguna merasa sangat puas dengan kemampuan yang dimiliki Google Chrome dan juga terus melakukan update.

Google Chrome memiliki fitur standar pada browser seperti manajemen bookmark, ekstensi, tema, mode penyamaran, dll. Namun, tidak hanya itu saja, Google Chrome juga memiliki fitur yang sangat menarik yaitu manajemen profil. Dengan fitur ini, anda dapat menggunakan browser dan mendapatkan data seperti riwayat internet, tab, bookmark, kata sandi, dll dari perangkat lain. Yang perlu dilakukan hanyalah login pada Chrome menggunakan akun google.

Browser windows terbaik - Google Chrome

Baru-baru ini, Google Chrome telah merilis versi 69 dan menghadirkan banyak fitur baru seperti tema desain material yang lebih baru dengan sudut yang lebih bulat dalam elemen, bagian yang lebih putih, pengelola kata sandi yang lebih baik, dll. Oleh karena itu, pastikan anda sudah melakukan update Chrome ke versi terbaru untuk menikmati fitur-fitur menarik tersebut.

2. Mozilla Firefox

Posisi kedua pada daftar browser windows terbaik ditempati oleh Mozilla Firefox. Sebenarnya, kepopuleran Mozilla Firefox terus meningkat dan hendak menyaingi Google Chrome. Tahun lalu, browser ini mambuat perubahan yang sangat besar dengan merilis versi 57 yang dijuluki Quantum Firefox. Pada versi baru tersebut, penampilannya sangat jauh berbeda dari nenek moyangnya.

Firefox saat ini juga sudah menjadi lauh lebih cepat dibandung versi firefox terdahulu. Tidak hanya itu, desain yang digunakan juga sudah menggunakan material desain sehingga lebih enak dipandang. Tapi, bukan itu yang menjadi daya tarik utama, melainkan adanya alat screenshoot built-in yang paling disukai pengguna.

Browser windows terbaik - Mozilla Firefox

Saat menggunakan private mode, alternatif browser Chrome ini menggunakan fitur yang disebut perlindungan pelacakan untuk mencegah permintaan dari pelacakan domain. Dengan demikian, proses memuat halaman web bisa menjadi sangat cepat. Tetapi beberapa laporan media menunjukkan bahwa Firefox hanya menunda pemuatan skrip pelacakan untuk memuat konten yang berhubungan dengan pengguna terlebih dahulu.

Bagaimanapun juga, anda layak untuk mencoba perubahan Firefox dan tidak akan mengecewakan Anda. Baru-baru ini, pihak pengembang mengumumkan lebih banyak rencana untuk memastikan keamanan dan privasi pengguna. Dengan fitur-fitur seperti penonaktifan pelacakan lengkap, pemblokiran di-browser cryptomining, Mozilla menjadi pilihan yang semakin menarik.

3. Microsoft Edge

Microsoft edge merupakan browser yang dikeluarkan oleh Microsoft dan ditanamkan secara built-in pada Windows 10. Microsoft Edge sebenarnya dihadirkan untuk menggantikan browser veteran Microsoft yaitu Internet Explorer yang sudah mulai ditinggalkan. Sekarang, Microsoft Edge hadir dengan suasana baru dan menjadi salah satu browser terbaik saat ini.

Bagi sebagian orang, keluar dari zona nyaman akan terasa berat dilakukan, dan memilih untuk tetap menggunakan Chrome. Tetapi, Edge memiliki sesuatu yang ditawarkan dan layak anda coba gunakan. Beberapa fitur menarik pada Edge diantaranya anda dapat mengatur tab di samping untuk memberi ruang bagi tab browser baru, satu hub menyediakan akses ke bookmark, riwayat internet, unduhan, dll.

Ada juga ekstensi bawaan yang memungkinkan anda menambahkan catatan, menyorot sesuatu, menulis, dan menyimpan halaman web di perangkat. Selain catatan, ada juga tombol Bagikan yang dapat digunakan untuk berbagi halaman web langsung melalui email atau aplikasi sosial seperti Skype, Twitter, Facebook, menambahkan ke Cortana Reminders, dll. Edge juga dilengkapi dengan mode membaca yang cukup berguna saat membaca artikel di situs web dengan banyak iklan dan mengganggu.

Browser windows terbaik - Microsoft Edge

Fitur Tampilkan Tab Pratinjau yang terdapat pada Microsoft Edge juga merupakan sebuah keuntungan. Dengan ini, anda bisa langsung melihat isi tab tanpa membukanya terlebih dahulu. Namun, kelemahan dari browser besutan Microsoft ini adalah karena ketersediaan ekstensi yang masih sangat kurang dibanding Google Chrome dan Mozilla Firefox.

4. Opera

Bagi anda pengguna ponsel symbian atau ponsel java seperti nokia maka anda pasti pernah menggunakan browser ini. Pada saat itu, browser ini menjadi sangat populer pada kalangan pengguna ponsel. Namun berbeda nasibnya pada browser Opera di laptop yang tidak terlalu diminati.

Hal tersebut sudah berbeda, karena browser Opera sudah terus melakukan perbaikan dan pembenahan sehingga dapat dikatakan sebagai salah satu browser windows terbaik saat ini. Opera baru-baru ini menjadi berita utama ketika pihak pengembang mengumumkan penambahan fitur baru untuk menghentikan cryptohacking ketika pengguna menggunakan browser web. Saat ini, hal inilah yang sangat dibutuhkan karena banyak oportunis mencoba menemukan cara untuk menambang cryptocurrency tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Versi desktop browser web Opera mencakup beberapa fitur yang biasanya dirancang untuk smartphone, seperti mode kompresi data, dan penghemat baterai. Fitur menarik lainnya yang dapat dipamerkan Opera adalah pemblokir iklan, alat screenshoot, layanan VPN, konverter mata uang, WhatsApp, Facebook Messenger, VK, Telegram, dll.

Browser windows terbaik - Opera

Ketika menggunakan Opera, anda juga dapat mendapatkan berita harian dengan bantuan fitur yang disebut Berita Pribadi yang dapat menambahkan sumber sesuai pilihan. Jika anda merasa agak sulit untuk menemukan opsi Pengaturan dan Pengunduhan, ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan di menu konteks setelah membuat klik kanan di sidebar. Opera juga mendukung sinkronisasi lintas-perangkat untuk membuat penjelajahan tersedia di semua perangkat tempat Anda menggunakan akun Opera.

Mengenai ketersediaan ekstensi, browser ini bukanlah tanah tandus. Sekitar 1000+ esktensi sudah tersedia dan dapat anda gunakan, jumlah ini jauh lebih tinggi dari Edge tetapi sangat kurang dari Chrome dan Firefox. Namun, ada hal lain yang dapat menjadi favorit Anda. Satu rasa kepuasan berasal dari mengetahui bahwa pengguna dapat memasang ekstensi Chrome di Opera. Itu karena browser ini mulai menggunakan mesin yang sama dengan Chromium.

5. UC Browser

UC Browser dapat dikatakan sebagai browser terbaik di antara perangkat lunak browser web untuk Android. Jika Anda sadar, itu juga tersedia untuk platform lain termasuk Microsoft Windows. Baik sebagai aplikasi desktop dan aplikasi UWP untuk Windows 10. Hingga saat ini, browser satu ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu browser windows terbaik yang layak dicoba.

Tampilan dan nuansa versi PC dari browser UC sama menariknya dengan browser terkenal lainnya yang sering digunakan peselancar dunia maya. Broser ini Sangat cepat dan jika ada sadari bahwa tema dasar dari browser web cenderung ke arah Microsoft Edge.

Browser windows terbaik - Uc Browser

UC Browser juga dilengkapi dengan pengelola kata sandi dan kemampuan sinkronisasi cloud yang terintegrasi dengan perangkat lain. Pengguna dapat memanfaatkan gerakan mouse browser untuk maju, mundur, menutup tab saat ini, memulihkan tab yang baru saja ditutup, refresh, dll.

Untuk pengguna dengan kebutuhan penjelajahan web umum, UC dapat menjadi salah satu browser tercepat yang dapat anda pilih. Namun, kemungkinan kekurangannya adalah kurangnya ekstensi yang dapat digunakan oleh pengguna dan menjadikan browser ini sebagai alternatif.

Itulah beberapa browser windows terbaik yang dapat anda gunakan untuk mengakses website di laptop Windows. Anda bisa memilih menggunakan sesuai dengan urutan diatas, atau anda memiliki penilaian tersendiri. Yang pasti, anda tidak harus menggunakan semua browser tersebut, melainkan hanya satu atau dua jika butuh alternatif. Jika anda memasang semuanya pada Laptop Windows anda, maka akan sangat disayangkan karena laptop akan bekerja lebih keras untuk mengatur program yang tidak digunakan.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here