Mengenal Apa Itu Google Go? Browser Ringan dan Hemat Data Internet

1001

Google Go merupakan aplikasi hemat dan ringan

Google merupakan salah satu perusahaan yang saat ini sudah menjadi penguasa di dunia teknologi. Lebih khusus pada bidang teknologi internet, maka Google bisa dikatakan sebagai raksasa atau penguasa dunia internet. Oleh karena itu Google tidak henti-hentinya melakukan inovasi dan mengeluarkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Selain itu, inovasi tentu saja dilakukan agar pengguna yang jumlahnya sangat banyak tidak bosan atau beralih ke layanan lain.

Terkait dengan pentingnya keberadaan Google dalam dunia internet salah satunya dibuktikan dengan layanan mesin pencari Google yang merupakan mesin pencari paling populer di dunia. Ada sekitar ratusan juta pengguna gadget yang selalu mencari informasi di internet menggunakan layanan mesin pencari Google. Untuk terus memberikan layanan dan kepuasan kepada setiap penggunanya, maka Google tentu saja akan terus melakukan inovasi.

Terkait dengan inovasi yang terus dilakukan oleh perusahaan Google, baru-baru ini kembali dirilis sebuah aplikasi yang bernama Google Go. Google secara resmi memperkenalkan salah satu aplikasi keren ini pada event “Google for Indonesia” yang dilaksanakan Desember 2018 lalu. Lalu yang akan menjadi pertanyaan publik adalah apa itu aplikasi Google Go, dan apa keistimewaannya. Jika anda melihat namanya, maka mungkin akan teringat dengan aplikasi sejenis seperti YouTube Go, Files Go, Assistant Go yang sudah lebih dulu hadir.

Apa Itu Google Go?

Bagi anda yang penasaran terkait apa itu Google Go, aplikasi berlabel “Go” merupakan deretan aplikasi versi ringan dan irit data internet jika dibandingkan dengan aplikasi standarnya. Misalnya saja, YouTube Go yang merupakan aplikasi versi ringan dan hemat paket data dari aplikasi YouTube. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa aplikasi Google Go merupakan versi ringan dari aplikasi Google App. Dengan kata lain, aplikasi Google Go ini menggunakan penyimpanan yang lebih sedikit dan juga hemat paket data internet jika dibandingkan dengan aplikasi Google App.

Aplikasi Google Go merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus dengan dukungan kecerdasan buatan untuk pengguna baru internet di Smartphone. Artinya, pada aplikasi ini telah dilakukan optimisasi sedemikian rupa agar ringan dan nyaman digunakan di Smartphone.

Ada banyak keunggulan dari aplikasi Google Go jika dibandingkan dengan aplikasi standarnya, yaitu Google App. Salah satu keunggulan yang menjadi acuan utama adalah ukuran aplikasi ini yang sangat kecil, yaitu hanya 5MB. Jika dibandingkan dengan ukuran aplikasi standarnya yang mencapai 24MB, maka akan ditemukan perbedaan yang sangat jauh. Keunggulan menarik lainnya adalah bahwa aplikasi Google Go ini diklaim menghemat kuota data hingga 40 persen saat digunakan untuk melakukan browsing internet.

Tidak hanya itu saja, masih banyak fitur dan keunggulan yang harus anda jadikan pertimbangan untuk menggunakan aplikasi Google Go ini. Misalnya saja aplikasi ini mampu digunakan meskipun pada koneksi internet yang lambat. Jadi, meskipun anda berada pada daerah dengan koneksi internet yang lambat atau tidak stabil, maka anda tetap dapat mengakses internet dengan lancar. Kemampuan lain yang dimilikinya adalah untuk membacakan teks dari sebuah website, dan masih banyak lagi fitur menarik aplikasi Google Go yang lainnya.

Dari segi antarmuka atau tampilan, aplikasi Google Go memberikan beberapa pintasan aplikasi yang mungkin sangat sering anda gunakan. Hal ini tentu saja akan memudahkan anda dalam menjalankan setiap aplikasi yang hendak digunakan ketika membuka sebuah browser. Tidak hanya itu, aplikasi Google Go juga akan menampilkan daftar pencarian yang sedang trending ketika anda akan melakukan pencarian. Jadi, anda bisa mengetahui dengan mudah dan cepat apa saja yang sedang menjadi perbincangan hangat di dunia internet.

Salah satu fitur keren aplikasi Google Go adalah menampilkan berita trending

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu aplikasi Google Go, sebuah aplikasi baru keluaran Google. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang sangat disarankan untuk anda pasang di Smartphone. Jika anda tertarik untuk mengguanakannya, silahkan langsung install Go di Play Store. Tidak dapat dipungkiri bahwa adanya fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi Google Go memungkinkan untuk menggeser posisi Google Chrome sebagai browser andalan di Smartphone.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here