Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun WA Agar Aman

|Diupdate 24 Februari 2021
0
15

Cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun WA agar tidak dihack

Kasus peretasan untuk mengambil alih akun sosial media memang marak terjadi, termasuk pada WhatsApp. Untuk mengantisipasi terjadinya hack akun WA dan sosmed lainnya, maka hampir semua layanan aplikasi sudah menyertakan fitur verifikasi 2 langkah atau Two step verification. Termasuk pada aplikasi WhatsApp yang juga sudah memiliki fitur keamanan tambahan ini. Cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah pada akun WA juga sangat mudah, jadi pastikan anda mengaktifkannya.

Keamanan memang merupakan hal yang sangat penting dalam menggunakan internet. Termasuk dalam menggunakan aplikasiĀ  berkirim pesan seperti WhatsApp dimana sangat mudah untuk menghubungi seseorang yang terdapat pada kontak HP. Demi menjaga keamanan, maka anda juga harus menggunakan semua fitur keamanan yang tersedia.

Salah satu fitur keamanan yang terdapat pada aplikasi WhatsApp dan kadang tidak digunakan oleh penggunanya adalah verifikasi 2 langkah atau Two step verification. Seringkali pengguna tidak mengaktifkan fitur ini karena tidak tahu atau bahkan menganggapnya sebagai fitur yang tidak penting dan merepotkan saja. Padahal fitur ini sangat penting untuk anda aktifkan agar bisa memberikan keamanan berlapis pada akun WA anda sehingga tidak terkena hack atau peretasan.

Kenapa Mengaktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah di Akun WhatsApp?

Alasan utama yang membuat anda harus segera mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah pada akun WA adalah karena sudah banyaknya kasus hack ataupun pembajakan yang mengambil alih akun WA. Salah satu faktor yang membuat banyak kasus pengambil alihan akun WA adalah karena fitur verifikasi 2 langkah tidak aktif.

Tentu anda sudah tahu bahwa siapa saja yang mengetahui nomor WA anda bisa mencoba masuk untuk menggunakan akun WA anda. Saat pelaku berusaha login, maka akan masuk SMS yang berisi 6 digit One Time Password (OTP) atau kode verifikasi ke nomor anda. Disinilah pelaku hack bisa mengecoh anda agar memberikan 6 digit kode verifikasi tersebut, bisa menggunakan modus apapun.

Baca Juga :
3 Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui Pemiliknya

Jika anda sampai terkecoh dan memberikan kode OTP tersebut, maka pelaku sudah bisa masuk ke akun WA anda. Karena akun WA hanya bisa terpakai pada satu HP, maka secara otomatis akun WA tersebut akan logout dari HP anda. Jika demikian, maka akun WhatsApp anda sudah diambil alih dan bisa digunakan untuk apa saja, termasuk melakukan penipuan.

Berbeda halnya jika anda mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah atau yang sering juga disebut 2-step verification. Jika fitur ini sudah anda aktifkan, maka pelaku tidak akan bisa masuk meskipun sudah berhasil menipu anda dan mendapatkan 6 digit kode OTP yang masuk via SMS. Pelaku harus mengetahui PIN yang anda masukkan saat mengaktifkan verifikasi 2 langkah agar bisa masuk.

Bagaimana Cara Kerja Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp?

Jika anda mengaktifkan verifikasi 2 langkah di akun WA yang digunakan, maka saat anda ingin masuk ke akun WA tersebut, anda harus memasukkan dua jenis kode. Kode pertama adalah 6 digit kode OTP yang masuk ke nomor anda lewat SMS. Sedangkan kode kedua adalah 6 digit PIN yang anda masukkan saat mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Adanya keamanan berlapis ini akan menyulitkan orang-orang jahat untuk meretas atau hack akun WA anda.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah di WA?

Jika anda ingin mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun WhatsApp, caranya sangat mudah. Anda bisa dengan mudah mengaktifkan fitur tersebut pada pengaturan akun WhatsApp. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk aktifkan 2-step verification WA.

Langkah pertama adalah silahkan buka aplikasi WhatsApp yang tentu sudah terdapat pada Smartphone Android anda. Kemudian pada halaman utama aplikasi WhatsApp, silahkan ketuk menu (icon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi. Setelah itu, pada daftar menu yang muncul silahkan ketuk Setelan untuk membuka pengaturan WA. Selanjutnya, silahkan ketuk bagian Akun untuk membuka pengaturan akun WhatsApp anda.

Baca Juga :
Cara Menyembunyikan Status Online di WA (WhatsApp)

Pengaturan akun WhatsApp

Kemudian, pada halaman selanjutnya silahkan ketuk Verifikasi dua langkah. Untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, silahkan ketuk Aktifkan.

Mengaktifkan verifikasi dua langkah WhatsApp

Setelah itu, silahkan masukkan 6 digit PIN yang akan digunakan sebagai kode tambahan akun WA anda. Anda tidak boleh memasukkan PIN yang sama dengan kode verifikasi (OTP) yang masuk lewat SMS.

Banyak yang salah paham bahwa PIN yang dimasukkan harus sama dengan yang terdapat pada kode OTP. Padahal, justru akan sangat beresiko jika anda menyamakan PIN dengan kode OTP, karena kode OTP tersebut bisa saja dilihat dan diketahui orang lain.

Jadi, sangat penting untuk anda memasukkan PIN yang mudah anda ingat dan tidak mudah ditebak orang lain. Setelah memasukkan 6 digit PIN, silahkan masukkan kembali 6 digit PIN tersebut pada halaman konfirmasi PIN.

Masukkan PIN sebagai kode Two step verification

Selanjutnya, anda juga harus memasukkan email yang nantinya akan sangat berguna jika anda lupa PIN verifikasi 2 langkah akun WA. Jadi, silahkan anda masukkan akun email yang aktif dan masih sering digunakan. Jangan memasukkan email sembarang atau email yang sudah tidak digunakan, karena itu akan menyulitkan anda jika nanti lupa PIN WA. Setelah memasukkan email aktif, silahkan ketuk Lanjut untuk melanjutkan.

Setelah itu, silahkan masukkan kembali alamat email yang sebelumnya sudah anda masukkan pada halaman konfirmasi alamat email. Jika sudah selesai, maka silahkan ketukĀ Simpan untuk menyimpan PIN dan email anda.

Masukkan email sebagai recovery jika nanti lupa PIN verifikasi dua langkah

Sampai pada tahap ini, verifikasi 2 langkah akun WhatsApp anda sudah aktif. Silahkan ketuk Selesai untuk menyudahi pengaturan tersebut dan silahkan kembali ke halaman utama WA.

Saat anda kembali ke halaman utama WhatsApp yang berisi daftar chat, maka akan muncul pop up yang meminta anda memasukkan PIN. Silahkan masukkan PIN verifikasi 2 langkah yang sudah anda buat tadi. Pop up seperti ini juga akan muncul secara berkala, sekitar sekali seminggu. Selain agar anda tetap mengingat PIN tersebut, munculnya permintaan PIN secara berkala juga akan memastikan bahwa masih anda yang menggunakan akun WA tersebut, dan bukan orang lain.

Baca Juga :
Cara Melihat Siapa yang Sudah Membaca Chat di Grup WA

Masukkan PIN secara berkala di WA

Selain muncul secara berkala, PIN tersebut juga akan diminta saat anda baru masuk ke akun WA, entah itu karena menggunakan HP baru atau sudah reset HP. Jadi, setelah anda memasukkan 6 digit kode OTP yang masuk lewat SMS, anda juga harus memasukakn 6 digit PIN pada halaman Verifikasi Dua Langkah. Sebenarnya inilah fungsi keamanan utama dari verifikasi 2 langkah, agar orang yang tidak mengetahui PIN tersebut tidak akan bisa masuk dan menggunakan akun WA anda.

Masukkan PIN saat ingin masuk ke WA dari perangkat baru

Dengan adanya PIN verifikasi dua langkah ini, maka akun WA anda akan memiliki keamanan ganda. Jadi, jika ada orang lain yang ingin masuk ke akun WA anda, tidak akan bisa jika tidak mengetahui PIN tersebut.

Peringatan: Pastikan anda tidak memberikan PIN verifikasi 2 langkah tersebut ke orang lain, demi alasan dan modus apapun itu.

Itulah cara mudah mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah di WhatsApp / WA agar aman dari hacker dan pembajakan. Silahkan lakukan cara ini untuk memberikan keamanan berlapis pada akun WhatsApp anda. Jangan sampai anda menyesal jika akun WhatsApp sudah di-hack dan diambil alih orang lain karena tidak menggunakan verifikasi dua langkah.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda