6 Daftar Fitur Google Go yang Sangat Menarik

410

Daftar fitur keren Google Go yang tidak boleh dilewatkan

Era digital sudah sangat jauh berkembang pesat dan menjadi sumber informasi inti bagi kalangan pengguna gadget. Saat ini, setiap pencari informasi akan mengetikkan kata kunci pada aplikasi pencari di Smartphone yang dimilikinya. Aplikasi tersebut apalagi kalau bukan aplikasi pencari informasi dari Google, yaitu Google App.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi Google App yang tertanam pada Android sebenarnya cukup ribet dan tidak minimalis bagi pengguna gadget. Oleh karena itu, Google kemudian merilis versi minimalis dari Aplikasi Google App yaitu Google Go. Jika anda belum tahu apa itu Google Go, aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi versi ringan dari aplikasi Google App.

Kahadiran sebuah layanan atau aplikasi baru tentu saja mempunyai tujuan dan maksud tertentu. Sama halnya dengan kehadiran aplikasi Google Go yang akan memanjakan dan memenuhi setiap kebutuhan pengguna meskipun terinstall pada Smartphone dengan kapasitas standar. Hal ini dapat dibuktikan dengan ukuran aplikasi ini yang sangat ringan, yang artinya mampu berjalan pada Smartphone kapasitas penyimpanan dan RAM yang rendah. Tapi, tidak hanya dari segi ukuran file saja yang membuatnya unggul dari aplikasi lainnya, masih banyak fitur-fitur baru dan menarik lainnya yang terdapat pada aplikasi Google Go.

Fitur-Fitur Menarik Aplikasi Google Go

Setiap kehadiran sebuah layanan aplikasi seperti Google Go, maka yang akan menjadi perhatian utama adalah terkait fitur dan kelebihannya dari aplikasi lain yang memiliki fungsi serupa. Seperti yang dikatakan sebelumya bahwa Google Go memiliki ukuran file yang sangat kecil, yaitu hanya 5MB saja. Hal ini memungkinkan aplikasi Google Go dapat digunakan pada setiap level spesifikasi Smartphone.

Tidak hanya itu, karena ini merupakan salah satu aplikasi mesin pencari yang berfungsi untuk menyajikan informasi, maka salah satu yang sangat penting adalah terkait konektivitas. Anda jangan khawatir terkait proses tampilnya informasi yang lambat jika koneksi internet kurang stabil. Google Go dapat anda andalkan saat melakukan penelusuran di daerah yang hanya memiliki koneksi jaringan 2G atau saat koneksi jaringan tidak stabil. Jika koneksi internet terputus saat anda sedang mencari sesuatu, maka Google Go akan mengingat dan menampilkan hasil pencarian saat anda online kembali.

Dari segi antarmuka, Google Go hadir dengan tampilan yang sangat sederhana dan menyediakan setiap kebutuhan. Pada tampilan aplikasi Google Go, ada banyak fitur yang dapat anda gunakan untuk memenuhi setiap kebutuhan di internet. Anda dapat menyimak fitur-fitur Google Go pada penjelasan berikut ini.

1. Pintasan Aplikasi Populer

Fitur kerena aplikasi Google Go yang pertama adalah terkait dengan kemudahan untuk mengakses setiap website atau aplikasi populer. Pada halaman utama Google Go akan disuguhkan deretan aplikasi populer yang sangat sering digunakan oleh pegguna internet. Aplikasi-aplikasi tersebut dikelompokkan menjadi beberapa bagian berdasarkan kategori. Kategori dari daftar aplikasi tersebut berjumlah 13 yang terdiri dari Sosial Media, Hiburan, Google, Permainan, Olahraga, Berita, Belanja, Referensi, Perbankan, Pemerintahan, Perjalanan, Pendidikan, dan Pekerjaan.

Diantara aplikasi-aplikasi pintasan tersebut adalah sosial media yang terdiri dari facebook, twitter, instagram, dll. Pada kategori hiburan anda akan menemukan aplikasi YouTube, Brilio, Dreams, dll dan masih banyak kategori lainnya. Untuk menampilkan semua kategori dan aplikasi, anda hanya perlu swipe/geser ke kiri pada layar Smartphone di aplikasi Google Go. Anda akan melihat semua daftar aplikasi maupun website yang dapat anda akses hanya dengan sekali ketuk. Jadi, tidak perlu repot mengetik alamat website ataupun mencarinya di Google Search.

Google Go memberikan pintasan aplikasi populer sebagai salah satu fiturnya

2. Menampilkan Pencarian Populer

Fitur menarik kedua yang akan anda rasakan ketika menggunakan Google Go adalah adanya tampilan daftar pencarian trending atau yang sedang populer. Anda tidak perlu repot membuka tab maupun aplikasi Google Trend untuk mengetahui pencarian populer saat ini. Ketika anda mengetuk kolom pencarian di aplikasi Google Go, maka akan ditampilkan semua kata kunci yang paling banyak dicari hari itu sebagai rekomendasi beserta volume pencariannya.

Jika anda tertarik untuk menjadi bagian dari orang-orang yang mencari kata kunci tersebut, maka cukup klik pada item daftar rekomendasi tersebut. Setelah itu akan ditampilkan dan anda dapat membaca maupun menonton setiap informasi yang sedang hangat diperbincangkan. Dengan kata lain, anda tidak akan pernah ketinggalan informasi karena Google Go akan memberitahukan topik apa saja yang sedang hangat dibicarakan di negara anda.

Salah satu fitur Google Go adalah menampilkan pencarian populer

3. Live Searching

Fitur menarik ketiga yang membuat aplikasi Google Go menjadi sangat istimewa adalah adanya fitur live searching. Jika anda belum tahu apa itu live searching, fitur ini merupakan sebuah fitur yang akan menampilkan hasil pencarian dari setiap kata yang anda ketikkan. Jika pada umumnya setiap mesin pencari akan menampilkan hasil setelah anda klik tombol Cari/Search, hal ini tidak berlaku pada Google Go.

Google Go akan menampilkan hasil dari setiap kata yang anda tambahkan di kolom pencarian. Jika anda hanya mengetikkan satu kata, maka hasil pencarian dari kata tersebut akan ditampilkan. Kemudian, jika anda menambahkan kata atau huruf lain, maka hasil pencarian pun akan seketika berubah sesuai dengan kombinasi kata atau huruf yang pertama dan kedua. Fitur ini akan sangat membantu anda menemukan informasi yang dibutuhkan secara cepat. Ketika anda sudah menemukan hasil pencarian yang diinginkan, maka anda tidak perlu repot mengetik kata kunci pencarian yang lebih panjang lagi.

Google Go memiliki fitur Live Searching

4. Menampilkan Berita Trending (Discover)

Fitur menarik Google Go yang tidak boleh anda lewatkan adalah adanya sebuah laman discover yang akan menampilkan daftar berita trending saat ini. Hal ini tentu saja berbeda dengan fitur sebelumnya yang menampilkan daftar kata kunci yang sedang trending. Fitur ini akan memberikan anda saran berita mana yang harus anda baca dan ketahui pada saat ini.

Untuk mengakses laman discover, maka anda cukup swipe/geser ke kanan pada homepage aplikasi Google Go. Pada laman tersebut akan ditampilkan semua berita dari berbagai website yang banyak dibaca orang. Tentu saja anda akan mengetahui setiap perkembangan dengan membaca semua berita yang sedang trending.

Google Go akan menampilkan discover news atau berita yang sedang trending

5. Membacakan Isi Website

Fitur yang sangat keren dari aplikasi Google Go dan tidak dimiliki oleh aplikasi lain adalah kemampuannya untuk membaca isi tulisan dari sebuah website. Membaca disini diartikan seperti manusia yang sedang membaca tulisan, yaitu mengubah sebuah tulisan menjadi suara yang dapat didengarkan. Anda tidak perlu repot melakukan copy paste tulisan ke aplikasi konverter teks ke audio untuk melakukan ini.

Ketika anda membuka sebuah laman website di aplikasi Google, entah itu website berita atau lainnya, maka pada bagian bawah anda akan melihat sebuah tombol play. Jika anda klik tombol tersebut, maka Google Go akan membacakan isi dari website yang sedang anda buka. Anda juga dapat membuatnya membaca kata-kata selanjutnya atau sebelumnya dengan cara klik tombol Forward atau Rewind. Tidak hanya itu, jika anda merasa kecepatan membacanya sangat lambat atau terlalu cepat, maka anda juga bisa mengatur kecepatan tersebut dengan cara klik Speed.

Aplikasi Google Go juga akan memberikan tanda pada setiap kata yang diucapkan, jadi anda bisa tahu jika terjadi kesalahan dalam membaca. Keberadan fitur ini tentu saja akan sangat membantu bagi berbagai kalangan pengguna Smartphone. Misalnya saja ada pengguna yang ternyata tidak lancar membaca, maka cukup gunakan fitur ini dan cukup dengarkan setiap isi website yang dibuka. Atau, anda juga bisa membaca berita sambil mengerjakan hal lain dengan menggunakan fitur ini.

Google Go mampu membacakan isi website

6. Menerjemahkan Wikipedia Inggris ke Indonesia

Fitur keren Google Go yang terakhir adalah sebuah fitur yang akan sangat bermanfaat bagi anda yang sering mencari referensi dari Wikipedia. Seperti yang sudah dikethaui bahwa Wikipedia merupakan salah satu sumber referensi yang terpercaya. Agar setiap informasi dalam Wikipedia dapat digunakan di berbagai negara, maka akan disediakan berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Namun, tidak semua informasi yang terdapat pada Wikipedia memiliki versi Bahasa Indonesia. Jika anda mencari referensi yang hanya tersedia dalam Bahasa Inggris, maka Google Go dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk menerjemahkan laman tersebut ke Bahasa Indonesia secara otomatis. Hal ini merupakan buah dari kerjasama Google dan Wikipedia untuk menyediakan lebih banyak konten berbahasan Indonesia.

Itulah beberapa fitur-fitur keren aplikasi Google Go yang akan sangat sayang jika anda lewatkan. Jika anda tertarik dan ingin menikmati fitur-fitur diatas, maka silahkan install Google Go di Play Store. Fitur-fitur tersebut akan sangat memudahkan anda dalam mencari dan memperoleh informasi. Tidak hanya itu, Google Go mengklaim hemat data internet yang berarti anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan tetap hemat paket internet.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here