Cara Backup Aplikasi Android Menjadi APK ke Memori Card

0
15

cara backup aplikasi android menjadi file apk ke memori card

Melakukan proses backup memang tidak selalu dilakukan, mengingat anda bisa langsung menginstall aplikasi Android dari Google Play Store. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan anda untuk melakukan backup aplikasi Android menjadi APK, misalnya saat hendak melakukan factory data reset.

Melakukan factory reset atau reset data HP ke pengaturan pabrik akan menghapus semua data dan aplikasi di Smartphone Android anda. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses reset tersebut, sebaiknya anda membackup semua aplikasi Android yang sudah diinstall.

Dengan membackup aplikasi Android yang terinstall pada Ponsel anda, maka nantinya anda bisa dengan mudah mengembalikan semua aplikasi tersebut. Meskipun sebenarnya anda bisa mendownload ulang semua aplikasi tersebut, namun itu akan memakan lebih banyak waktu. Terlebih lagi jika anda menggunakan paket data untuk internetan dan bukan pakai WiFi. Jika anda download ulang semua aplikasi tersebut, maka kuota internet anda akan sangat cepat habis.

Cara Backup Semua Aplikasi Android Menjadi File APK

Sebenarnya proses backup aplikasi Android tidak hanya untuk dilakukan saat hendak melakukan reset data HP. Anda juga bisa melakukannya jika ingin mengirim aplikasi tersebut ke HP anda yang lain ataupun HP Android milik teman.

Untuk melakukan proses backup tersebut, ada beragam aplikasi gratis yang bisa anda gunakan. Semua aplikasi Android tersebut bisa digunakan secara gratis untuk mencadangkan aplikasi Android anda menjadi file APK. Untuk membackup aplikasi di Smartphone Android, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama-tama, silahkan anda menginstall aplikasi pembackup pada Smartphone Android yang digunakan, misalnya App Backup Restore. Kalau sudah, silahkan buka aplikasi tersebut dan klik Izinkan saat meminta untuk mengakses penyimpanan.

aplikasi backupper aplikasi android

Selanjutnya, pada halaman utama aplikasi tersebut akan terlihat daftar aplikasi yang terinstall di Smartphone Android anda. Silahkan centang semua aplikasi yang ingin anda backup, kemudian klik Cadangkan. Setelah itu, proses backup akan berlangsung, jadi silahkan tunggu saja hingga selesai.

Baca Juga :
5 Cara Bayar Listrik Online Lewat Aplikasi di HP Android

mencadangkan aplikasi android menjadi file apk

Kalau proses backup aplikasi Android sudah selesai, maka akan muncul keterangan berhasil dan juga menampilkan jumlah aplikasi yang sudah di backup. Dengan demikian, anda sudah berhasil membackup aplikasi Android anda.

Dimana Melihat File APK Hasil Backup?

Setelah anda melakukan proses backup, maka anda bisa menemukan semua file APK tersebut di File Manager. Silahkan anda membuka aplikasi File Manager di Smartphone Android yang anda gunakan.

Setelah File Manager Android terbuka, silahkan anda membuka folder App Backup Restore. Kemudian, buka folder Archived dan akan terlihat semua file APK yang merupakan hasil backup aplikasi Android anda.

hasil backup apk android

Sekarang, jika anda ingin memindahkan semua file APK tersebut ke memory card, maka silahkan pindahkan. Tentu ini wajib dilakukan jika anda ingin melakukan factory data reset karena semua data pada penyimpanan internal Android akan terhapus. Jadi, agar file-file backup tersebut tidak ikut terhapus, harus dipindahkan ke kartu memori atau transfer ke Laptop / Komputer PC sebelum melakukan reset.

Bagaimana Cara Menginstall Kembali File APK Hasil Backup?

Untuk mengembalikan semua aplikasi yang sudah anda backup, maka anda cukup menginstallnya kembali. Anda bisa menginstall semua aplikasi tersebut dengan menjalankan file APK hasil backup tersebut satu per satu.

Atau, anda juga bisa menginstall kembali aplikasi App Backup Restore di HP Android yang digunakan. Kemudian, buka aplikasi tersebut dan klik tab Diarsipkan. Setelah itu, silahkan centang kembali semua aplikasi yang ingin diinstall kembali, lalu klik Pulihkan.

mengembalikan aplikasi android yang sudah dicadangkan

Setelah itu, semua aplikasi yang sudah anda backup sebelumnya akan dikembalikan seperti semula sehingga tidak perlu mendownloadnya lagi.

Penutup

Demikian cara mudah untuk backup semua aplikasi Android menjadi file APK dan memindahkannya ke kartu memori. Anda bisa melakukan cara ini jika ingin melakukan reset data HP ataupun mengirim aplikasi tersebut ke Ponsel Android lainnya. Dengan demikian, anda bisa menghemat paket internet karena tidak perlu download ulang aplikasi dari Google Play Store.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda