Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Ini Sumber Pendapatan Facebook

850

sumber pendapatan facebook

Sumber Pendapatan Facebook – Bagi anda yang hidup pada era modern ini, maka tentu saja anda mengenal yang namanya facebook. Facebook saat ini sudah menjadi perusahaan teknologi terbesar kedua setelah Google. Tua dan muda menjadi pelanggan setia yang selalu mengupdate status dan berkomentar kapanpun dan dimanapun.

Namun, anda pasti sudah tahu bahwa facebook bisa digunakan secara gratis oleh siapapun. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini memang tidak memungut biaya sepeserpun jika ada orang yang hendak melakukan registrasi atau pembuatan akun facebook. Selain itu, facebook juga tidak menyediakan fitur premium layaknya situs-situs besar lainnya. hal inilah yang menimbulkan pertanyaan, darimana sumber pendapatan facebook, atau darimana facebook mendapatkan uang.

Sumber pendapatan facebook

Untuk terus berkembang hingga menjadi perusahaan yang sangat besar seperti saat ini, maka tentu saja facebook harus memiliki uang yang sangat banyak. Selain itu facebook juga butuh dana untuk membayar para karyawannya yang jumlahnya ribuan. Jika facebook bisa digunakan secara gratis, bagaimana cara facebook bisa menghasilkan uang?.

Banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya facebook mendapatkan uang dari media pengiklanan. Popularitas facebook sebagai media sosial terbesar di dunia tentu saja akan menarik perhatian para pemilik usaha untuk memasang iklan di facebook. Dengan terpasangnya iklan mereka di situs facebook, maka kemungkinan untuk dijangkau oleh pelanggan sangat besar. Dari pengiklanan inilah yang menjadi sumber pendapatan facebook.

sumber pendapatan facebook

Seperti pada pengiklanan pada media lain, facebook juga akan mendapatkan bayaran berdasarkan kategori atau kriteria tertentu dari iklan yang diterbitkannya. Makanya jangan heran jika pada saat anda membuka facebook, akan muncul beberapa iklan produk smartphone, laptop dan lain sebagainya dari brand-brand terkenal. Karena seperti itulah cara facebook menyebarkan iklan kepada para penggunanya.

Mengenai jenis-jenis iklan pada facebook dan sistem pembayarannya, berikut rinciannya.

  • Iklan desktop. Jenis iklan ini akan muncul kalau kita buka facebook dengan versi PC. Iklan ini bayarannya berdasarkan durasi tayang.
  • Iklan mobile. Yaitu jenis iklan yang akan muncul kalau kita mengakses facebook dengan perangkat mobile ataupun dengan aplikasi facebook. Kabarnya iklan jenis ini menyumbang 23% dari keseluruhan omset.
  • Iklan PPC. yaitu jenis iklan yang pengiklan akan membayar pihak facebook kalau ada pengguna yang mengklik iklan terasebut. Misalkan ada iklan gadget terbaru dari toko online Lazada, bila ada yang klik kemudian secara otomatis browser menuju ke web tersebut, barulah facebook mendapat bayaran. Namun kabarnya jenis iklan ini hanya menyumbang omset kecil saja.

Selain memanfaatkan popularitasnya untuk mengembangkan media pengiklanan, sebenarnya masih ada sumber pendapatan lain dari facebook. Jendela uang facebook yang lain adalah dari Aplikasi Game atau Permainan. Anda pasti sering melihat game atau permainan menarik di facebook, bahkan ada juga yang berbayar untuk mengaktifkan item tertentu dari permainan tersebut. Dari sinilah sumber pendapatan facebook yang lain, yaitu ketika pelanggan facebook membeli fitur permainan yang ditawarkan dan dikembangkan oleh para developer facebook.

Dengan pendapatan tersebut, mampu menjadikan Zuckerberg sebagai pemuda terkaya saat ini. Dengan demikian mudah-mudahan anda sudah tidak penasaran lain mengenai sumber pendapatan facebook atau dari mana perusahaan sebesar facebook mendapatkan uang.

ARTIKEL TERKAIT

8 KOMENTAR

  1. Ane juga dari kemarin mikir-mikir mengenai sumber pendapatan perusahaan gratisan seperti facebook. Ternyata dari iklan ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here