Pengertian dan Fungsi Google Web Light

882

pengertian dan fungsi google web light

Jika anda sedang browsing menggunakan Smartphone, lalu hasil atau tampilan situs yang diberikan menjadi sangat polos, mungkin anda akan menjadi heran. Tapi, jangan khawatir karena hal tersebut bukanlah masalah. Tampilan situs yang ada lihat merupakan layanan dari google yang disebut dengan Google Web Light.

Bagi anda yang baru pertama kali mendengar istilah google web light, maka tentu saja menjadi penasaran mengenai apa itu google web light. Hal lain yang tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah terkait apa fungsi google web light bagi anda ketika sedang browsing. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai apa itu google web light, fungsi ata kegunaan, dan cara menggunakannya.

Pengertian Google Web Light

Google Web Light merupakan salah satu layanan google yang disediakan untuk memudahkan pengguna untuk mengakses halaman pada sebuah situs dengan pengoptimalan yang maksimal. Dengan kata lain, google web light memungkinkan anda untuk mengakses sebuah halaman situs web dengan sangat cepat, meskipun koneksi internet yang anda miliki lambat. Dengan adanya fitur tersebut, maka layanan google ini sangat cocok digunakan di Indonesia yang masih memiliki banyak daerah terpencil dengan koneksi internet yang belum stabil.

Fungsi Google Web Light

Hal selanjutnya yang harus anda ketahui terkait layanan google ini adalah, mengenai fungsi google web light yang ditawarkan kepada pengguna. Seperti yang diutarakan sebelumnya, bahwa gogole web light memiliki kemampuan untuk menampilkan halaman website dengan pengoptimalan maksimal. Dengan demikian waktu loading dari sebuah halaman website akan menjadi lebih singkat dan halaman akan termuat lebih cepat. Dengan adanya kemampuan tersebut, maka akan sangat menguntungkan bagi anda yang memiliki koneksi internet yang tidak stabil atau lemot.

Google web light akan melakukan pekerjaan untuk menampilkan sebuah halaman website dalam bentuk versi ringannya. Versi ini akan terlihat polos karena beberapa bagian mungkin akan dihilangkan. Tetapi, bagian seperti gambar dan isi tulisan yang menjadi bagian utama dari sebuah halaman website tidak akan diganggu. Dengan demikian pengunjung akan tetap mendapatkan informasi yang diinginkan dari website tersebut.

Dengan adanya fungsi layanan google web light tersebut, maka pengguna akan sangat diuntungkan. Hal ini karena kemampuan google web light untuk meningkatkan kecepatan loading website atau blog hingga 4x lebih cepat. Selain itu, penggunaan data internet juga akan menjadi lebih hemat hingga 80%. Artinya, kuota data yang dimiliki pengguna bisa menjadi lebih awet dan bisa digunakan lebih lama.

pengertian dan fungsi google web light

Cara Menggunakan Google Web Light

Sebenarnya, layanan dan fungsi google web light tersebut akan aktif secara otomatis pada kondisi tertentu. Kondisi tersebut adalah ketika anda melakukan browsing menggunakan Smartphone dan dengan koneksi internet yang lambat. Jadi, jika anda mendapati tampilan website yang polos dan sangat sederhana, artinya anda sedang menggunakan layanan google weblight.

Namun, selain aktif secara otomatis layanan google web light juga bisa anda gunakan secara manual. Anda cukup masukkan url berikut pada address bar browser anda http://googleweblight.com/?lite_url=http://alamat_website.com. Jangan lupa mengganti “http://alamat_website.com” sesuai alamat website yang anda tuju. Setelah itu anda akan diarahkan ke helaman website yang sudah dioptimalkan.

Itulah pengertian dan fungsi google web light yang seringkali menghiasi layar Smartphone ketika sedang browsing. Jadi, ketika anda mendapati tampilan website yang sangat sederhana dan polos dari biasanya, maka anda sedang menggunakan layannan google web light. Layanan ini tentu saja akan sangat bermanfaat karena memungkinkan mengakses halaman website lebih cepat meskipun dengan koneksi internet yang lambat.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here