Canggih Cara Kunci Layar Smartphone dengan E-KTP

373


Teknologi smartphone sekarang sudah mulai semakin canggih. Salah satunya dalam bidang kunci layar atau lock screen. Dalam hal keamanan menggunakan smartphone, kini telah dikembangkan teknologi cara kunci layar smartphone dengan E-KTP (Electronic KTP).

Hadirnya teknologi ini merupakan jawaban dari cara mengatasi tindakan-tindakan hacking pada smartphone. Perlu disadari bahwa keamanan smartphone sangatlah penting. Mengingat telah banyak kejadian kriminal di dunia maya seperti hacking yang telah merugikan para korban.

Dengan menggunakan E-KTP untuk mengunci layar selain unik hal ini juga sangat aman dalam mengatasi tindak kejahatan hacking.

(Baca juga : Cara sadap whatsapp dan cara mengatasinya)

Lalu bagaimana cara kunci layar smartphone dengan E-KTP?

Secara prinsip, teknologi penguncian ini memanfaatkan chip NFC yang ada di E-KTP untuk membuka dan mngunci smartphone.

NFC atau Near Field Communication merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone bisa terhubung dengan smartphone lainnya hanya dengan mendekatkannya saja. Singkatnya, NFC ini adalah teknologi komunikasi jarak dekat.

Jika anda ingin mencoba cara kunci layar smartphone dengan E-KTP berikut adalah caranya :

Sebelum itu hal pertama yang perlu dipastikan untuk melakukan metode penguncian ini adalah anda harus mempunyai E-KTP. Atau jika anda penasaran dan tetap ingin mencobanya bisa menggunakan E-KTP milik orang terdekat.

Perlu diingat yang digunakan adalah E-KTP atau KTP elektronik bukan KTP lama yang masih konvensional. Karena chip hanya terdapat pada E-KTP.

Kedua, pastikan smartphone anda sudah dibekali teknologi NFC. Untuk memastikannya anda bisa melihat melalui dentuk fisik ponsel anda, apakah ada tanda atau keterangan tentang NFC. Seperti pada body belakang ponsel smartphone Sony atau di batterai seperti smartphone Samsung Galaxy A. Atau dengan cara masuk ke menu Setting – Wireless & Networks kemudian klik More. Dari situ anda bisa melihat ada atau tidaknya fitur NFC di smartphone.

Jika semua sudah dipastikan ada, ikutilah langkah-langkah berikut agar bisa melakukan kunci layar smartphone dengan E-KTP:

Cara Kunci Layar Smartphone dengan E-KTP

1. Masuk ke menu Setting – Wireless & Networks klik More dan cari fitur NFC lalu aktifkan fitur NFC tersebut.

2. Langkah kedua adalah mengaktifkan Smart Lock. Caranya masuk ke menu Setting – Security kemudian pilih Trusted Agents.

3. Jika Smart Lock sudah aktif, selanjutnya pada Trusted Agents anda tinggal pilih NFC. Sampai di sini smartphone anda sudah bisa digunakan untuk mengunci layar.

4. Selanjutnya, anda hanya tinggal mendekatkan E-KTP dengan ponsel anda. Paling tidak jaraknya sekitar 1 cm.

Perlu anda tahu bahwa terdapat 7 lapisan pada E-KTP dan di lapisan keempatlah chip itu berada. Jadi pastikan anda tidak terlalu terburu-buru saat melakukan pemindaian di E-KTP.

Tunggu beberapa saat jika E-KTP telah suskses terbaca, maka secara otomatis akan keluar perintah untuk menamai perangkat NFC tersebut.

Silahkan anda namai perangkat NFC tersebut dengan bebas. Misal dengan nama anda atau nomor KTP anda.

Sampai di sini selesai. Walaupun banyak cara atau metode lain untuk mengunci layar smartphone seperti pola, password, PIN bahkan sidik jari. Mengunci layar dengan E-KTP ini dipilih karena berbeda, unik, keren dan pasti sangat aman.

Itulah tadi cara kunci layar smartphone dengan E-KTP yang unik dan aman. Anda bisa mencoba dan mempraktikannya tapi pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah mempunyai E-KTP dan smartphone anda sudah mendukung fitur NFC. Umumnya, pada smartphone versi lolipop sudah mendukung fitur NFC.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here