2 Cara Mudah Mengetahui IP Address Android

237

Cara mudah mengetahui IP Address Android Smartphone

IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Address yang merupakan sebuah alamat dari sebuah perangkat komputer. Tidak hanya pada Laptop atau PC Desktop saja, Smartphone Android sebagai salah satu perangkat gadget juga tentu saja memiliki sebuah alamat IP atau IP Address. Apalagi saat ini perangkat Smartphone Android sudah sangat sering digunakan untuk mengakses internet, yang tentu saja akan memerlukan IP Address. Keberadaan IP Address memiliki fungsi agar sebuah perangkat elektronik dapat terhubung dengan perangkat lainnya.

Pada umumnya, IP Address pada setiap perangkat komputer terdiri dari 4 blok, termasuk pada Android. Setiap blok IP Address tersebut terisi angka yang nilainya antara 0-255. Salah satu contoh IP Address yang paling sering dijumpai adalah 192.168.0.1 atau 192.168.1.1.

Variasi IP Address yang terdapat pada masing-masing Smartphone Android sangat beragam. Hal ini sama sekali tidak tergantung pada vendor ataupun merk Ponsel yang anda gunakan. Keberagaman sebuah IP Address yang terdapat pada Android ditentukan oleh WiFi yang terhubung ke Android anda. Meskipun beragam atau berbeda, namun perbedaan tersebut tidaklah memberikan pengaruh terhadap kecepatan internet yang akan didapatkan.

Cara Mengetahui IP Address di HP Android

Selain mengetahui IP Address di Laptop, anda juga dapat melakukan hal yang sama pada HP Android yang digunakan. Anda juga dapat mengetahui atau melihat IP Address ponsel Android anda untuk keperluan tertentu. Namun, sayangnya masih banyak pengguna Android yang bingung harus melihat alamat IP tersebut dimana.

Namun, anda jangan khawatir karena pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang dapat anda gunakan jika hendak melihat IP Address di Android. Oleh karena itu, anda dapat mengikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut untuk memeriksa alamat IP ponsel Android yang digunakan.

1. Cara Melihat IP Address Android Tanpa Software

Cara pertama untuk melihat IP Address Smarphone Android dapat dilakukan tanpa menggunakan software khusus. Cara ini bisa dikatakan sebagai yang paling mudah dan simpel, karena hanya melakukan pengecekan melalui Pengaturan di Android. Untuk melakukan cara pertama ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka Pengaturan atau Settings yang terdapat pada Ponsel Android anda. Kemudian pada halaman utama pengaturan, silahkan ketuk Network & Internet. Pilihan menu yang terdapat pada Ponsel Android anda bisa saja berbeda, intinya buka menu pengaturan WiFi, Jaringan dan Internet.

Cara mengetahui alamat IP ponsel Android

Pada jendela selanjutnya silahkan ketuk Wi-Fi untuk membuka pengaturan WiFi android anda.

Cara cek alamat IP WiFi Android

Selanjutnya, pada jendela pengaturan WiFi, silahkan scroll kebawah lalu ketuk Wi-Fi prefences.

Cara memeriksa IP Address Android

Setelah itu, anda akan melihat daftar informasi terkait jaringan WiFi android anda. Salah satu isi informasi tersebut adalah terkait alamat IP atau IP Address yang terdapat pada Smartphone Android anda.

Cara cek IP Address Smartphone Android tanpa software

2. Melihat IP Address Android Menggunakan Aplikasi What is my IP Address

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk melihat IP Address di Android adalah dengan menggunakan software atau aplikasi khusus. Salah satu aplikasi Android yang dapat anda gunakan adalah What is my IP address. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat ringan sehingga tidak akan membebani kinerja Smartphone. Selain itu, aplikasi What is my IP address ini juga dapat anda peroleh secara gratis di Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini silahkan ikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan download atau install aplikasi What is my IP address di Play Store.

Cara mengethaui IP Address Android menggunakan aplikasi My IP Address

Setelah anda menginstall aplikasi tersebut, silahkan buka untuk melihat informasi koneksi internet anda. Pada jendela aplikasi My IP address anda akan melihat beberapa informasi. IP Address atau alamat IP Ponsel Android anda adalah yang terdapat pada bagian Local IP.

Cara melihat IP Address Ponsel Android dengan mudah

Itulah cara mudah mengetahui alamat IP atau IP Address perangkat Android anda. Anda dapat menggunakan cara ini jika memiliki keperluan tertentu yang membutuhkan alamat IP dari Android yang digunakan. Kedua cara tersebut diatas sangat mudah dilakukan, sehingga bisa dipastikan bahwa langkah-langkah tersebut dapat diterapkan oleh siapa saja.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here