3 Cara Menyimpan Status WA (WhatsApp) Teman ke Galeri

597

Cara menyimpan status WA teman ke Galeri

Saat ini hampir semua orang sudah tahu dan menggunakan aplikasi pesan WhatsApp. Aplikasi ini merupakan layanan pengirim pesan yang sangat ringan dan cepat. Tidak hanya mengirim pesan, aplikasi WhatsApp juga sudah memiliki fitur status atau sering juga disebut story WA.

Fitur status atau story ini memungkinkan anda untuk membagikan keseharian ataupun ide pikiran kepada orang lain. Jenis status yang bisa dibuat beraneka ragam, mulai dari teks, gambar, dan vidio. Dengan kata lain, anda juga tentu saja dapat dengan mudah melihat status WA yang dibuat teman kontak. Hal ini tentu saja akan membuat anda lebih update tentang kegiatan teman, dan juga bisa menjadi sarana hiburan.

Namun, tidak jarang status WA yang dibuat oleh teman kontak anda sangat menarik, terutama jika status tersebut berupa gambar maupun vidio. Biasanya status WhatsApp tersebut berisi motivasi atau kata-kata bijak maupun lelucon. Jika demikian, tentu saja akan muncul niat untuk menyimpan status WA tersebut ke galeri Android yang anda gunakan. Hal ini dengan tujuan agar anda dapat melihatnya lain kali, maupun membagikan ulang.

Menyimpan Status WA ke Galeri Android Tanpa Screenshoot

Jika ingin menyimpan status WhatsApp yang dikirim oleh teman kontak anda, maka ada beragam cara yang dapat digunakan. Kebanyakan orang akan melakukan screenshoot jika ingin mengabadikan sebuah status. Tapi, bagaimana jika status tersebut berupa vidio, tentu saja anda tidak dapat melakukan metode screenshoot. Selain itu, jika anda melakukan screenshoot, maka anda tidak akan memperoleh gambar asli.

Anda bisa menyimpan status WA tersebut tanpa aplikasi dan juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jika anda tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan, maka cukup menggunakan file explorer atau file manager bawaan Smartphone Android. Sementara, jika ternyata tidak bisa, maka anda bisa menggunakan aplikasi EZ File Explorer dan Status Saver.

1. Menyimpan Status WA ke Galeri Menggunakan File Explorer

Cara pertama yang dapat anda tempuh adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Android, yaitu File Explorer. Semua Smartphone Android tentu saja dibekali dengan aplikasi bawaan ini, meskipun terdapat fitur yang berbeda-beda. Jika anda belum tahu, sebenarnya setiap status WA berupa gambar atau vidio yang masuk ke akun WhatsApp anda akan tersimpan di memori Ponsel. Hanya saja gambar dan vidio tersebut terletak pada folder yang tersembunyi. Oleh karena itu, anda cukup mengeluarkan file gambar dan vidio tersebut dari folder tersembunyi.

Untuk melakukan cara yang pertama ini sebenarnya tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh siapapun. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka File Explorer bawaan Smartphone Android anda. Selanjutnya, buka folder WhatsApp kemudian didalamnya buka folder Media.

Pada folder Media, silahkan anda cari folder yang bernama .Statuses. Jika anda tidak menemukannya, berarti folder tersebut masih tersembunyi dan harus ditampilkan terlebih dahulu. Jika aplikasi File Explorer bawaan Android anda memiliki fitur Show hidden files, maka fitur inilah yang akan digunakan. Silahkan anda ketuk tombol Show, lalu pada opsi yang muncul silahkan anda pilih dan ketuk Show hidden files. Setelah itu, semua file dan folder tersembunyi akan muncul, termasuk folder .Statuses. Namun, jika File Explorer bawaan Android anda tidak memiliki fitur ini, maka anda bisa langsung melangkah ke cara kedua.

Membuka Status gambar dan vidio di FIle Explorer

Setelah itu, silahkan buka folder .Statuses yang terdapat di dalam folder Media. Di dalam folder ini, anda dapat melihat semua status WA teman kontak anda, baik berupa gambar maupun vidio. Untuk menyimpan status WA yang anda inginkan, maka cukup Copy file yang dikehendaki ke folder Galeri Android anda.

Menyimpan Status WA menggunakan File Explorer

Sebagai informasi tambahan bahwa cara ini juga dapat anda gunakan untuk melihat status WA teman tanpa ketahuan. Jadi, anda bisa mengintip status WA teman tanpa ketahuan bahwa anda sudah melihatnya.

2. Menyimpan Status WA ke Galeri Menggunakan EZ File Explorer

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk menyimpan status WA teman ke galeri adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu EZ File Explorer. Cara kedua ini merupakan alternatif cara pertama, jika ternyata File Explorer bawaan Android anda tidak memiliki fitur Show hidden files.

Untuk melakukan cara ketiga ini juga tidak rumit, hanya saja anda harus menginstall aplikasi terlebih dahulu. Selengkapnya anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah anda harus install EZ File Explorer terlebih dahulu melalui Google Play Store. Jika sudah selesai terinstall, maka silahkan buka aplikasi tersebut.

Cara install EZ File Explorer

Pada jendela utama File Explorer, silahkan buka folder WhatsApp. Kemudian, didalamnya silahkan buka folder Media.

Selanjutnya, jika anda sudah berada pada folder Media, silahkan cari folder yang bernama .Statuses. Jika ternyata tidak ada, maka anda perlu menampilkan folder tersembunyi tersebut terlebih dahulu. Silahkan ketuk menu (baris tiga) yang terdapat pada pojok kiri atas jendela EZ File Explorer. Setelah itu, pada pilihan yang muncul silahkan ketuk Show hidden files sehingga toggle di sebelah kanan berubah menjadi on.

Membuka Status WA teman di EZ File Explorer

Jika foldernya sudah muncul, silahkan anda buka folder .Statuses tersebut. Pada folder ini anda akan melihat semua status WA yang berupa gambar dan vidio. Untuk menyimpan status-status WA tersebut, silahkan Copy file-file yang dikehendaki ke folder Galeri atau folder manapun yang anda inginkan.

Menyimpan status WA teman

Sama seperti cara yang pertama diatas, melalui folder ini anda juga dapat melihat status WA tanpa ketahuan. Jadi, anda bisa dengan bebas melihat status WA setiap teman kontak tanpa diketahui pemiliknya.

3. Menyimpan Status WA ke Galeri Menggunakan Status Saver

Cara ketiga yang dapat anda gunakan untuk menyimpan status WA yang menarik ke Galeri Android adalah dengan menggunakan aplikasi Status Saver. Berbeda dengan cara yan pertama dan kedua, karena anda tidak lagi menggunakan File Explorer, melainkan aplikasi khusus penyimpan status WA.

Aplikasi Status Saver ini merupakan aplikasi khusus yang dapat anda gunakan untuk mendownload status WA yang berupa gambar atau vidio. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan anda install Status Downloader for WhatsApp & Status Saver – Wa di Google Play Store. Sebenarnya masih banyak aplikasi serupa, hanya saja aplikasi ini tidak akan menampilkan iklan, sehingga anda tidak akan terganggu.

Aplikasi untuk menyimpan status WA ke galeri

Setelah terinstall, silahkan anda buka aplikasi Status Saver tersebut. Pada jendela pertama, silahkan anda pilih bahasa yang ingin digunakan, anda dapat memilih Indonesia maupun English. Jika sudah selesai, silahkan ketuk Next untuk membuka jendela berikutnya. Setelah itu, akan muncul popup permission yang meminta izin agar dapat mengakses file di perangkat anda. Silahkan ketuk Allow agar aplikasi ini dapat mengakses penyimpanan untuk menyimpan status berupa gambar dan vidio.

Membuka Statu WA menggunakan aplikasi

Setelah itu, akan terbuka jendela utama dari aplikasi Status Saver ini. Anda dapat melihat semua status berupa gambar pada tab Images. Sementara jika anda ingin melihat status berupa vidio, maka silahkan ketuk tab Videos. Untuk menyimpan status WA yang dikehendaki ke galeri, cukup ketuk ikon tombol Download yang terdapat disebelah kanan status terkait. Selain itu, anda juga dapat melihat semua status yang sudah anda simpan pada tab Saved.

Cara download Status WA orang lain

Untuk melihat hasil penyimpanan status WA menggunakan cara ketiga ini, maka cukup buka Galery lalu buka folder Satus Saver. Dengan demikian anda kini dapat leluasa melakukan apa saja terhadap status WA yang sudah disimpan.

Itulah 3 cara yang dapat anda lakukan jika merasa tertarik dengan status WA teman dan ingin menyimpan status WhatsApp tersebut. Namun, yang perlu anda ketahui adalah bahwa ketiga cara diatas hanya dapat digunakan untuk menyimpan status WA berupa gambar atau vidio. Jika ternyata status teman anda berupa teks, maka tentu saja jalan lainnya adalah dengan melakukan Screenshoot atau menulis ulang.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here