Cara Mengetahui IP Address Komputer Windows

12969

Mengetahui IP Address Komputer Windows – Dalam pengoperasian komputer seringkali diperlukan interaksi dengan Internet. Hal tersebut tentu saja untuk mencari informasi yang tidak tersedia pada drive local Komputer anda. Dalam proses interaksi ke Internet tersebut, maka tentu saja diperlukan sebuah identitas sebagai tanda pengenal Komputer yang anda gunakan dalam dunia maya. Identitas tersebut adalah IP Address.

IP Address adalah sebuah deretan angka unik yang merupakan identitas dari Komputer yang digunakan untuk berselancar di Internet. IP Address tersebut tentu saja harus unik dan tidak boleh terdapat kesamaan dengan komputer manapun di seluruh dunia.

Hal yang tidak kalah penting juga untuk diketahui adalah, bahwa IP Address ini bisa saja tidak cuma ada satu dalam satu unit komputer. Hal ini tergantung berapa adapater jaringan yang dimilikinya. Misalnya komputer tersebut memiliki adapter WiFi dan juga tersedia adapter Ethernet (LAN) maka tentu saja terdapat dua IP Address pada komputer tersebut.

Dalam prakteknya, IP Address ini biasa digunakan untuk banyak hal, misalnya saja untuk transfer file antar komputer secara nirkabel maupun menggunakan kabel LAN, atau untuk keperluan sharing printer, dan lain sebagainya. Yang perlu diketahui adalah bahwa anda harus menggunakan IP Address sesuai dengan Adapter jaringan mana yang terkoneksi. Misalkan yang terkoneksi adalah Adapter WiFi dan bukannya LAN, maka silahkan gunakan IP Address dari adapter WiFi dan jangan menggunakan dari LAN.

Untuk keperluan tersebut, maka tentu saja penting untuk mengetahui IP Address dari komputer anda. Sebenarnya caranya tidaklah sulit, Anda bisa melihat IP Address yang digunakan komputer melalui Command Prompt maupun Control Panel.

Mengetahui IP Address Komputer melalui Command Prompt (CMD)

Anda dapat mengetahui IP Address yang digunakan Komputer dengan melihatnya melalui CMD. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Buka Command Prompt, caranya dengan mengetikkan Command Prompt pada start menu. Kemudian pada Jendela CMD silhakan ketikkan perintah berikut lalu tekan Enter.

ipconfig

Langkah 2

Maka akan ditampilkan Windows IP Configuration. Disini anda bisa melihat IP Address yang digunakan. Silahkan cari IPv4 Address pada bagian adapter jaringan yang digunakan. Misalnya Komputer anda terkoneksi ke Internet menggunakan Adapter WiFi, maka pada bagian Wireless adapter anda akan meliha IPv4 Address. Angka unik yang ada di bagian kanannya tersebut adalah IP Address yang digunakan saat itu.

Itulah cara mengetahui IP Address komputer melalui CMD, jika anda tidak ingin repot-repot mengetikkan perintah pada CMD maka anda juga bisa menggunakan Control Panel.

Mengetahui IP Address Komputer melalui Control Panel

Jika anda melihat IP Address melalui Control Panel, maka tentu saja anda tidak perlu mengetikkan script seperti pada CMD. Untuk melihat IP Address melalui CMD silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka Control Panel, kemudian pergi ke

Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center

Bisa juga dengan cara klik kana pada ikon Network pada taskbar, kemudian pilih Open network and sharing center.

Langkah 2

Pada jendela yang muncul, anda akan melihat activity network dari komputer yang digunakan. Disini, seluruh adapter jaringan yang terkoneksi ke Internet akan tampil. Untuk mengetahui IP Address nya, silahkan klik pada adapter jaringannya, misalnya anda hendak mengathui IP Address dari adapter WiFi yang terkoneksi maka klik pada bagian Wireless.

Langkah 3

Pada jendela status yang muncul, silahkan klik Details….

Langkah 4

Pada jendela connection details, anda akan menemukan IPv4 Address. Angka unik tersebut adalah IP Address yang digunakan Komputer anda melalui adapter WiFi.

Itulah cara mengetaui IP Addres Komputer, baik menggunakan CMD maupun menggunakan Control Panel. Melalui cara ini, maka tentu saja anda dapat melakukan apa saja yang memerlukan IP Address.

ARTIKEL TERKAIT

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here