Cara Mengganti Nada Dering Notifikasi Bawaan HP Android

0
61

Cara mengganti nada dering notifikasi bawaan HP Android

Nada dering notifikasi merupakan salah satu fitur yang terpenting pada sebuah Smartphone. Fungsi fitur ini sangat penting untuk memberikan tanda jika ada pesan atau chat yang masuk ataupun panggilan telfon. Karena akan selalu terdengar, maka sebaiknya anda mengganti nada dering notifikasi bawaan HP Android yang digunakan jika memang kurang disukai.

Suara notifikasi pada HP Android akan selalu terdengar jika ada chat yang masuk, notifikasi aplikasi, ataupun panggilan telfon atau WA. Artinya, suara notifikasi tersebut akan selalu terdengar sepanjang hari, terlebih lagi jika anda merupakan orang yang aktif berkomunikasi via Smartphone.

Setiap jenis Smartphone Android memang sudah memiliki nada dering bawaan untuk masing-masing notifikasi, entah itu untuk pemberitahuan ataupun panggilan. Tapi, tidak semua orang suka dan merasa nyaman dengan suara notifikasi bawaan dari HP Android. Jadi, jika anda merasa kurang suka dengan nada dering notifikasi bawaan HP, maka silahkan mengubahnya. Anda bisa mengganti nada dering menjadi nada yang lain ataupun lagu sendiri yang ada di galeri HP.

Cara Mengganti Nada Dering Notifikasi Bawaan di Android

Mengganti nada dering bawaan HP bertujuan agar anda merasa lebih nyaman setiap menerima notifikasi. Artinya, setiap aplikasi yang masih menggunakan notifikasi bawaan, nada deringnya juga akan ikut berubah. Misalnya saja saat ada chat WA yang masuk, maka nada dering WhatsApp anda juga akan berubah.

Untuk mengganti notifikasi ini sebenarnya sangat mudah karena bisa dilakukan pada pengaturan. Namun, pengaturan pada setiap brand dan tipe HP Android bisa saja berbeda. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana mengubah suara notifikasi di HP Samsung Android 10 yang menggunakan OneUI versi 3.1. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti nada dering notifikasi HP Samsung.

Baca Juga :
Cara Mengganti Nada Dering WA / WhatsApp dengan Lagu Sendiri

Langkah pertama adalah silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Samsung anda. Kemudian, pada halaman pengaturan silahkan klik Suara dan getar untuk mengatur notifikasi suara dan efek getar.

mengubah pengaturan suara di Android

Selanjutnya, silahkan anda klik bagian Suara notifikasi untuk mengubah nada dering jika ada chat masuk ataupun jenis notifikasi lainnya. Sementara jika anda ingin mengubah suara pemberitahuan panggilan masuk, maka silahkan klik Nada dering. Setelah itu, silahkan memilih salah satu nada dering yang ingin digunakan sebagai suara notifikasi default.

Jika ternyata tidak ada nada dering menarik dari daftar yang tersedia, maka anda juga bisa memilih lagu sendiri dari galeri untuk dijadikan nada dering. Jadi, anda bisa menjadikan sebuah lagu atau rekaman suara sebagai nada dering notifikasi agar lebih menarik.

Untuk membuat nada dering dari lagu sendiri, maka anda cukup klik icon Plus (+) yang terdapat di pojok kanan atas pada daftar nada dering. Setelah itu, anda sudah bisa langsung memilih lagu atau musik apa yang ingin dijadikan sebagai suara pemberitahuan. Jika sudah memilih lagu, maka silahkan klik Selesai untuk menyimpan perubahan.

Dengan demikian sekarang anda sudah memilih lagu atau musik apapun untuk dijadikan nada dering. Artinya, setiap ada notifikasi dari Smartphone yang digunakan, maka nada yang terdengar akan membuat nyaman karena merupakan suara pilihan anda.

Penutup

Demikian cara mudah mengganti atau mengubah nada dering notifikasi bawaan pada Smartphone Android yang digunakan. Silahkan anda melakukan cara di atas jika merasa bosan dengan nada dering HP yang itu-itu saja. Jadi, anda bisa memilih nada dering yang bervariasi agar lebih menarik.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda