Cara Mengganti Nada Dering WA / WhatsApp dengan Lagu Sendiri

0
90

Cara mengganti nada dering WA dengan lagu di Android

Chat atau melakukan panggilan menggunakan aplikasi WhatsApp tentu sudah menjadi kebiasaan saat ini. Para pengguna Smartphone selalu mengandalkan WA untuk bisa berkomunikasi dengan rekan atau keluarga. Saat anda menerima chat atau panggilan WhatsApp, maka pasti HP akan bunyi. Jika tidak suka dengan nada dering di WA, maka anda bisa mengganti dan gunakan lagu sendiri.

Seringnya menerima chat atau panggilan WhatsApp tentu akan membuat anda selalu mendengar nada dering WhatsApp. Mungkin bisa dikatakan bahwa anda akan mendengar nada dering notifikasi WA tersebut lebih dari 10 kali dalam sehari. Jika nada dering tersebut kurang enak didengar, maka bisa saja mengganggu karena sering sekali terdengar.

Agar anda tetap bisa merasa nyaman meskipun menerima notifikasi WA berkali-kali, maka silahkan pasang nada dering WhatsApp yang disukai. Anda bisa memasang nada dering berupa lagu favorit agar lebih enak didengar. Ini akan memberikan anda banyak opsi karena bisa memilih beragam lagu sehingga tidak membosankan. Hal ini sangat memungkinkan karena sebenarnya anda bisa dengan leluasa mengubah nada dering notifikasi aplikasi WhatsApp.

Cara Mengganti Nada Dering Notifikasi Aplikasi WhatsApp

Berbicara tentang nada dering, maka anda bisa mengganti nada dering default pada Smartphone Android yang digunakan. Tapi, jika anda melakukan ini maka semua aplikasi akan berubah nada deringnya.

Jika anda hanya ingin mengganti nada dering notifikasi aplikasi WhatsApp saja, maka hal ini juga sangat memungkinkan. Jadi, anda hanya merubah suara notifikasi saat ada chat atau panggilan WA yang masuk, tanpa merubah nada dering aplikasi chat atau sosial media lainnya.

Untuk melakukan cara ini maka anda hanya perlu mengubah pengaturan notifikasi di aplikasi WhatsApp. Jika ingin melakukan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda membuka aplikasi WhatsApp di Smartphone Android yang digunakan.
  2. Setelah WA terbuka, silahkan klik menu (icon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi.
  3. Pada daftar menu yang muncul, silahkan klik Setelan untuk membuka pengaturan WA.
  4. Setelah pengaturan WA terbuka, silahkan anda klik bagian Notifikasi.
    Pengaturan notifikasi WhatsApp
  5. Selanjutnya silahkan anda memilih ingin mengubah nada notifikasi yang mana, apakah untuk chat, grup, atau panggilan. Misalnya, jika anda ingin mengganti nada dering jika ada chat WA yang masuk, maka silahkan klik Nada notifikasi pada bagian Pesan atau Chat. Lakukan langkah yang sama jika ingin mengubah notifikasi untuk Grup dan Panggilan.
  6. Setelah itu akan muncul daftar nada dering yang bisa anda pilih, jadi silahkan pilih mana yang akan dijadikan sebagai suara notifikasi.
    Langkah-langkah mengubah nada dering WA
  7. Setelah memilih nada dering notifikasi WA, maka setiap kali ada pemberitahuan WA yang masuk akan terdengar suara yang anda pilih.
Baca Juga :
2 Cara Menggunakan Dua Akun WA dalam Satu HP Android

Dengan demikian anda sudah berhasil mengganti nada dering WhatsApp agar lebih menarik. Lalu, bagaimana jika ingin menjadikan lagu di HP sebagai nada dering WhatsApp?.

Mengganti Nada Dering WhatsApp Menggunakan Lagu

Jika anda ingin mengganti nada dering WA dan menggunakan lagu, maka metodenya akan berbeda pada setiap merk HP. Hal ini karena setiap HP sudah memiliki tampilan antarmuka yang berbeda.

Misalnya saja Oppo dengan ColorOS miliknya, Xiaomi dengan MIUI, Infinix, dengan XOS, Samsung dengan OneUI, dan lain sebagainya. Jadi, jika anda menggunakan HP yang berbeda, maka berbeda pula metode yang digunakan.

Pada dasarnya anda hanya perlu menambahkan lagu ke daftar nada dering WA yang tersedia. Jika sudah ditambahkan, maka anda sudah bisa memilihnya menggunakan cara di atas. Untuk menambahkan lagu ke daftar nada dering, maka silahkan pilih salah satu metode berikut sesuai jenis HP Android yang digunakan.

Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu di HP Infinix

Jika anda menggunakan HP Infinix, maka anda bisa langsung menambahkan lagu favorit sebagai nada dering pada pengaturan notifikasi WA. Kalau anda masih bingung, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda membuka kembali pengaturan notifikasi WA seperti pada langkah-langkah di atas, sampai tampil daftar nada dering yang bisa dipilih.
  2. Untuk menambahkan lagu sebagai nada dering, maka silahkan anda klik Tambahkan nada dering.
  3. Setelah itu, anda akan dibawa ke File Manager, silahkan memilih lagu yang ingin dijadikan sebagai nada dering.
  4. Setelah memilih lagu tersebut, maka tampilan HP akan kembali ke pilihan nada dering yang sudah ada pilihan lagu anda tadi. Silahkan anda memilih lagu tersebut untuk menjadikannya sebagai nada dering WA.

Dengan demikian, nada dering WhatsApp di HP Infinix anda akan berubah menjadi lagu yang sudah dipilih.

Baca Juga :
2 Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop atau PC Desktop
Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu di HP Xiaomi

Jika anda menggunakan HP Xiaomi dengan tampilan MIUI, maka metode yang digunakan untuk menjadikan lagu sebagai nada dering cukup berbeda. Hal ini berlaku jika anda menggunakan tipe Redmi, Mi, ataupun Poco.

Jika anda ingin mengganti nada dering WA menggunakan lagu di HP Xiaomi, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama adalah silahkan anda membuka kembali pengaturan notifikasi WA seperti pada langkah-langkah di atas.
  2. Saat anda klik Nada dering, maka akan muncul beberapa pilihan, silahkan anda memilih dan klik icon Tema.
  3. Setelah pengaturan tema HP terbuka, silahkan anda klik icon Profil yang ada di bagian kanan bawah.
  4. Pada halaman yang terbuka, silahkan anda klik Nada dering.
  5. Selanjutnya, pada daftar nada dering yang muncul, silahkan klik icon Plus untuk menambahkan nada dering.
  6. Pada halaman Pilih Nada, silahkan anda klik File Manager agar bisa memilih lagu yang ingin dijadikan nada dering.
  7. Setelah itu, anda cukup memilih lagu yang ingin dijadikan sebagai nada dering notifikasi WA.
  8. Jika sudah selesai memilih, maka silahkan klik tombol Oke untuk menyimpan perubahan.
  9. Setelah itu anda akan kembali ke daftar nada dering dan sudah ada lagu yang sebelumnya dipilih. Silahkan klik Terapkan untuk menjadikan lagu tersebut sebagai nada dering WhatsApp.

Jika sudah selesai, maka lagu tersebut sekarang sudah menjadi nada dering WhatsApp di HP Xiaomi anda.

Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu di HP VIVO

Jika anda menggunakan Smartphone Android Vivo yang menggunakan tampilan Funtouch OS, maka metode untuk mengganti nada dering dengan lagu akan sangat berbeda. Anda perlu menambahkan lagu yan ingin dijadikan nada dering ke folder ringtone terlebih dahulu.

Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti nada dering WhatsApp dari lagu pada HP Vivo.

  1. Silahkan anda membuka aplikasi Pengelolah File atau File Manager di HP Vivo yang digunakan.
  2. Setelah terbuka, silahkan anda klik Musik untuk melihat pilihan lagu yang ada di memori HP tersebut.
  3. Selanjutnya, silahkan sentuh dan tahan lama pada lagu yang akan dijadikan sebagai nada dering, kemudian klik Salin pada bagian bawah.
  4. Setelah itu, silahkan anda kembali ke halaman awal aplikasi pengelolah file tersebut, kemudian klik Semua file.
  5. Kemudian, masuk ke penyimpanan internal HP anda dan klik folder Ringtones.
  6. Silahkan anda klik Tempel di dalam folder Ringtones tersebut.
  7. Setelah itu, silahkan anda kembali membuka pengaturan nada dering WA hingga muncul daftar nada dering yang tersedia.
  8. Sekarang lagu yang anda salin tadi sudah tersedia pada daftar nada dering di pengaturan notifikasi WA dan silahkan pilih untuk menjadikannya sebagai suara notifikasi.
Baca Juga :
Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, dll yg Unik di WA Tanpa Aplikasi

Jika anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka nada dering WA anda sekarang akan berubah sesuai lagu yang dipilih.

Mengganti Nada Dering WhatsApp dengan Lagu di HP Samsung

Jika anda menggunakan Smartphone Samsung yang menggunakan tampilan OneUI, maka anda juga harus menambahkan lagu ke daftar nada dering terlebih dahulu. Hal ini bisa anda lakukan melalui pengaturan notifikasi bawaan HP Samsung.

Untuk menambahkan lagu agar bisa dijadikan sebagai notifikasi WA pada HP Samsung, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda membuka aplikasi Pengaturan di Ponsel Samsung yang digunakan.
  2. Setelah terbuka, silahkan anda klik bagian Suara dan getar untuk membuka pengaturan notifikasi suara.
  3. Selanjutnya, silahkan anda klik Nada dering agar bisa memilih nada suara notifikasi.
  4. Setelah itu akan terbuka daftar nada dering yang bisa anda pilih, silahkan klik icon Plus untuk menambahkan lagu anda.
  5. Kemudian, pilih lagu yang ingin dijadikan sebagai nada dering lalu klik Selesai.
  6. Setelah itu, silahkan anda buka kembali pengaturan nada dering di WhatsApp hingga muncul daftar nada dering.
  7. Pada daftar tersebut akan terlihat lagu yang sebelumnya sudah anda tambahkan, silahkan pilih lagu tersebut untuk menjadikannya nada dering WA.
    Mengganti nada dering notifikasi WA dengan lagu

Jika sudah selesai, maka nada dering WA anda akan berubah menjadi lagu favorit yang sudah dipilih.

Penutup

Demikian cara mudah mengganti atau mengubah nada dering notifikasi WhatsApp di Android. Anda bisa menggunakan cara di atas untuk mengubah nada notifikasi dari daftar suara yang sudah tersedia.

Atau, jika anda ingin menggunakan lagu favorit sebagai nada dering, maka hal ini sangat memungkinkan. Dengan demikian, nada dering WhatsApp anda bisa sangat bervariasi sehingga tidak membosankan.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda